PENGARUH PROFESIONALISME KERJA, KOMITMEN ORGANISASI DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. INDONESIA COMNETS PLUS (KANTOR CABANG BALI)

Authors

  • Atika Yuniarti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Agus Wahyudi Salasa Gama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Yeni Astiti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Profesionalisme Kerja, Komitmen Organisasi, Kompetensi

Abstract

Sumber daya manusia merupakan suatu hal yang sangat penting dalam sebuah organisasi, karena tercapainya suatu tujuan baik itu tujuan jangka panjang maupun jangka pendek di tentukan oleh sumber daya manusia yang ada dalam organisasi itu sendiri dan setiap organisasi berusaha untuk mendapatkan sumber daya manusia yang berkualitas dan produktif untuk menjalankan sebuah perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profesionalisme kerja, komitmen organisasi dan kompetensi terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini dilakukan pada PT. Indonesia Comnets Plus (Kantor Cabang Bali), Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan di kantor PT. Indonesia Comnets Plus (Kantor Cabang Bali) sebanyak 36 orang karyawan. Metode penentuan sampel pada penelitian ini adalah metode sampling jenuh. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalahanalisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS version 25.0 for Window. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Profesionalisme Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Indonesia Comnets Plus (Kantor Cabang Bali), Komitmen Organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Indonesia Comnets Plus (Kantor Cabang Bali), dan Kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Indonesia Comnets Plus (Kantor Cabang Bali).

References

Abdullah, M. 2018. Manajemen mutu pendidikan di sekolah peran kepemimpinan kepala sekolah, profesionalisme guru, dan partisipasi masyarakat dalam peningkatan mutu pendidikan di sekolah. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(3), 190-198.

Afandi, P. 2017. Concept & Indicator Human Resources Management for Management Research. Yogyakarta: Deepublish.

Agustian, F. A., Poernomo, D., & Puspitaningtyas, Z. 2018. Pengaruh Kompetensi Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai. Majalah Ilmiah Dian Ilmu, 17(2).

Alam, A. S., & Nursiam, M. H. 2020. Pengaruh Budaya Organisasi, Komitmen Organisasi, dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Empiris pada Dinas Sosial dan Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Surakarta) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Andriyani, N., Wijayani, D. R., & Mulyani, S. 2017. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pertimbangan Tingkat Materialitas Audit. Solusi, 18(4).

Anoraga Pandji. 2017. Manajemen Bisnis. Cetakan Ketiga Juli. Diterbitkan oleh PT. Rineka Cipta, Jakarta.

Anwar, M. 2018. Menjadi guru profesional. Jakarta: Prenamedia Group.

Bangun, W., & Silalahi, N. 2017. Pengaruh disiplin kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan. Jurnal Manajemen Maranatha, 19(2), 115-126

Budhiningtias, Marliana. 2018. “Pengaruh Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan PT. Frisian Flag Indonesia Wilayah Jawa Barat”. Jurnal Majalah Ilmiah Unikom, Vol 7, No 2, Mei.

Edison, E., Kartika, T., & Lestari, R. I. D. 2017. Pengaruh Kepuasan Kerja dan Kompetensi terhadap Kinerja Karyawan di Sentra Industri Kulit Sukaregang. Barista: Jurnal Kajian Bahasa dan Pariwisata, 4(1), 51-60.

Elizar, E., & Tanjung, H. 2018. Pengaruh Pelatihan, Kompetensi, Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 1(1), 46-58.

Fadillah, R., Sulastini, S., & Hidayati, N. 2017. Pengaruh kompetensi, disiplin kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan pada kantor bank kalsel cabang pembantu di Banjarmasin. Jurnal bisnis dan pembangunan, 6(1), 1-9.

Fidianita, T. 2017. Pengaruh Profesional Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Account Representative (survei Pada Kantor Pelayanan Pajak Di Kota Bandung) (Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia).

Fitriani, N., & Pangestu, E. R. 2021. Pengaruh Proesionalisme Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada Baraya Travel (Surapati) Di Kota Bandung)(Doctoral dissertation, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas).

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Hamalik, Oemar. 2017. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi,cet. ke-4, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hasibuan, H. A. 2020. Pengaruh Komitmen Dan Profesionalisme Terhadap Kinerja Karyawan Pada Yayasan Pondok Pesantren Syekh Muhammad Dahlan Aek Hayuara Sibuhuan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (Jimbi), 1(1), 71-80.

Hasibuan, Malayu S.P. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Herlambang, S. P., Sinaga, S., & Sihombing, N. S. 2022. Analisis Pengaruh Kompetensi, Kompensasi Dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervenng Pada PT. PLN (Persero) UIP Sumbagut.

Hutapea, P., & Thoha, N. 2018. Kompetensi Plus. Jakarta: PT Gramedia PustakaUtama.

Ismail &Sjahruddin, H. 2018. Pengaruh profesionalisme dan komitmen organisasional terhadap kinerja guru SMK Kartika XX-1 Makassar.

Istijanto Oei. 2010. Riset Sumber Daya Manusia. Gramedia Pustaka Utama. Edisi Revisi.

Kartono, P. 2018. Pengaruh profesionalisme dan iklim kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Bank Tabungan Negara kantor cabang Malang. Jamin: Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis, 1(1), 61-74.

Kasmir. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik). Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Kaswan. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Keunggulan Bersaing Organisasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kristianto, V. 2017. Analisis Pengaruh Beban Kerja, Kompetensi, Independensi, Skeptisisme Profesional, Dan Pelatihan Terhadap Kemampuan Auditor Dalam Mendeteksi Kecurangan(Doctoral dissertation, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang).

Lewa, E. I. I. K., & Subowo, S. 2017. Pengaruh Kepemimpinan, Lingkungan Kerja Fisik dan Kompensasi terhadap Kinerja Karyawan di PT. Pertamina (Persero) Daerah Operasi Hulu Jawa Bagian Barat, Cirebon. Sinergi: Kajian Bisnis dan Manajemen.

Likdanawati, L., Hamdiah, H., & Yuana, U. 2021. Pengaruh Kompetensi, Komunikasi dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Pertamina Lhokseumawe. Visioner And Strategis, 10(2).

Locke, E.A. 1968. Toward ATheoryof Task Motivation and Incentives.OrganizationalBehavior and Human Performance. pp:68-106.

Locke, E. A. and Latham, G. P. 2017. A Theory of Goal Setting and Task Performance. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.

Maister. 2017. Profesi Tenaga Kependidikan. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Manao, E. F. 2021. Pengaruh Profesionalisme Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Kabupaten Nias Selatan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Nias Selatan, 4(1).

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mathis, Robert, L.dan Jackson, John H. 2017. Human Resource Management.Edisi ke –10, Jakarta : Salemba Empat.

Meutia, K. I., & Husada, C. 2019. Pengaruh budaya organisasi dan komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 119-126.

Moeljono, Djokosantoso. 2017. Budaya Korporat dan Keunggulan Korporasi. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Muliaty, M. 2021. Profesionalisme, Komitmen Organisasi, Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan PDAM Tirta Kencana Samarinda. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 11(2), 69-76.

Pratama. 2019. Pengaruh Motivasi, Loyalitas dan Kompetensi Terhadap Prestasi Kerja Karyawan PT. Telkom Akses Bagian Kontruksi Wilayah Telkom Sidoarjo. STIE Mahardika Surabaya.

Rachmaniza, S. 2020. Pengaruh kompetensi dan komitmen organisasi terhadap Kinerja Karyawan Pada Divisi Produksi Di PT. Sinar Ragamindo Utama Bandung. Prosiding Manajemen, 6(1), 11-16.

Rangkuti, 2012. Studi Kelayakan Bisnis dan Investasi, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Riduwan, & Sunarto. 2011. Pengantar Statistika: Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Rivai, V. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Edisi Ketiga. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rivai, Vethzal & Basri. 2017. Peformance Appraisal: Sistem yang tepat untuk Menilai Kinerja Karyawan dan Meningkatkan Daya Saing Perusahan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Riyadi, S., 2016. Pengaruh kompensasi finansial, gaya kepemimpinan, dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan pada perusahaan manufaktur di Jawa Timur. Jurnal manajemen dan kewirausahaan, 13(1), pp.40-45.

Robbins, Stephen P & Judge, Timothy A. 2017. Organizational Behavior Edition 15. New Jersey: Pearson Education.

Rosmaini, R., & Tanjung, H. 2019. Pengaruh Kompetensi, Motivasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(1), 1-15.

Sastra, B. A., Zulfadil, Z., & Fitri, K. (2017). Pengaruh Kompetensi Karyawan dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Bank Danamon Cabang Tuanku Tambusai Pekanbaru (Doctoral dissertation, Riau University).

Sedarmayanti. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia, Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung: PT. Refika Aditama.

Sedarmayanti. 2017. Perencanaan dan Pengembangan SDM untuk Meningkatkan Kompetensi, Kinerja dan Produktivitas Kerja. PT Refika Aditama. Bandung.

Siagian, E., & Simanjuntak, S. M. 2017. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan IMT dan Kadar Gula Darah Perawat Profesional. Jurnal Keperawatan Silampari, 5(1), 338-347

Sopiah. 2018. Perilaku Organisasional. Edisi I, Yogyakarta : Andi Offset.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suriati, S. R. H. S. 2018. Pengaruh Kompetensi Terhadap Kinerja Pegawai Pada PT. PLN (Persero) Rayon Sungguminasa Di Kabupaten Gowa. Jurnal Ekonomi Balance Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 14(2).

Sutrisno, E. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Suwinardi, S. 2017. Pengendalian Dan Penggunaan Dorongan Dalam Profesi. Orbith: Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa dan Sosial, 14(2).

Toha, M. 2018. Analisis Pengaruh Profesionalisme, Kedisiplinan, Motivasi Kerja, Budaya Kerja dan Komunikasi Terhadap Kinerja Pegawai Otoritas Jasa Keuangan (Studi Kasus Kantor Regional 3 Jawa Tengah dan DIY) (Doctoral dissertation, Lain Salatiga).

Triharso Agung 2017. Talent Management: Mempertahankan Karyawan tanpa Menaikan Gaji. Jakarta : Elex Media Komputindo.

Umam Khaerul. 2010. Perilaku Organisasi. Bandung: Pustaka Setia.

Wibowo, 2017. Manajemen Kinerja, Edisi Kelima, PT.Rajagrafindo Persada Jakarta-14240.

Downloads

Published

2023-12-26

Issue

Section

Articles