PENGARUH MOTIVASI KERJA, DISIPLIN KERJA, DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA TOKO BANGUNAN UD. WIJAYA KUSUMA

Authors

  • I Gede Agus Sentana Widana Yasa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Suarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Bagus Nyoman Kusuma Putra Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Motivasi Kerja, Disiplin Kerja, Kompensasi, Kinerja Karyawan

Abstract

Kinerja karyawan dalam perusahaan merupakan suatu hal yang sangat penting untuk dijadikan sebagai tolak ukur hasil pencapaian dalam perusahaan. Kinerja karyawan yang ada pada setiap perusahaan mempunyai kriteria yang berbeda-beda sesuai dengan ketentuan dalam perusahaan. Potensi yang dimiliki individu juga mempengaruhi tingkat kinerja yang dihasilkan oleh karyawan, dimana potensi tersebut dapat menggerakkan karyawan untuk bekerja secara maksimal terhadap kegiatan operasional perusahaan, serta dapat mempengaruhi hasil kerja karyawan yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh motivasi kerja, disiplin kerja, dan kompensasi terhadap kinerja karyawan pada Toko Bangunan UD. Wijaya Kusuma.

Sampel dalam penelitian ini adalah berjumlah 30 orang karyawan. Data analisis dengan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda untuk menjawab rumusan masalah dengan bantuan program SPSS.

Hasil pengujian terhadap hipotesis, menunjukkan bahwa variabel: 1) Motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Toko Bangunan UD. Wijaya Kusuma, 2) Disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Toko Bangunan UD. Wijaya Kusuma, 3) Kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Toko Bangunan UD. Wijaya Kusuma.

References

Adha, R. N., Qomariah, N., dan Hafidzi, A.

H. 2019. Pengaruh Motivasi Kerja, Lingkungan Kerja, Budaya Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dinas Sosial Kabupaten Jember. Jurnal Penelitian IPTEKS, 4(1), 47-62.

Afandi, P. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Riau: Zanafa Publishing.

Alimuddin, H. I. 2022. Pengaruh Motivasi Kerja, Disiplin Kerja Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. Telekomunikasi Indonesia (TELKOM) Pusat Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Arifin, N. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia: Teori dan Kasus. Unisnu Press.

Arifah, U. 2022. Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi Kerja, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Di Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Purworejo (Doctoral dissertation, Universitas Mercu Buana Yogyakarta).

Dewi, D. T. A. 2022. Pengaruh Kompensasi, Motivasi, dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada Karyawan di PT. Agishta Geoinformatics) (Doctoral

dissertation, Universitas Mercu Buana Bekasi).

Edison, E., Y. A., dan I. K. 2017.

Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Kedua. Bandung: Alfabeta.

Elmi, F. 2018. Telisik Manajemen Sumber Daya Manusia: Edisi 1. Mitra Wacana Media. Jakarta.

Fitri, Y. Y., Syaiful, S., dan Suhanda, M. Y. 2022. Pengaruh Etos Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Energi Dan Sumber Daya Mineral Provinsi Sumatera Barat Tahun 2019. Performance: Journal of Management and Entrepreneurship, 1(1), 46-51.

Hamali, A. Y. 2018. Pemahaman Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Kedua: Yogyakarta: CAPS.

Handoko, Y. 2021. Pengaruh Motivasi Kerja, Kedisiplinan Kerja, dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kementrian Agama Kota Malang.

Hasibuan, M. S. P. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasibuan, S. E. 2022. Pengaruh Motivasi, Kompensasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Astra International Tbk, Toyota Sales Operation Cabang Medan Amplas (Doctoral dissertation).

Ihsan, M. T. 2019. Pengaruh Pengawasan, Kompensasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada PT. Trust Finance Indonesia Cabang Medan. Universitas Medan Area.

Johanariah, J. 2018. Analisis Kompensasi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Gembira Loka Yogyakarta. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Locke, E. A. 1968. Toward A Theory of Task Motivation and Incentives. Organizational Behavior and Human Performance. pp: 68-106.

Maharani, A., Tanjung, H., dan Pasaribu, F. 2022. Pengaruh Kemampuan Kerja,

Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Deli Serdang. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 5(1), 30-41.

Mangkunegara. 2018. Pengaruh Budaya Organisasi Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan. 1(1), 9–

Marlius, D., dan Pebrina, I. 2022. Pengaruh Motivasi, Kompensasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Kencana Sawit Indonesia. Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan, 2(2), 1218-1238.

Matana, A. 2017. Pengaruh Total Quality Management Terhadap Ekspektasi Kinerja Karyawan Pada PT. Pelabuhan Indonesia IV (Persero). Skripsi Universitas Hasanuddin Makassar.

Permana, P. F. C., dan Pracoyo, A. 2022. Pengaruh Motivasi Kerja, Disiplin Kerja Dan Kompensasi Finansial Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Perbankan (Journal of Economics, Management and Banking), 7(3), 80-89.

Permatasari, C. I., dan Novitasari, D. 2021. Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Ahass Manteb Motor Tahun 2020 (Doctoral dissertation, STIE Widya Wiwaha).

Pradhana, D. G. 2022. Pengaruh Disiplin Kerja, Kompensasi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Empiris Pada Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Temanggung) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Magelang).

Rahayuni, N. W. I. S., Sudja, I. N., dan Puspitawati, N. M. D. 2022. Pengaruh Motivasi Kerja Dan Efektivitas Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Telkom Akses Di Plaza Teuku Umar Denpasar. EMAS, 3(5), 213-226.

Rini, D. P., dan Mardiyanto, D. 2022. Pengaruh Disiplin Kerja, Lingkungan Kerja Dan Pemberian Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Kusumahadi Santosa Jaten, Kabupaten Karanganyar. SMOOTING, 20(3), 159-

Sari, M., dan Masruroh, F. 2018. Pengaruh motivasi dan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai di Kecamatan Magelang Tengah Kota Magelang. JMAN jurnal mahasiswa Administrasi negara, 2(2), 36-51.

Sedarmayanti. 2017. Perencanaan dan Pengembangan SDM untuk Meningkatkan Kompetensi, Kinerja dan Produktivitas Kerja. PT Refika Aditama. Bandung.

Shihab, M. R., Prahiawan, W., dan Maria,

V. 2022. Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi Kerja, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. So Good Food Manufacturing Kabupaten Tangerang Tahun 2020. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(3), 5481- 5496.

Sinambela, L. P. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Srimindarti, Ceacilia dan Puspitasari, E. 2012. Kinerja Sistem Informasi Akuntansi (SIA) ditinjau dari Kepuasan Pemakai dan Pemkaian SIA yang dipengaruhi oleh partisipasi, kemampuan, pelatihan dan pendidikan pemakai SIA, Pekan Ilmiah, Dosen FEB-UKSW,Pp. 517-530.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.

Supriadi, S., Efendi, M., dan Fakhrurraji, A. 2022. Penerapan Budaya Organisasi Oleh Kecamatan Bebesen Terhadap Kinerja Pemerintahan Kampung. Saraq Opat: Jurnal Administrasi Publik, 4(1), 10-18.

Sutrisno, E. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Kencana

Uhing, Y. 2019. Pengaruh Pengalaman Kerja Dan Motivasi Terhadap Kinerja

Karyawan Rumah Makan Di Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 7(1).

Widyastuti, N., dan Rahardja, E. 2018. Analisis Pengaruh Stres Kerja, Kompensasi, dan Employee Engagement terhadap Kinerja Pegawai (Studi pada Pegawai PDAM Tirta Moedal Kota Semarang). Diponegoro Journal of management, 7(1), 55-65.

Downloads

Published

2023-12-26

Issue

Section

Articles