PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, KOMITMEN ORGANISASI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) PADA PERUMDA PASAR SEWAKADARMA KOTA DENPASAR

Authors

  • Kadek Widanta Yoga Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Made Ika Prastyadewi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Nyoman Resa Adhika Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Budaya Organisasi, Komitmen Organisasi, Motivasi kerja, Organizational Citizenship Behavior (OCB)

Abstract

Organizational citizenship behavior (OCB) merupakan perilaku yang ditunjukkan oleh pegawai dalam tindakan nyata berupa menyelesaikan pekerjaan melebihi kewajiban formal yang telah ditetapkan oleh perusahaan. OCB merupakan perilaku pilihan yang tidak menjadi kewajiban kerja formal karyawan, tetapi dapat mendukung fungsi organisasi secara efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi, komitmen organisasi dan motivasi kerja terhadap OCB.

Penelitian ini dilakukan di Perumda Pasar Sewakadarma Kota Denpasar dengan populasi sebanyak 122 pegawai. Penentuan jumlah sampel dilakukan dengan rumus slovin sehingga diperoleh sampel sebanyak 94 orang pegawai dan metode penentuan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Pengumpulan data primer dilakukan dengan menggunakan kuisioner yang terdiri atas tiga puluh dua item pernyataan yang diukur dengan menggunakan sklala likert dengan lima pilihan jawaban. Pengujian hipotesis dilakukan dengan teknik analisis linier berganda yang terdiri atas uji determinasi, uji t, dan uji f.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa budaya organisasi, komitmen organisasi dan motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap OCB pada Perumda Pasar Sewakadarma Kota Denpasar. Saran yang diberikan kepada manajemen perusahaan yaitu memperhatikan item-item pernyataan pada variabel budaya organisasi, komitmen organisasi dan motivasi kerja yang memiliki nilai rendah dan masih dibawah nilai rata-rata variabel.

References

Ajzen, I. and M. Fishbein. 1975. Belief, Attitude, Intention and Behavior. Reading, Mass : Addison-wesley.

Dewi, K. D. C., dan Riana, I. G. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja, Komitmen Organisasional dan Kepuasan Kerja Terhadap Organizational Citizenship Behavior. Jurnal Distribusi, Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 7(2), 203-214.

Farisi, S., dan Juliana, E. (2021). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Organizational Citizenship Behavior Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening Pada Dinas Pemuda Dan Olahraga Provinsi Sumatera Utara (Doctoral dissertation).

Husniati, R. dan Pangestuti, D.C. (2018). Organizational Citizenship Behavior (OCB) Pada Pegawai UPN “Veteran” Jakarta. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 1(1)

Kartini, I. (2017). Pengaruh Gaya KepemimpinanterhadapOrganizational Citizenship Behaviour (OCB) di Politeknik LP3I Jakarta Kampus Jakarta Utara. Jurnal Lentera Bisnis, 6(1), 75-84.

Kreitner, Robert dan Angelo Kinicki. 2017. Perilaku Organisasi. Edisi 9. Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.

Kurniawan, P. (2020). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi Terhadap Organizational Citizenship Behavior Pada PT. Mando Indonesia. Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Humaniora , 3 (2), 186-195.

Meiske Claudia. 2018. Pengaruh Dukungan Organisasi, Kepuasan Kerja, Dan Komitmen Organisasi Terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) Pada Dosen Tetap di Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Journal of Indonesian and Business (JIEB), 33(1), 23-45.

Novira, Ilva. 2019. Pengaruh Komunikasi InterpersonalTerhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) Pada Pegawai Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Riau. JOM FISIP, Vol 6, hml: 1-15

Priansa, DJ (2017). Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran: Inovatif, Kreatif, dan Prestatif dalam Memahami Peserta Didik.

Robbins, Stephen P. and Judge, Timothy A. 2017. Organizational Behavior. Pearson.

Soerosemito, V. N., dan Cholil, M. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) Dengan Kompetensi Komunikasi Dan Motivasi Sebagai Pemediasi. Capital: Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 2(1), 54-62.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tristiani, N. K., Gama, A. W. S., dan Astiti, N. P. Y. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasi Dan Motivasi Kerja Terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) Pada Karyawan Koppas Srinadi Unit #

Widiastuti, T., Suaris. 2017. Pengaruh Komitmen Organisasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) melalui Komitmen Organisasional Karyawan Cleaning Service di ISS Surabaya. Jurnal Manajemen. Vol. 1, No. 1, Hal. 1-15.

Yuliani, Indah. 2017. Pengaruh Komitmen Organisasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Organizational Citizenship Behavior. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT Vol. 2, No. 3. Oktober 2017: 401-408.

Yusuf, R. M., dan Syarif, D. (2018). Komitmen organisasi. Nas Media Pustaka.

Downloads

Published

2023-12-26

Issue

Section

Articles