PENGARUH KEMAMPUAN KERJA, DISIPLIN DAN EFEKTIFITAS TERHADAP KINERJA KARYAWAN (STUDI KASUS PADA KANTOR DPRD BALI)

Authors

  • Ni Putu Widya Wahyuni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Sujana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Nyoman Ari Novarini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

kemampuan kerja, disiplin, efektifitas, kinerja karyawan

Abstract

Kinerja merupakan hasil kerja yang dapat dicapai oleh seseorang atau sekelompok orang dalam suatu organisasi, sesuai dengan wewenang dan tanggungjawab masing-masing dalam rangka upaya mencapai tujuan organisasi bersangkutan secara legal, tidak melanggar hukum dan sesuai denga moral maupun etika. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan yaitu kemampuan kerja, disiplin kerja, dan efektifitas kerja . Penelitian ini dilakukan Untuk mengetahui pengaruh kemampuan kerja, disiplin kerja dan efektifitas kerja terhadap kinerja karyawan. Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan kerja pegawai dan tunjangan kesejahteraan terhadap kinerja pegawai pada Kantor DPRD Bali. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai di Kantor DPRD Bali yang berjumlah 100 orang. Teknik penentuan sampel penelitian pada Kantor DPRD Bali menggunakan teknik sampling jenuh, sampel dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai pada Kantor DPRD Bali yang berjumlah 100 orang pegawai.Hasil dari penelitian ini menunjukan kemampuan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada bagian keuangan Kantor DPRD Bali, disiplin berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada bagian keuangan Kantor DPRD Bal, efektivitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada bagian keuangan Kantor DPRD Bali. Hal ini berarti semakin baik efektivitas kerja maka akan meningkatkan kinerja karyawan.

References

Mangkunegara , A.A. Anwar Prabu. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Marwansyah. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.

Danim, Sudarwan. 2012. Motivasi Kepemimpinan dan Efektivitas Kelompok, Edisi 2. Jakarta: PT Rineka Cipta Utama.

Kriyantono, R. 2017. Teori-Teori Public Relations Perspektif Barat & Lokal: Aplikasi Penelitian dan Praktik. Jakarta: Kencana.

Robbins, P. Stephen & Coutler, Mary. 2016, Human Resources Management, Edisi 16, Jilid 1, Salemba Empat, Jakarta.

Soelaiman, 2007. Manajemen Kinerja; Langkah Efektif untuk Membangun, Mengendalikan dan Evaluasi Kerja, Cetakan Kedua, Jakarta: PT. Intermedia Personalia Utama.

Wibowo, Adi Bangun, 2015. Pengaruh Suasana Toko, Promosi, dan Lokasi Terhadap Minat Beli di Planet Distro Kota Banjarmasin.

Richard M. Steers, 2015, Efektivitas Organisasi, Jakarta: Erlangga.

Masram, 2017. Manajemen Sumber Daya Profesional. Sidoarjo: Zifatama Publisher.

Raharjo, Paramita & Warso. 2016. Pengaruh Kemampuan Kerja, Pengalaman dan Pelatihan Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Dengan Kompetensi Kerja Sebagai Variabel Intervening (studi kasus pada KUD “PATI KOTA” Kabupaten Pati). Journal Of Management, Vol.2 No.2.

Hasibuan, Malayu S.P, 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Askara.

Mathis dan Jackson, 2015, Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi 9, dialihbahasakan oleh Jimmy Sadeli dan Bayu Prawira Hie, Salemba Empat, Jakarta.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Juniarti, Risti.2020. Pengaruh Disiplin Kerja Dan Deskripsi Pekerjaan Terhadap Kinerja Karyawan Pada Bank Syariah Mandiri Kc Prabumulih. Diploma thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

Nelso. 2020. Pengaruh Efektifitas Kerja terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Bisnis, Vol.5, No.1.

Fadhilah, Diah Nur. 2021. Pengaruh Efektivitas Pelatihan, Disiplin Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di Ud Karya Jati Jombang (Studi Pada Karyawan Bagian Produksi Unit 2). Other thesis, STIE PGRI Dewantara Jombang.

Tia Komala, 2019. Pengaruh Kemampuan Kerja, Disiplin Kerja Dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Bagian Sopir Bus Di Pt. Primajasa Bandung. Skripsi, Perpustakaan FEB Unpas.

Ndira, Restu Agustin (2018) Analisis Pengaruh Disiplin Kerja, Kemampuan Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada Perusahaan Bongkar Muat Pt. Sinar Trans Global Semarang). Skripsi. Universitas Maritim Amni.

Riza Nurul Awaliyah, 2019. Pengaruh Kemampuan Individu, Motivasi Kerja, Disiplin Kerja, Dan Loyalitas Terhadap Kinerja Karyawan Pengolahan Kopi Di Wisata Keboen Kopi Karanganyar Kabupaten Blitar.Skripsi. UIN Satu Tulungagung.

Khairunnisa Maudita Jasmine. 2020. Pengaruh Kompetensi dan Disiplin Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Bidang Kekaryawanan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Barat). Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

Rizky, Irnando and Herawati, Herawati and Daniati, Putri. 2020. Pengaruh Efektivitas Sistem Informasi Akuntansi, Motivasi Kerja, Disiplin Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Suatu Studi Pada Koperasi Jasa Keuangan Syariah di Kota Padang). UNSPECIFIED thesis, Universitas Bung Hatta.

Downloads

Published

2022-09-03

Issue

Section

Articles