PENGARUH BEBAN KERJA, DISIPLIN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR KECAMATAN BLAHBATUH GIANYAR

Authors

  • Ni Wayan Murnia Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Wayan Eka Mitariani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ayu Imbayani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Beban Kerja, Disiplin Kerja, Komitmen Organisasi, Kinerja Pegawai

Abstract

Sebuah perusahaan bisa berkembang dengan sangat pesat apabila di dalamnya memilik banyak sumber daya manusia yang berkompeten di bidangnya, sebaliknya apabila sumber daya manusia yang bekerja di sebuah institusi atau perusahaan itu tidak berkualitas maka perkembangan institusi atau perusahaan tersebut juga akan terhambat. Pengelolaan sumber daya manusia yang baik dapat berperan untuk meningkatkan kinerja pegawai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh beban kerja, disiplin kerja dan komitmen organisasi terhadap kinerja pegawai pada Kantor Kecamatan Blahbatuh Gianyar.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai Kantor Kecamatan Blahbatuh Gianyar yang berjumlah 35 pegawai. Teknik pengambilan sampel yaitu metode sampel jenuh, sehingga jumlah sampelnya adalah 35 pegawai. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa beban kerja berpengaruh negatif dan signifikanterhadapkinerja pegawai, yang artinya semakin tinggibeban kerja yang dirasakan oleh pegawaimaka kinerja pegawai semakin menurun. Disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadapkinerja pegawai, yang berarti semakin tinggi disiplin kerja makakinerja pegawai semakin tinggi. Komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadapkinerja pegawai, yang berarti semakin tinggi komitmen organisasi maka kinerja pegawai semakin tinggi. Bagi peneliti selanjutnya disarankan serta diharapkan memperluas objek penelitian sehinga memberikan suatu pandangan yan lebih serta mampu diimplementasikan secara umum.

References

Artadi, Febri Furqon. 2015. Pengaruh Kepuasan Kerja dan Beban Kerja terhadap Kinerja karyawan pada PT. Merapi Agung Lestari. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Darsono, P., & Siswandoko, T. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia Abad 21. Jakarta: Nusantara Consulting.

Dhania, D. R. 2012. Pengaruh Stres Kerja, Beban Kerja, terhadap kepuasan Kerja. Jurnal Psikologi: Pitutur, 1(1), 15-23.

Mangkunegara. 2011. Manajemen Sumber Daya Perusahaan. PT. Remaja Rosdakarya Bandung.

Nimpuno, G. A. 2015. Pengaruh Disiplin Kerja dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan UD. Pustaka Pelajar Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Nurlela, N., & Suprapto, H. 2014. Identifikasi Dan Analisis Manajemen Risiko

Pebrianti, W. 2016. Web attractiveness, hedonic shopping value and online buying decision. Pertanika International Journal of Economic and Management (IJEM), 10, 123-134

Putri, F. N., & Pradana, M. 2021. Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Divisi Keuangan PT. Gracia Pharmindo. eProceedings of Management, 8(4).

Ramandei, P. 2009. Pengaruh Karakteristik Sasaran Anggaran Dan Sistem Pengendalian Intern Terhadap Kinerja Manajerial Aparat Pemerintah Daerah (Studi Empiris Pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Kota Jayapura)

Robbins, P. 2011. Political ecology: A critical introduction (Vol. 16). John Wiley & Sons

Sidanti, H. 2015. pengaruh lingkungan kerja, disiplin kerja dan motivasi Kerja terhadap kinerja pegawai negeri sipil di Sekretariat DPRD kabupaten madiun. Jurnal Jibeka, 9(1), 44-53

Yudiningsih, N. M. D., Yudiaatmaja, F., Yulianthini, N. N., & SE, M. (2016). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Manajemen Indonesia, 4(1).

Downloads

Published

2022-12-01

Issue

Section

Articles