PENGARUH KEPEMIMPINAN, DISIPLIN KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN FIFGROUP CABANG KUTA

Authors

  • Putu Arya Wiweka Widhiantara Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Sujana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Nyoman Ari Novarini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Kepemimpinan, Disiplin Kerja, Motivasi Kerja, Kinerja Karyawan

Abstract

Kinerja karyawan dalam perusahaan merupakan suatu hal yang sangat penting untuk dijadikan sebagai tolak ukur hasil pencapaian dalam perusahaan. Kinerja karyawan yang ada pada setiap perusahaan mempunyai kriteria yang berbeda-beda sesuai dengan ketentuan dalam perusahaan. Potensi yang dimiliki individu juga mempengaruhi tingkat kinerja yang dihasilkan oleh karyawan, dimana potensi tersebut dapat menggerakkan karyawan untuk bekerja secara maksimal terhadap kegiatan operasional perusahaan, serta dapat mempengaruhi hasil kerja karyawan yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepemimpinan, disiplin kerja, dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan FIF GROUP Cabang Kuta. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan FIFGROUP Cabang Kuta yang berjumlah 155 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 61 orang dengan menggunakan rumus Slovin. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, 2) disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, 3) motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan.

References

Anwar. 2017. “Pengaruh Motivasi Kerja dan Kemampuan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai (Studi pada Karyawan Perusahaan Daerah Air Minum PDAM Kota Malang)”. Jurnal Universitas Brawijaya, Vol. 12, No. 2, Hal: 1-10.

Arianty, N. 2018. “Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja

Pegawai” Jurnal Manajemen Dan Bisnis 14, No. 2

Afandi, R. R. V. 2018.. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Leader-Member Exchange Dan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediasi Pada Karyawan PT. Radio Fiskaria Jaya Suara Surabaya (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS AIRLANGGA).

Apsari, C., dan Syarif, R. 2022. Pengaruh Motivasi Kerja, Disiplin Kerja dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan Sekretariat Komite Farmasi Nasional Kementerian Kesehatan RI. IKRAITH- EKONOMIKA, 5(2), 8-15.

Hasibuan, M. S. P. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Hidayat, A. 2021. Pengaruh Kompensasi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmu Manajemen (JIMMU), 6(2), 165-177.

Isvandiari, A., dan Idris, Al. B. 2018. Pengaruh Kepemimpinan Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Central Capital Futures Cabang Malang. Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia, 12(1), 17-22.

Juanti, J., dan Wajdi, M. F. 2017. Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Di RSUD Kudungga Kabupaten Kutai Timur (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Juliyanti, B., dan Onsardi, O. 2021. Pengaruh Disiplin Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Bengkulu. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (JMMIB), 1(2), 183-191.

Kirana, K. C., dan Pradipta, A. S. 2021. Pengaruh Kepemimpinan, Kompensasi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. JAK. JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 4(3), 285-297.

Locke, E. A. 1968. Toward A Theory of Task Motivation and Incentives. Organizational Behavior and Human Performance. pp: 68-106.

Lisnawati, L. 2018. Pengaruh LTO (Labour Turn Over), Absensi Dan Disiplin Kerja Terhadap Produktivitas Perusahaan Pada Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) SUKUN KESATUAN PEMANGKUAN HUTAN (KPH) MADIUN (Doctoral

dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo).

Mangkunegara, A. A. A. P. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung : Remaja Rosdakarya

Muna, N., dan Isnowati, S. 2022. Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi Kerja, Dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada PT LKM Demak Sejahtera). Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 5(2), 1119-1130.

Rivai, A. 2021. Pengaruh Pengawasan, Disiplin Dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 11-22.

Supomo, R. dan Nurhayati, E. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Yrama Widya

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.

Sinambela, E. A., dan Lestari, U. P. 2022. Pengaruh Kepemimpinan, Lingkungan Kerja, dan Kemampuan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 10(1), 178-190.

Siregar, S., Effendy, S., dan Ritonga, S. 2022. Pengaruh Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja karyawan Bagian Produksi Pengolahan PTPN III Rantauprapat. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(3), 1971-1802.

Wibowo, M. M. Y. 2015. Pengaruh Locus Of Control, Komitmen Organisasi, Kinerja, Turnoverintention, Tekanan Anggaran Waktu, Gaya Kepemimpinan Dan Kompleksitas Tugas Terhadap Perilaku Disfungsional Auditor. Jurnal Akuntansi Bisnis, 14(27),

Downloads

Published

2023-04-19

Issue

Section

Articles