PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN DISIPLIN KERJA KARYAWAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PONDOK NYOMAN BAGUS RESTAURANT AND GUEST HOUSE PERERENAN

Authors

  • Ni Kadek Purnadewi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Suarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Bagus Nyoman Kusuma Putra Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Kepuasan Kerja, Disiplin Kerja Karyawan, Kinerja Karyawan

Abstract

Keberhasilan suatu organisasi dalam mencapai tujuannya juga tergantung faktor sumber daya manusia, dimana dibutuhkan suatu interaksi dan koordinasi yang didesain untuk menghubungkan tugas-tugas, baik perseorangan maupun kelompok dalam rangka mencapai tujuan organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja dan disiplin kerja karyawan terhadap kinerja karyawan pada Pondok Nyoman Bagus Restaurant and Guest House Pererenan. Penelitian ini dilakukan di Pondok Nyoman Bagus Restaurant and Guest House Pererenan dengan menggunakan populasi dan sampel sebanyak 30 orang responden. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode sampling jenuh atau metode sensus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara (interview), observasi dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda yang diolah menggunakan software SPSS versi 23. Bedasarkan hasil analisis, penelitian ini menunjukan kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Pondok Nyoman Bagus Restaurant and Guest House Pererenan. Disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Pondok Nyoman Bagus Restaurant and Guest House Pererenan

References

Ajzen, I. & Fishbein, M. 1980. Understanding Attitudes and Predicting Social Behavior Englewood Cliffs. NJ: Prentice-Hall.

Ajzen, I. 1991. The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and

Human Decision Processes, 50: 179-211.

Arda, M. 2017. Pengaruh kepuasan kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada Bank Rakyat Indonesia cabang Putri Hijau Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 18(1), 45-60.

Dewi, Kartika. 2017. Pengaruh Disiplin Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Taspen (Persero) KCU Medan. Skripsi. Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatra Utara.

Dianna, Eva Kris. 2019. Pengaruh Kepuasan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan Outsourcing PT. Semeru Karya Buana Tabanan. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Dyana Pura

Gibson, James. L,.et all.2010. Organisasi, Perilaku, Struktur, Proses, Edisi Ke-5. Jakarta. Erlangga.

Hasibuan, Malayu S.P. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi.

Jakarta: Bumi Aksara.

Kartika, Y. D., Rizani, D. A., & Sibuea, R. T. 2019. Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Stress Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Diperusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) Divre Sumut. Jurnal Mutiara Manajemen, 4(1), 345-357.

Kurniawan. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta

Locke, E.A. 1968. Toward A Theory of Task Motivation and Incentives.

Organizational Behavior and Human Performance. pp: 68-106.

Marpaung, F. K., Namirah, Y., Usandra, S., Putra, G., & Monica, C. (2020). Pengaruh Komunikasi, Pelatihan Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt Globelink Sea and Air Freight Indonesia. Warta Dharmawangsa, 14(1).

Prawirosentono, Suryadi. 2015. Kinerja dan motivasi Karyawan. BPFE, Yogyakarta

Putriana, H. M., & Herawati, J. 2018. Pengaruh Kemampuan Kerja, Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pd. Bpr Bkk Kebumen. Jurnal Manajemen, 8(1), 46-52.

Sandy Martha, M. 2015. Karakteristik Pekerjaan dan Kinerja Dosen Luar Biasa UIN Sunan Gunung Djati Bandung: Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Moderating. Thesis. Universitas Widyautama Bandung.

Sarwani, S. 2017. the Effect of Work Discipline and Work Environment on the Performance of Employees. Sinergi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 6(2), 53–67.

Satriawan, I. Z. 2018. Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi Kerja Dan Pengembangan Karier Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Kebumen Surabaya. Volatilitas, 3(4).

Setiaji, B. 2013. Pengaruh motivasi, kepuasan, dan disiplin kerja

Terhadap kinerja karyawan (Studi Kasus di Lingkungan Pegawai Kantor PDAM Kota Surakarta). Artikel. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis

Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Setiawan, Beni. 2018. Pengaruh disiplin kerja dan motivasi terhadap kinerja

karyawan pada rumah sakit umum daerah Kanjuruhan Malang. Jurnal ilmu manajemen Vol.1 No4 Juli 2013: Universitas Negeri Surabaya.

Sridarma, E. 2019. Pengaruh Kepuasan Kerja, Kompensasi Dan

Pengembangan Karir Terhadap Turnover Intention Karyawan Bank

Syariah Mandiri Cabang Padang. Jurnal riset Manajemen dan Publik.

Vol. 3, No. 3.

Suryawan, Manoppo, R. 2017. Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi Kerja Dan Pengembangan Karier Terhadap Kinerja Karyawan Pada Departement Produksi PT. Jaya Abadi Semarang. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 3(3).

Wiranto. 2018. Pengaruh Disiplin Kerja Dan Pengembangan Karier Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Sunanyaya Yogyakarta. Jurnal Manajemen dan Akuntansi. Vol. 11 No. 2, 117-124.

Downloads

Published

2022-12-01

Issue

Section

Articles