PENGARUH KEPUASAN KERJA, KOMPENSASI FINANSIAL, DAN KEPEMIMPINAN TERHADAP LOYALITAS KARYAWAN PADA LEMBAGA PERKREDITAN DESA DI KECAMATAN SUKAWATI

Authors

  • Gusti Ayu Eka Padmawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Nita Anggraini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Gede Antok Setiawan Jodi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Kepuasan Kerja, Kompensasi Finansial, Kepemimpinan, Loyalitas Karyawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruhkepuasan kerja, kompensasi finansial, dan kepemimpinan terhadap loyalitas karyawan padaLembaga Perkreditan Desa di Kecamatan Sukawati. Penelitian ini dilaksanakanpada Lembaga Perkreditan Desa di Kecamatan Sukawati. Populasi dalam penelitian ini adalah melibatkan seluruh kantor Lembaga Perkreditan Desa di Kecamatan Sukawati yang berjumlah 33 kantor LPD dan jumlah karyawan 280 orang yang terdaftar pada LPD diKecamatan Sukawati. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, diperoleh 95 responden yang diambil dari karyawan LPD di Kecamatan Sukawati yang sudah bekerja lebih dari 1 tahun. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan kerjaberpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas karyawan, kompensasi finansialberpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas karyawan, dan kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas karyawan. Variabel kompensasi finansial merupakan variabel yang paling dominan mempengaruhi kepuasan pelanggan.

References

Bangun, W. 2012.Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.

Citra, L. M.2019. Pengaruh Kepemimpinan, Kepuasan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Loyalitas Karyawan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(2), 214-225.

Dewi, A. D. S. I. P., Anggraini, N. P. N., dan Ribek, P. K.2022. Pengaruh Kepuasan Kerja, Disiplin Kerja Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Koperasi Sari Sedana Kabupaten Karangasem. EMAS, 3(4), 202-216.

Egal, A.2019. Pengaruh Kompensasi Finansial Dan Lingkungan Kerja Non Fisik Terhadap Loyalitas Karyawan Melalui Kepuasan Kerja Karyawan Sebagai Variable Intervening Pada Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya.

Fahmi, M.2017. Pengaruh Supervisi Akademik Dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Pertama Negeri Se-Kota Tegal (Doctoral dissertation, IAIN Purwokerto).

Gafur, A., Lestari, D., Fatmawati, F., dan Tati, T.2022. Pengaruh Kepemimpinan Komisioner Terhadap Loyalitas Pegawai di Kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Pangkep. Jurnal Identitas, 2(1), 11-21.

Ghozali,I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program (IBMSPSS). Edisi 8. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Hanin, A., Djaelani, A. K., dan ABS, M. K.2018. Pengaruh Pengembangan Karir Dan Pemberian Insentif Terhadap Loyalitas Karyawan Radar Bromo Probolinggo (Jawa Pos Grup). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 7(01).

Hasibuan, M. S. P. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: BumiAksara.

Herlambang, S. 2014. Basic Marketing (Dasar-dasar Marketing) CaraMudah Memahami Ilmu Pemasaran. Yogyakarta: Gosyeng Publishing.

Hidayati, Y. S., Budiwati, H., dan Ariyono, K. Y.2018. Pengaruh Kompensasi Finansial Dan Kepuasan Serta Disiplin Kerja Terhadap Loyalitas Sopir Rental Mobil Di Lumajang. Jobman: Journal Of Organization And Bussines Management, 1(2), 166-177.

Kinanti, A. D.2021. Pengaruh Kompensasi Finansial, Motivasi Kerja, dan Lingkungan Kerja Terhadap Loyalitas Karyawan (Studi Kasus pada Bank Jabar Banten) (Doctoral dissertation, STIE YKPN).

Larastrini, P. M., dan Adnyani, I. G. A. D.2019. Pengaruh Kepuasan Kerja Lingkungan Kerja Dan Work–Life Balance Terhadap Loyalitas Karyawan. E-jurnal Manajemen, 8(6), 3674-3699.

Linartan, R.2022. Pengaruh Kompensasi Finansial Terhadap Loyalitas Karyawan Generasi Milenial Di Hotel Berbintang Di Kota Bandar Lampung (Doctoral dissertation, Universitas Katolik Musi Charitas Palembang).

Nugroho, J. S.2021. Pengaruh Konflik Peran, Kompensasi Finansial, Dan Kompensasi Nonfinansial Terhadap Loyalitas Karyawan Non-Pns (Studi di Kantor Samsat Kebumen) (Doctoral dissertation, Universitas Putra Bangsa).

Nuriyah, S., dan Azizah, N.2021. Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi Kerja dan Budaya Organisasi Terhadap Loyalitas Karyawan. Jurnal Analitika Bisnis, Ekonomi, Sosial dan Politik, 1(01), 22-31.

Prayoga, S. S.2021. Pengaruh Iklim Organisasi, Kepemimpinan, Dan Kompensasi Terhadap Loyalitas Pegawai Non Pns Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kebumen (Doctoral dissertation, Universitas Putra Bangsa).

Robbins, S. P. and Coulter, M. 2016. Manajemen, Jilid 1 Edisi 13, AlihBahasa: Bob Sabran Dan Devri Bardani P, Erlangga, Jakarta.

Robbins, S. P. dan Judge, T. A. 2018. Perilaku Organisasi.Organizational Behavior (Buku 1, Edisi Ke-12). Jakarta: Salemba Empat.

Ryanandar, N.2022. Pengaruh Kepemimpinan, Kompensasi Dan Beban Kerja Terhadap Loyalitas Karyawan Di PT. Batavia Bintang Berlian (Doctoral dissertation, UNSADA).

Saptarini, P. D., dan Yudhaningsih, N. M.2020. Peranan Kepuasan Kerja Dalam Memediasi Pengaruh Kompensasi Terhadap Loyalitas Karyawan Pada Pt Parama Asia Sejahtera. Jurnal Ilmiah Satyagraha, 3(1), 126-146.

Saputra, A. T., Bagia, I. W., Yulianthini, N. N., dan SE, M.2016. Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Loyalitas Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen Indonesia, 4(1).

Saydam, G. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia (Human Resource)Suatu Pendekatan Mikro, Djanbatan, Jakarta.

Sebayang, S., dan Sembiring, J.2017. Pengaruh Self Esteem Dan Self Efficacy Terhadap Kinerja Karyawan Studi Kasus di PT. Finnet Indonesia. eProceedings of Management, 4(1).

Simatupang, R. N., Rukmini, R., dan Situmeang, M.2021. Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Terhadap Loyalitas Pegawai di KPU Provinsi Sumatera Utara. AFoSJ-LAS (All Fields of Science Journal Liaison Academia and Society), 1(4), 94-112.

Sinambela, L. P. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: BumiAksara.

Sudaryo, Y., Aribowo, A., dan Sofiati, N. A.2018. Manajemen Sumber Daya Manusia: Kompensasi Tidak Langsung dan Lingkungan Kerja Fisik. Penerbit Andi.

Sugiyono.2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta, CV.

Widoyoko, E. P. 2014. Teknik PenyusunanInstrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2023-12-26

Issue

Section

Articles