PENGARUH DISIPLIN KERJA, MOTIVASI KERJA DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA CV. DAYUHSINI DENPASAR TIMUR

Authors

  • I Wayan Agus Sudiatnyane Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Sujana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Nyoman Ari Novarini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Disiplin Kerja, Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja, Kinerja Karyawan

Abstract

Manusia adalah salah satu sumber daya yang bisa dikatakan cukup penting dan memiliki kemampuan untuk terus berkembang dan perlu mendapatkan perhatian dari pihak perusahaan. Perhatian ini diperlukan untuk mengingat dalam menjalankan aktivitasnya, perusahaan akan selalu berhadapan dengan sumber daya manusia yang dimilikinya. Dengan demikian pembinaan terhadap sumber daya manusia perlu terus mendapatkan perhatian mengingat pesan sumber daya manusia yang besar dalam suatu perusahaan.Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh disiplin kerja, motivasi kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan pada CV. Dayuhsini Denpasar Timur. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan CV. Dayuhsini Denpasar Timur. Pengambilan sampel menggunakan metode sampling jenuh yaitu sejumlah 50 responden. Alat analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linier berganda, analisis koefisien determinasi, uji F dan uji t.Hasil penelitian menunjukkan bahwa disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dankepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Saran bagi peneliti selanjutnya dapat mengembangkan penelitian ini dengan menambahkan variabel lain.

References

Abbdillah. A. C. Dan Wajdi, F. 2014. Pengaruh Kepemimpinan, Stres Kerja, Disiplin Kerja Dan Kompensasi Dengan Kinerja Pegawai. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya. Vol. 12, No. 1, pp. 1-12.

Abidin, N. 2018. Pengaruh Kepuasan, Motivasi dan Kedisiplinan kerja terhadap Kinerja Karyawan Dilingkungan Kantor Wilayah Departemen Agama Provinsi Jawa Tengah. Thesis. Universitas Dian Nuswantoro.

Afandi, P. 2016. Concept & Indikator Human Resources Management For Management Research. Yogyakarta: Deepublish.

Bagaskara. 2021. Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Kreasi Kamasan Komposit. Jurnal PERKUSI. Vol. 1, No. 1, pp. 50-55.

Bernadin. 2014. Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Sinar Sentosa Perkasa Banjarnegara. Jurnal Human Resource Management. Vol. 2, No. 1, pp. 1-13.

Busro, M. 2018. Teori-Teori Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenadameidia Group.

Daulay.Haidar Dan Putra. 2016. Pemberdayaan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Jakarta: Kencana.

Deni, M. 2018. Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Departemen Mutu Checker Dry PT. Aneka Bumi Pratama (ABP) Palembang. Jurnal EKOBIS. Vol. 2, No. 1, pp. 1-17.

Dewi, S.R. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Deepublish.

Eka. 2021. Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Mega Finance Kantor Pusat Jakarta Selatan. Jurnal Ekonomi Efektif. Vol. 3, No. 4, pp. 522-534.

Hasibuan, M. S.P. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Juniantara, I. W. 2019. Pengaruh Motivasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Koperasi Di Denpasar. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. Vol. 4, No. 9, pp. 611-628.

Komara. 2020. Belajar Dan Pembelajaran Interaktif. Bandung: PT. Refika Aditama.

Lukman, A. 2018. Sistem Informasi Manajemen. Banda Aceh: Lembaga KITA.

Ma’arif, S. 2013. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Pasar Bandarjo Ungaram Kabupaten Semarang. Jakarta: Rineka Cipta.

Mangkunegara, A. P. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Murti, B. 2019. Desain Dan Ukuran Sampel Untuk Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Di Bidang Kesehatan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nawawi. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia: Untuk Bisnis Yang Kompetitif. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Numberi, A. dan Setiawan, M. 2018. Pengaruh Kondisi Kerja Terhadap Kinerja Tenaga Kerja Outsourcing (Studi Pada PT. Bank Papua Kantor Pusat Jayapura). Jurnal Aplikasi Manajemen. Vol. 11, No. 1, pp. 1-12.

Rivai, V.Dan Sagala, E. J. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori Ke Praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Robbins, S. P. 2018. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Sutrisno, E. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Teck, H. T. & Waheed, A. 2018. Herzberg's Motivation-Hygiene Theory And Job Satisfaction In The Malaysian Retail Sector: The Mediating Effect of Love of Money. Journal Asian Academy of Management, Vol. 16, No 1, pp. 73-94.

Downloads

Published

2023-12-26

Issue

Section

Articles