PENGARUH BEBAN KERJA DAN BURNOUT TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT, DESA, KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL PROVINSI BALI

Authors

  • Putu Ayu Indah Angreni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Sujana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Nyoman Ari Novarini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Kinerja Pegawai, Beban Kerja, Burnout

Abstract

Sumber daya manusia memiliki peran yang sangat penting dalam berbagai kegiatan untuk mencapai tujuan dan perkembangan pada suatu organisasi. Untuk keberlangsungan suatu perusahaan atau organisasi maka kinerja pegawai yang baik sangat diperlukan. Berdasarkan hasil penelitian sebelumnya dan fenomena di lapangan tentang kinerja pegawai yang belum maksimal diketahui bahwa faktor yang mempengaruhi kinerja pegawai adalah beban kerja dan burnout. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memperoleh bukti empiris pengaruh Beban Kerja dan Burnout terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kependudukan Dan Catatan Sipil Provinsi Bali. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pegawai pada Dinas Pemberdayan Masyarakat, Desa, Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Bali yang berjumlah sebanyak 143 orang. Dalam menentukan jumlah sampel peneliti menggunakan Sampel Acak (Random Sampling), dengan rumus Slovin sehingga sampel yang diperoleh adalah 59 orang pegawai pada Dinas Pemberdayan Masyarakat, Desa, Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Bali. Alat analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah Analisis Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Beban Kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Kinerja Pegawai begitu juga dengan Burnout berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Bali.

References

Aan Komariah, Djam’an Satori, 2011, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung, Alfabeta.

Adnyaswari, Adinda dan Adnyani, Dewi. 2017. Pengaruh Dukungan Sosial Dan Burnout Terhadap Kinerja Perawat Rawat Inap Rsup Sanglah. E-Jurnal Manajemen Unud. Vol. 6, No. 5, 2017: 2474-2500.

Afandi, P. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Riau: Zanafa Publishing.

Andra Tersiana. 2018. Metode Penelitian. Penerbit Yogyakarta. Yogyakarta

Apriana. 2020. Pengaruh Beban Kerja Dan Burnout Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening (StudiKasus Pada Pegawai Dinas Pemberdayan Masyarakat dan Desa Kabupaten Rembang). Jurnal Manajemen. Universitas Muria Kudus.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipata

Arikunto, S. 2018. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bagiada, Surya dan Netra, Ketut. 2019. Pengaruh Stres Kerja, Burnout Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Perawat Rsd Mangusada Kabupaten Badung. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana : 493-524.

Dessler, Gary. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jilid 1 Edisi 10, Alih Bahasa: Paramita Rahay, (2016). Jakarta: Indeks.

Donni Juni Priansa. 2017. Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Media Sosial. Bandung: CV Pustaka Setia.

Edy Sutrisno, 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetak Ke Enam. Pranada Media Group, Jakarta.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8), Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hamizar, Arizal. 2011. Pengaruh Beban Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Studi Kasus pada BPS Maluku. AMAL: Journal of Islamic Economic And Business (JIEB). Vol. 02, No. 01.

Husein Umar. 2013. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta: Rajawali.

Joko Subagyo. 2011. Metode Penelitian Dalam Teori Dan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

L. Mathis, Robert & H. Jackson, John. 2011. Human Resource Management (edisi 10). Jakarta: Salemba Empat.

Minarsih, Maria. 2018. Pengaruh kejenuhan, pemberian insentif financial dan pemberian insentif non financial terhadap kinerja karyawan cv. Duta prima semarang. Jurnal Manajemen. Universitas Pandanaran Semarang.

Moeheriono. 2012. “Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi”. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Munandar, Ashar S. 2014. Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press).

Pramudia, Alif dkk. 2019. Pengaruh beban kerja dan konflik kerja terhadap kinerja Karyawan pada bank syariah mandiri cabang kendari. Jurnal manajemen dan kewirausahaan. Volume 11.

Putra, A. S. 2012. Analisis Pengaruh Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Divisi Marketing dan Kredit PT. WOM Finance Cabang Depok.Skripsi.Institut Pertanian Bogor.

Rolos, Jeky dkk. 2018. Pengaruh Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Asuransi Jiwasraya Cabang Manado Kota. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 6 No. 4 Tahun 2018.

Santoso, Singgih. 2012. Panduan Lengkap SPSS Versi 20. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Soleman, Aminah. 2011. Analisis Beban Kerja Ditinjau Dari Faktor Usia Dengan Pendekatan Recommended Weiht Limit (Studi Kasus Mahasiswa Unpatti Poka). Jurnal Arika, Vol. 05 No. 02 (Agustus 2011). ISSN: 1978-1105.

Sugiharjo, Joko dan Aldata, Friska. 2018. Pengaruh beban kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja Karyawan bpjs ketenagakerjaan cabang salemba. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis, Volume 4, No. 1, Maret 2018: 128-137.

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif”. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, Danang. 2016. Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung: PT Refika Aditama.

Supriyati. 2011. Metodologi Penelitian. Bandung: Labkat press.

Wahjono, Sentot Imam. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta Selatan: Salemba Empat.

Wibowo. 2011. Manajemen kinerja. jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Widajanti, Erni dkk. 2020. Pengaruh Burnout Dan Konflik Kerja Terhadap Kinerja Dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Moderasi Pada Perawat Rsud Dr Moewardi Surakarta. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia. Vol. 14 Edisi Khusus 132 Maret 2020: 132 – 142.

Yosanti, Febrisa dan Kasmita. 2020. Pengaruh Burnout Terhadap Kinerja Karyawan Hotel Crowne Plaza Bandung. Jurnal Kajian Pariwisata dan Bisnis Perhotelan. Universitas Negeri Padang.

Downloads

Published

2022-08-15

Issue

Section

Articles