PENGARUH PENGEMBANGAN KARIR DAN KOMITMEN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. BANK NEGARA INDONESIA (Persero), Tbk. KANTOR CABANG BANGLI

Authors

  • Ida Ayu Made Laras Santika Dewi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Nengah Sudja Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Yenny Verawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Pengembangan Karir, Komitmen Kerja, Kinerja Karyawan

Abstract

program pengembangan karir, perusahaan akan meningkatkan kinerja dan produktivitas karyawan, dan meningkatkan kesempatan promosi bagi karyawan. Komitmen karyawan dapat dilihat dari bagaimana karyawan mengikuti peraturan yang telah ditetapkan dan menghasilkan kinerja yang baik sehingga tetap dipertahankan oleh perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ada tidaknya pengaruh pengembangan karir dan komitmen kerja terhadap kinerja karyawan.

Penelitian ini dilakukan pada PT. Bank Negara Indonesia Cabang Bangli. PT. Bank Negara Indonesia Cabang Bangli berlokasi di Jl. Brigjen Ngurah Rai, Kawan, Kec. Bangli – Bali. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Bank Negara Indonesi Cabang Bangli yang berjumlah 35 orang. Metode pengambilan sampel menggunakan metode sensus atau jenuh. Taknik alat analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.

 Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan karir berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, ini berarti bahwa semakin baik pengembangan karir maka kinerja karyawan pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk. Kantor Cabang Bangli juga akan meningkat. Serta komitmen kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, ini berarti semakin baik komitmen kerja maka kinerja karyawan pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk. Kantor Cabang Bangli juga akan meningkat.

References

Ali. 2012. Analisis pengaruh pengembangan karir organisasi tehadap komitmen karyawan pada kantor pusat PT Bank Sulselbar Kota Makasar. Jurnal. Hal 13-30.

Ardana, I Komang, dkk. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu

Bangun, Wilson. 2012. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Bandung: Alfabeta.

Efriyaningsih, Meina Eka. 2017. Pengaruh Pengembangan Karir dan Komitmen Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT. Bank BRI Kantor Cabang Teluk Betung Kota Bandar Lampung. Skripsi. Lampung : Universitas Lampung

Fahmi, Irham. 2014. Manajemen Kinerja Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta

Handoko, Hani, 2012, Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: BPFE, p. 131.

Ivancevich, J. M. et al. 2011. Perilaku dan Manajemen Organisasi. Erlangga: Jakarta

Marbun dkk. 2017. Kamus Manajemen. Jakarta: Media Pustaka

Robbins, S. P. dan M. Coulter. 2012. Manajemen. Edisi Kesepuluh. Erlangga. Jakarta.

Sedarmayanti, 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia, Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung; PT. Refika Aditama.

Shintia, Afni. Pengaruh Kompensasi dan Komitmen Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di PT. Pandawa Karya Palembang. Diss. 021008 Universitas Tridinanti Palembang, 2020.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, D. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: CAPS.

Sutoro, Moh. "Pengaruh Pengembangan Karir terhadap Kinerja Karyawan pada PT. BCA Finance Jakarta." Jurnal Ekonomi Efektif 2.1 (2019).

Downloads

Published

2022-12-01

Issue

Section

Articles