PENGARUH KEPEMIMPINAN MOTIVASI KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA CV. BALI HARMONI

Authors

  • Ni Made Setya Cahyani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gede Rihayana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Bagus Nyoman Kusuma Putra Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Kepemimpiman, Motivasi kerja, Disiplin Kerja, Kinerja Karyawan

Abstract

Abstrak

Sumber daya manusia (SDM) merupakan asset yang paling penting dan paling berpengaruh dalam perusahaan, karena sumber daya manusia yang mengelola sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan, motivasi kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan.Penelitian ini dilakukan pada CV. Bali Harmoni. Sampel dalam penelitian ini adalah 67 orang karyawan pada CV. Bali Harmoni. Metode penentuan sampel pada penelitian ini adalah metode proportianate stratified random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah análisis regresi linier melalui program SPSS versi 25.Bedasarkan hasil analisis, penelitian ini menunjukan bahwa kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada CV. Bali Harmoni. Semakin meningkat kepemimpinan yang ada pada CV. Bali Harmoni maka kinerja karyawan akan semakin meningkat.Motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada CV. Bali Harmoni. Semakin meningkat motivasi kerja yang ada di CV. Bali Harmoni maka kinerja karyawan akan semakin meningkat.Disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada CV. Bali Harmoni. Semakin meningkat disiplin kerja yang ada di CV. Bali Harmoni maka kinerja karyawan akan semakin meningkat.

References

Afandi, A., & Bahri, S. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(2), 235-246.

Badeni,2013. KepemimpinandanPrilakuOrganisasi. Bandung:Alfabeta.

Fattah, Husein. 2017.KepuasanKerja&KinerjaPegawai.Yogyakarta:Elmatera.

Fajri, C., & Dharmawan, F. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Hokben Citra Garden Jakarta Barat. Jurnal Ilmiah PERKUSI, 1(3), 396-401.

Hamali, A. Y. 2018. Pemahaman Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: PTBuku Seru.

Hasibuan,Malayu. 2016.ManajemenSumberDayaManusia. Jakarta:PTBumi.Aksara.

Hasibuan,M. (2012). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta : PT.Bumi Aksara.

Hindarti,Sri.2017.ManajemenDanKepemimpinanDalamOrganisasi.Malang:IntelegendiaMedia.

Husain, B. A. (2018). Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Pada PT. Bank Danamon Tbk Cabang Bintaro). Jurnal Disrupsi Bisnis, 1(1).

Kristanti,Renny.2019.PengaruhAkuntabilitas,Transparansi,Pengawasan,Komitmen Organisasi, dan Ketepatan Waktu Terhadap Kinerja Anggaran Berkonsep Value ForMoney (Studi Empiris pada OPD Kota Magelang). Skripsi. Program Studi AkuntansiFakultasEkonomidanBisnisUniversitas MuhammadiyahMagelang.

Mangkunegara,AnwarPrabu.2015.SumberDayaManusiaPerusahaan.Cetakankeduabelas.Bandung:RemajaRosdakarya.

Mariani, Luh Mang Indah. 2017. Pengaruh Motivasi, Komunikasi dan Disiplin Kerja TerhadapKinerja Karyawan Warung Mina Peguyangan di Denpasar. Jurnal E-Jurnal ManajemenUnud,Vol.6,No.7.

Pasaribu, S. E. (2019). Pengaruh Motivasi, Kompetensi, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(1), 89-103.

Purnawijaya, F. M. (2019). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Fasilitas Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Kedai 27 Di Surabaya. Agora, 7(1).

Robbins &Judge, 2015. PerilakuOrganisasiEdisi16. Jakarta.SalembaEmpat.

Sinambela, L. P.2016.ManajemenSumberDayaManusia.Jakarta:PTBumiAksara.

Siswanto.2005.ManajemenTenagaKerjaIndonesiaPendekatanAdministrarifdanOperasional.Jakarta:BumiAksara.

Syafrina, N. (2017). Pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada pt. suka fajar pekanbaru. Eko Dan Bisnis: Riau Economic and Business Review, 8(4), 1-12.

Sembiring, H. (2020). Pengaruh motivasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan pada Bank Sinarmas Medan. Jurakunman (Jurnal Akuntansi dan Manajemen), 13(1).

Tirtayasa, S. (2019). Pengaruh kepemimpinan, budaya organisasi, dan motivasi terhadap kinerja pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(1), 45-54.

Wursanto.2001.ManajemenKepegawaian2.Yogyakarta:Kanikus.

Downloads

Published

2023-12-26

Issue

Section

Articles