PENGARUH SELF LEADERSHIP, KOMPETENSI DAN WORK LIFE BALANCE TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS PENDIDIKAN KEPEMUDAAN DAN OLAHRAGA KOTA DENPASAR

Authors

  • Ni Kadek Riski Fania Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Anak Agung Dwi Widyani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Putu Ayu Sintya Saraswati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Self leadership, Kompetensi, Work life balance, Kinerja Pegawai

Abstract

Sumber daya manusia atau biasa disingkat dengan MSDM memiliki konsep dasar yaitu menempatkan semua pegawai sebagai manusia. Manajemen sumber daya manusia menggunakan beberapa disiplin ilmu antara lain sosiologi, psikologi, ekonomi dan politik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self leadership, kompetensi dan work life balance terhadap kinerja pegawai. Penelitian ini dilakukan pada Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kota Denpasar. Sampel dalam penelitian ini adalah 73 orang karyawan pada Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kota Denpasar. Metode penentuan sampel pada penelitian ini adalah metode sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan melalui, dokumentasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah análisis regresi linier melalui program SPSS versi 25. Bedasarkan hasil analisis, penelitian ini menunjukan bahwa self leadership berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kota Denpasar. Kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kota Denpasar. Work life balance berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kota Denpasar.

References

Badrianto, Y., & Ekhsan, M. (2021). Pengaruh Work-life Balance terhadap Kinerja Pegawai yang di Mediasi Komitmen Organisasi. Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 4(2), 951-962.

Karomi, U. R., & Martini, N. (2021). Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada PT. Tokai Texprint Indonesia. COSTING: Journal of Economic, Business and Accounting, 5(1), 556-

Nasution, A. B., Harahap, H., Arya, I., & Salim, A. (2021). Pengaruh Kompetensi, Budaya Kerja, Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Di Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Manajemen dan Bisnis, 3(2), 118-129.

Noviani, D. M. (2021). Pengaruh Work Life Balance dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dimasa Work from Home pada KantorKementerian Agama Kabupaten Indramayu. Jurnal Syntax Admiration, 2(11), 2036-2050.

Rachman, T., Mujanah, S., & Susanti, N. (2021). Servant Leadership, Self- Awareness Dan Kompensasi Pengaruhnya Terhadap Employee Engagement Dan Kinerja Pegawai Pada Puskesmas Tanjungbumi Madura. Media Mahardhika, 19(2), 361-371.

Rosmiati, E., Sova, M., & Andari, R. (2021). Pengaruh Kompetensi Terhadap Kinerja Pegawai PT. Infomedia Nusantara Jakarta. Jurnal Administrasi dan Manajemen, 11(1), 11-16.

Saraswati, N. P. A. S., & Putra, G. B. B. (2020). Competency and creativity as a relationship that interpretes between the perception of an organizational support on performance of the craftsman of Ikat Endek in Klungkung Bali. Asia Pacific Journal of Management and Education (APJME), 3(1), 1-11.

Suharno, C. N. T., & Muttaqiyathun, A. (2021). Pengaruh Work-Life Balance dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Pegawai pada Masa Pandemi Covid-

Proceeding of the URECOL, 538-545.

Tandy, J., Nelwan, O. S., & Lengkong, V.

P. (2021). Pengaruh Self-Leadership, Transformational Leadership Dan Transactional Leadership Terhadap Kinerja Guru-Guru di SMP Advent 4 Paal 2 Kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(2), Hal 686 - 695.

Widyani, A. A. D., Mendra, I. W., Listiani,

D. K. A. (2019). Pengaruh Knowledge Sharing, Self- Leadership, dan Karakteristik Individu terhadap Kinerja Pegawai pada Badan Kesatuan Bangsa, Politik, dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Karangasem. In Seminar Nasional Inovasi dalam Penelitian Sains, Teknologi dan Humaniora-InoBali, pp. 555-561.

Downloads

Published

2023-04-19

Issue

Section

Articles