PENGARUH MOTIVASI DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA CAFE KREME SEMINYAK

Authors

  • Kadek Heri Ariawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Anak Agung Dwi Widyani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Daniel Manek Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Kinerja karyawan, motivasi, kepuasan kerja

Abstract

ABSTRAK

Kinerja karyawan adalah keseluruhan aktivitas dan prilaku karyawan dalam melaksanakan tugas, peran dan tanggung jawabnya dalam rangka memperoleh hasil kerja sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan yaitu motivasi dan kepuasan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kembali pengaruh motivasi dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan pada Cafe Kreme Seminyak.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan Cafe Kreme yang berjumlah 50 orang. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan rumus slovin. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 33 orang karyawan sebagai responden. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, serta penyebaran kuesioner. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda dengan alat analisis SPSS version 20 for windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, dan variabel kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Variabel motivasi dan kepuasan kerja secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja karyawan.

References

Anak Agung Dwi Widyani (2019) Peran Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt Nusantara Surya Sakti Bangli.

Asmawiyah Volume 5 No.2 2020 Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan

Garry Surya Changgriawan Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di One Way Production Agora Vol. 5, No. 3, (2017)

Hanafi, B. D., & Yohana, C. (2017). Pengaruh Motivasi, Dan Lingkungan Kerja, Terhadap Kinerja Karyawan, Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediasi Pada Pt Bni Lifeinsurance. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 5(1), 73-89.

Hasibuan, P.S. Malayu. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit: PT. Bumi Aksara

Jufrizen - Jurnal Ilmiah Kohesi, 2017 Pengaruh Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening.

Lidia Lusri Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediasi Pada Karyawan Pt. Borwita Citra Prima Surabaya Vol 5, No 1 (2017)

Natalia Susanto Vol 7, No 1 (2019) Pengaruh Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Divisi Penjualan Pt Rembaka.

Nopi Oktavianti Pengaruh Motivasi dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Kerja Karyawan PT. DEW Indonesia Vol 3, No 2 (2020).

Nurcahyani, Ni Made; Adnyani, I.G.A. Dewi. Pengaruh Kompensasi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 5, n. 1, jan. 2016. ISSN 2302-8912.

Sandhi Fialy Harahap Vol 3, No 1 (2020) Pengaruh Motivasi, Disiplin, Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di PT. Angkasa Pura II (Persero) Kantor Cabang Kualanamu.

Winarsih Vol 6, No 2 (2018) Pengaruh Motivasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Bank Kalsel Syariah Kandangan)

Downloads

Published

2022-10-17

Issue

Section

Articles