PENGARUH KEPUASAN KERJA, DISIPLIN KERJA DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA KOPERASI SARI SEDANA KABUPATEN KARANGASEM

Authors

  • Ayu Digek Sisi Irayanti Puspita Dewi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Nita Anggraini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Pande Ketut Ribek Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Kepuasan kerja, Disiplin kerja, Budaya organisasi, Kinerja karyawan

Abstract

Kinerja karyawan sangatlah diperlukan karena dengan kinerja ini akan diketahui seberapa jauh kemampuan karyawan dalam melaksanakan tugas yang dibebankan kepadanya untuk mencapai target kerja yang telah di tentukan. Kinerja dapat diketahui dan diukur jika karyawan telah mempunyai kriteria atau standar keberhasilan tolak ukur yang ditetapkan oleh perusahaan dalam mencapai tujuannya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh kepuasan kerja, disiplin kerja dan budaya organisasi terhadap kinerja karyawan pada Koperasi Sari Sedana Kabupaten Karangasem.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan pada Koperasi Sari Sedana yang berjumlah sebanyak 36 orang. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 36 responden dengan menggunakan teknik sampling total. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Koperasi Sari Sedana Kabupaten Karangasem. Disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Koperasi Sari Sedana Kabupaten Karangasem. Budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Koperasi Sari Sedana Kabupaten Karangasem. Disiplin kerja memiliki nilai koefisien Beta tertinggi yaitu sebesar 0,658. Hal ini menunjukkan bahwa dalam penelitian ini disiplin kerja memiliki pengaruh yang dominan terhadap peningkatan maupun penurunan kinerja karyawan pada Koperasi Sari Sedana Kabupaten Karangasem

References

Adiyasa, N. I. W., dan Windayanti, W. 2019. Pengaruh motivasi, kepuasan kerja, dan kepemimpinan terhadap kinerja karyawan pada PT. XYZ. Jurnal Manajemen Strategi dan Aplikasi Bisnis, 2(1), 23-30.

Afandi, Pandi. 2018. Manajemen Sumberdaya Manusia Teori Konsep dan Indikator. Pekanbaru: Zanafa Publishing.

Ainanur, A., dan Tirtayasa, S. 2018. Pengaruh Budaya Organisasi, Kompetensi dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 1(1), 1-14.

Akdon, dan Ridwan. 2013. Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Bandung: Alfabeta.

Anwar Prabu Mangkunegara. 2017. Manajemen sumber daya manusia perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. 2014. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Asmawiyah, A., Mukhtar, A., dan Nurjaya, N. 2020. Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Mirai Management, 5(2), 388-401.

Bagis, F., Pratama, B. C., dan Kharismasyah, A. Y. 2019. Pengaruh Disiplin Kerja, Komitmen Organisasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Studi Kasus Institusi Pendidikan. DERIVATIF: Jurnal Manajemen, 13(2).

Bintoro dan Daryanto. 2017. Manajemen Penilaian Kinerja Karyawan. Cetakan 1. Yogyakarta : Gava Media.

Chusminah, R. Ati Haryati. 2019. “Analisis Penilaian Kinerja Pegawai Pada Kepegawaian dan Umum Direktorat Jenderal P2P Kementerian Kesahatan.” Volume 3 No. 1 Maret 2019 P - ISSN 2550-0850 E-ISSN 2550- 0791

Damayanti, R., Hanafi, A., dan Cahyadi, A. 2018. Pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan (studi kasus karyawan non medis RS Islam Siti Khadijah Palembang) (Doctoral dissertation, Sriwijaya University).

Esthi, R. B., dan Marwah, Y. N. (2020). Kinerja karyawan: motivasi dan disiplin kerja pada pt asahi indonesia. In FORUM EKONOMI (Vol. 22, No. 1, pp. 130-137).

Filliantoni, B., Hartono, S., dan Sudarwati, S. 2019. Pengaruh Disiplin Kerja Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Mediasi Kepuasan Kerja Pada Karyawan Indomobil Nissan-Datsun Solobaru. Jurnal Ilmiah Edunomika, 3(01).

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program Pada PT. XL AXIATA Tbk. Dan PT. INDOSAT Tbk”,

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 25 Upadate PLS Regresi, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Girsang, W. S. 2019. Pengaruh Budaya Organisasi dan Komitmen Terhadap Kinerja Karyawan RS Putri Hijau No. 17 Medan. Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 4(2), 159-170.

Handoko. T. Hani. 2016. Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia.

Harahap, S. F., dan Tirtayasa, S. 2020. Pengaruh Motivasi, Disiplin, Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di PT. Angkasa Pura II (Persero) Kantor Cabang Kualanamu. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(1), 120-135.

Hasibuan, M.S.P. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi ke-19. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasibuan, Malayu S.P. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi, Cetakan 19. Jakarta : Bumi Aksara.

Indriantoro, Nur and Bambang Supomo. 2014. Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi dan Manajemen. Edisi 1. Cetakan ke-12. Yogyakarta: BPFE.

Isvandiari, A., dan Purwanto, A. 2017. Pengaruh budaya organisasi, disiplin kerja, dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan non medis rumah sakit islam malang. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(1), 38-43.

Jufrizen, Rahmadhani, K. N. 2020. Pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja pegawai dengan lingkungan kerja sebagai variabel moderasi. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Dewantara (JMD), 3(1), 66-79.

Kasmir. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik). Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Kaswan. 2015. Sikap Kerja: Dari Teori dan Implementasi Sampai Bukti. Bandung: Alfabeta

Khusnah, H. 2020. Pengaruh Spiritualitas di Tempat Kerja, Komitmen Organisasi dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan. Kompartemen: Jurnal Ilmiah Akuntansi, 17(1).

Kumarawati, N. M. R., Suparta, G., dan Yasa, P. N. S. 2017. Pengaruh Motivasi Terhadap Disiplin dan Kinerja Pegawai Pada Sekretariat Daerah Kota Denpasar. Jurnal Ekonomi dan Bisnis JAGADITHA, 4(2), 63-75.

Lusiana, H., dan Firdaus, F. 2018. Pengaruh Disiplin Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada PT. Tanjung Selatan Makmur Jaya Kalimantan Selatan). AL-ULUM: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 4(1).

Maharani, S., dan Suhardi, S. 2020. Pengaruh budaya organisasi motivasi dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada palm springs golf country club. Aksara Public, 4(1), 184-196.

Malayu S.P Hasibuan. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia. (Edisi Revisi). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Marisa, M. 2020. Pengaruh kompensasi, kepuasan kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Palembang Simpang Patal. ADL ISLAMIC ECONOMIC: Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 1(1), 1-12.

Nasir, M., Taufan, R. R., Fadhil, M., dan Syahnur, M. H. 2021. Budaya Organisasi Dan Disiplin Kerja Serta Pengaruhnya Terhadap Kinerja Karyawan. AkMen JURNAL ILMIAH, 18(1), 71-83.

Prasetyo, E. T., dan Marlina, P. 2019. Pengaruh Disiplin Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 21-30.

Priansa, Donni Juni. 2017. Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta

Priansa, Donni Juni. 2018. Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta

Ramdhani, A., dan SE, S. C. R. 2018. Pengaruh Komunikasi Dan Knerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan (Survei pada PT. Pos Indonesia Persero Wilayah Pos V Bandung) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung).

Rani, A., Kumar. 2016. A Study to Know Attitude, Knowledge and Practices about Menstrual Hygiene in School going Girls. Indian Journal of Public Health Research dan Development, 7(2).

Rivai, Veithzal dan Ella Jauvani Sagala. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Edisi Kedua. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Robbins, Stephen P. and Mary Coulter. 2016. Manajemen, Jilid 1 Edisi 13, Alih Bahasa: Bob Sabran Dan Devri Bardani P, Erlangga, Jakarta.

Robbins, Stephen P. and Mary Coulter. 2017. Manajemen, Jilid 1 Edisi 13, Alih Bahasa: Bob Sabran Dan Devri Bardani P, Erlangga, Jakarta.

Salam, Abdus. 2014. Manajemen Insani Dalam Bisnis.Yogyakarta: Pustaka Jaya.

Satedjo, A. D. 2017. Pengaruh kompensasi dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pt. modern widya tehnical cabang jayapura. Agora, 5(2).

Sedarmayanti, M.pd, APU. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Penerbit Mandar Maju, Bandung, 2017.

Simamora, Henry. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: STIEY

Sinambela. Lijan Poltak. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia: Membangun

Singodimedjo, Markum. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Surabaya: SMMAS.Sinungan, Muchdarsyah

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R dan D. Bandung : Alfabeta, CV.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R dan D. Bandung : Alfabeta, CV.

Surya, I. B. K. 2020. Pengaruh Budaya Organisasi, Quality Of Work Life Dan Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kinerja Karyawan Ni Putu Pratiwi Irmayanthi1.

Sutrisno, 2016, Manajemen Sumber Daya Manusia. Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Tim Kerja yang Solid untuk MeningkatkaSn Kinerja, Jakarta: Bumi Aksara.

Umi Wita Zahriyah. 2015. Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Malang). Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 2. No.1. Hal. 1-7.

Wibowo. 2013. Perilaku dalam Organisasi.. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. 2012. Manajemen Kinerja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Wibowo. 2017. Manajemen Kinerja. Edisi Kelima. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2022-06-27

Issue

Section

Articles