PENGARUH KARAKTERISTIK INDIVIDU, KARAKTERISTIK PEKERJAAN DAN LINGKUNGAN KERJA FISIK TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI PT GARUDA INDONESIA DENPASAR

Authors

  • Ni Wayan Erina Gustini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Sujana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Nyoman Ari Novarini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Karakteristik Individu, Karakteristik Pekerjaan, Lingkungan Kerja Fisik, Kinerja Karyawan

Abstract

Kinerja adalah hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik individu, karakteristik pekerjaan dan lingkungan kerja fisik terhadap kinerja karyawan PT. Garuda Indonesia Denpasar. Populasi dan sampel yang diambil adalah 35 karyawan, dengan metode penentuan sampel menggunakan teknik sensus atau sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda, analisis determinasi uji F, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik individu, karakteristik pekerjaan dan lingkungan kerja fisik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan PT. Garuda Indonesia Denpasar. Penelitian selanjutnya dapat mengembangkan penelitian ini dengan menggunakan variabel lain yang secara teori memiliki pengaruh terhadap kinerja karyawan.

References

Arianto, D.A.N. 2013. Pengaruh Kedisiplinan, Lingkungan Kerja Dan Budaya Kerja Terhadap Kinerja Tenaga Pengajar. Jurnal Economia, Volume 9, Nomor 2, Oktober 2013, Hal:191-200

Astuti, Y. 2019. Pengaruh Karakteristik Individu dan Karakteristik Pekerjaan Terhadap Kinerja Pegawai di Sekretariat DPRD Kabupaten Deli Serdang.

Fatmah, D. 2017. Pengaruh Karakteristik Pekerjaan dan Kompetensi Karyawan terhadap Kinerja Karyawan pada CV. Percetakan Fajar Mojokerto. Jurnal Samudra Ekonomi dan Bisnis, 8(2), 700-709.

Handoko, T. Hani. 2012. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta. BPFE

Hariandja, 2012, Manajemen Sumber Daya Manusia, Gramedia Widiasarana, Jakarta.

Hasibuan, Malayu S.P, 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Askara.

Hasibuan, Malayu Sp. 2012. Manajemen SDM. Edisi Revisi, Cetakan Ke Tigabelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Herianus Peoni (2014), Pengaruh Karakteristik Individu Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada PT. Taspen (Persero) Cabang Manado)

Herman, Aguinis. 2014. Performance Management. United States of America: Pearson.

Ilham, M. 2019. Pengaruh Disiplin Kerja dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 7(2).

Locke, E.A., & Latham, G.P. (2013) New Development in Goal Setting and Task Perfomance. New York, NY : Routledge

Mangkunegara, AA. Anwar Prabu. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung : Remaja Rosdakarya

Manullang, M (2012) Manajemen Sumber Daya Manusia. Ghalia Indonesia. Jakarta.

Nawawi, 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia: Untuk Bisnis Yang Kompetitif. Yogyakarta: Gajahmada University Press

Priyono, B. H., Qomariah, N., & Winahyu, P. 2018. Pengaruh gaya kepemimpinan, motivasi guru dan lingkungan kerja fisik terhadap kinerja guru SMAN 1 Tanggul Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 4(2), 144-160.

Rahmawati, Nela Pima. dkk. 2014. Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Utara). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 8 No. 2.

Ramdhani, D. A., & Sridadi, A. R. (2019). Pengaruh Karakteristik Pekerjaan dan Karakteristik Individu Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Motivasi Kerja Sebagai Variabel Mediasi pada Unit Bisnis Commercial Banking Bank Y Surabaya. Competence: Journal of Management Studies, 13(2), 73-98.

Robbins. Stephen P. 2013. Perilaku Organisasi. Salemba Empat Edisi 16

Robbins, Stephen P & Judge, Timothy A. 2013. Organizational Behavior Edition 15. New Jersey: Pearson Education

Sagay, I. F. P., Tewal, B., & Sendow, G. 2018. Pengaruh Iklim Organisasi, Lingkungan Kerja Fisik, dan Etos Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Pelabuhan Indonesia IV (PERSERO) Terminal Petikemas Bitung. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6(3).

Salistera, Sinta Yulis (2013). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan pada Production Plant PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk Cireureup. Jurnal Pendidikan Ekonomi.

Sari, S. D. 2015. Pengaruh Karakteristik Individu Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Sentra Industri Kerajinan Kulit Di Manding Kabupaten Bantul Yogyakarta. Universitas PGRI Universitas.

Sedarmayanti. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil, Cetakan Kelima, PT Refika Aditama, Bandung.

Siagian, Sondang P. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara. Jakarta.

Siagian, Sondang P. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara.

Wangi, V. K. N. 2020. Dampak Kesehatan Dan Keselamatan Kerja, Beban Kerja, Dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Kinerja. Jurnal Manajemen Bisnis, 7(1), 40-50.

Wibowo. (2011). Manajemen Kinerja. Edisi Ketiga. Jakarta: PT Raja Grafindo Persad

Downloads

Published

2022-10-17

Issue

Section

Articles