PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, MOTIVASI KERJA DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PERUMDA AIR MINUM TIRTA SEWAKADARMA KOTA DENPASAR

Authors

  • Ni Kadek Ayu Swandewi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Wayan Suarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Bagus Nyoman Kusuma Putra Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

gaya kepemimpinan, motivasi kerja, kepuasan kerja, kinerja karyawan

Abstract

Kinerja merupakan hasil kerja yang dihasilkan oleh karyawan atau perilaku nyata yang ditampilkan sesuai dengan peranannya dalam organisasi. Kinerja kayawan merupakan suatu hal yang sangat penting dalam suatu organisasi untuk meningkatkannya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan, komitmen kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan pada Perumda Air Minum Tirta Sewakadarma Kota Denpasar.Populasi dalam penelitian ini adalah semua karyawan Perumda Air Minum Tirta Sewakadarma Kota Denpasar sebanyak 238 karyawan. Penentuan sampel dengan teknik probability sampling yaitu proportionate stratified random sampling dengan menggunakan rumus Slovin dengan jumlah sampel sebanyak 70 orang. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil pengujian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Perumda Air Minum Sewakadarma Kota Denpasar. Motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Perumda Air Minum Sewakadarma Kota Denpasar. Kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Perumda Air Minum Sewakadarma Kota Denpasar

References

Agustin, Farida. 2021. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja KaryawanPada PT. Gama Panca Makmur Di Tangerang.Jurnal Ilmiah Manajemen. STIE Alkhaeriyah Banten.Vol 4, No 2, Hal 137.

Akmal Muhamad dan Sugiyanto.2022. Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Bank BCA KCU Kedoya Permai Jakarta Barat. Jurnal Humanis. Universitas Pamulang. Vol 2, No 2, Hal 261-267.

Azahari, Helmi, Endah Fantini dan Samsudin. 2021. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan pada Perusahaan Fintech Pendanaan Xyz di Era Vuca. Jurnal Komunikasi. Institut Bisnis Nusantara. Vol 8. No 2, Hal 115-123.

Bangun, Wilson. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga

Chusnah dan Lulu Arifatun Khoridah. 2021. Pengaruh Motivasi Kerja Dan Total Quality Control (TQC) Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus PT. Sansyu Precision Indonesia). Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Universitas As-Syafiiyah. Vol 4, No 1, Hal 41-52

Dewi, Ni Putu Chandra dan Made Dian Putri Agustina.2021. Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai MelaluiKepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening Pada Dinas SosialKota Denpasar.Jrnal Ekonomi dan Bisnis.Universitas Hindu Indonesia. Vol 1, No 4 Hal 1240-1252.

Endra, Tri Finta Syandi Syah. 2021. Pengaruh Motivasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap KinerjaKaryawan Di Perusahaan Dazzel Yogyakarta.Jurnal Ekonomi. Universitas Sarjanawiyata. Vol 14, No 2, Hal 50-61.

Fauziek, Elizabeth dan Yanuar. 2021. Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Stres Kerja Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Ekonomi dan Bisnis.Universitas Taruma negara Jakarta. Vol 3, No 3, Hal 680-687.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS.. Semarang : Universitas Diponegoro.

Goni, Geovanno Harland. 2021. Pengaruh Motivasi Kerja terhadap Peningkatan Kinerja Karyawan pada PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Tahuna. Jurnal Studi Administrasi Bisnis. Universitas Sam Ratulangi. Vol 2, No 4, Hal 330-335.

Hariandja. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Gramedia Widiasarana.

Hendri. 2014. Manajemen Kinerja. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Kartono, Kartini. 2015. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Notoatmodjo, S. 2016. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Nuraini dan Ida Maftukhah. 2015. Pengaruh Celebrity Endorser dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Citra Merek Pada Kosmetik Wardah di Kota Semarang. Management Analysis Journal, Vol. 4 No.2 ISSN:2252-6552.

Ratnaningrum Hesti, 2016. Pengaruh Promosi, Harga, Dan Kualitas Produk Terdahap Keputusan Pembelian Dalam Pembelian Bahan Bakar Minyak Jenis Pertalite Di Yogyakarta. Jurnal Manajemen. Vol 1, No 6, Hal 45-5.

Rivai,Veithzal. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Robbins, Stephen. 2015. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Salsabilla, Andia. 2022. Pengaruh Kepuasan Kerja, Disiplin Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ilmu Pendidikan Nasional. Universitas Trisakti. Vol 8, No 1 Hal 1-12.

Santi, Vera Eka dan Sri Widodo. 2021. Pengaruh Kompensasi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir Jakarta. Jurnal Ekonomi. Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma. Vol 10, No 2, Hal 1-9

Shahara, Nadia Putri dan Noor Indah Rahmawati.2021. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT.Andalas Media Informatika Jakarta.Jurnal Ekonomi. STIE Muhammadyah. Vol 9, No 1, Hal 669-678.

Sutrisno, Edy. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Thoha, Miftah. 2016.Kepemimpinan Dalam Manajemen.Jakarta: PT. Raja GrafindoPersada.

Widjaja, Yani Restiani dan Adnan Ginanjar. 2022. Pengaruh Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Disperindag Kabupaten Bandung. Jurnal Sain Manajemen. Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya. Vol 4, No 1, Hal 47-56

Downloads

Published

2023-12-26

Issue

Section

Articles