PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KOMUNIKASI DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PERUSAHAAN BURGER KING WEST GATSU BALI

Authors

  • Ni Kadek Astuti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Ketut Setia Sapta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gede Rihayana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Kepemimpinan Transformasional, Komunikasi, Kompetensi, Kinerja Karyawan

Abstract

Sumber daya manusia merupakan faktor penting dalam sebuah organisasi. Setiap organisasi juga akan selalu meningkatkan kualitas sumber dayanya agar kinerjanya memuaskan. Peningkatan kualitas tersebut juga merupakan salah satu upaya untuk menjadikan karyawan lebih termotivasi dan jelas arah tujuan yang ingin dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap kinerja karyawan pada Perusahaan Burger King West Gatsu Bali serta untuk mengetahui pengaruh komunikasi terhadap kinerja karyawan pada Perusahaan Burger King West Gatsu Bali dan untuk mengetahui pengaruh kompetensi terhadap kinerja karyawan pada Perusahaan Burger King West Gatsu Bali. Metode pengumpulan data penelitian dilakukan melalui penyebaran kuesioner yang menggunakan lima poin skala likert sebagai alat ukur.

Populasi penelitian ini adalah seluruh karyawan pada Perusahaan Burger King West Gatsu Bali dengan jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 36 orang. Pengumpulan sampel dilakukan dengan teknik sampel jenuh. Kemudian data dianalisis menggunakan teknik analisis regresi linier berganda menggunakan program pengolahan data SPSS for Windows.

Hasil menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Perusahaan Burger King West Gatsu Bali, serta komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Perusahaan Burger King West Gatsu Bali, Sedangkan Kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Perusahaan Burger King West Gatsu Bali.

References

Adiyanti 2015. Pengaruh Kompetensi dan Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kinerja Karyawan SDM Pada Organisasi Perangkat Daerah. Kota Sukabumi.

Bagia I Wayan. 2016. Pengaruh Kompetensi Dan Budaya Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Hotel Adirama. Skripsi. Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Desy. 2016. Pengaruh Komunikasi dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Intitractors, Samarinda. Skripsi. FakultasI lmus Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gorda, 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Denpasar: Astabrata Bali bekerjasama dengan STIE Satya Dharma Singaraja.

Goris, Jose R. 2016. Effects of Satisfaction with Communication on The Relationship Between Individul Job Congruence and Job Performance/Satisfaction. Journal of Management Development School of Business, Andrews Universiry. Berriens Springs, Michigan. USA, 26 (8), pp:737-752

Gufrey, 2011:15. Essential of Business Communication. Amazon Press.

Husnan Moch. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia, CV Mandiri Maju Bandung.

Indriyani, Enah 2018. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Kompetensi dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Wijaya Karya Beton Di Gempol Pasuruan, Undergraduate Thesis. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Luthans, Fred. 2012. Perilaku Organisasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Manullang, M.2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bagian Penerbitan Fakultas Ekonomi Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Manullang. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Citapustaka Media Perintis.

Mathis dan Jackson, 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi 9, dialih bahasakan oleh Jimmy Sadeli dan Bayu Prawira Hie, Salemba Empat, Jakarta.

Namawi Hadari. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk bisnis yang kompetitif, Gajah Mada University Fress, Yogyakarta.

Ningrum, N. M. 2014. Pengaruh Komunikasi, Promosi Jabatan Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Di Astra Credit Companies (ACC) Cabang Kediri. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Nitisemito, 2016, Manajemen personalia Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Ketiga. Ghalia Indonesia, Jakarta.

Oktora dkk 2015. Pengaruh Kompetensi dan Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kinerja Karyawan PT Sanjayatama Lestari.

Robbins, P. Sthepen& Judge, Timothy A. 2017, Organizational Behaviour, Edisi 13, Jilid 1, Salemba Empat, Jakarta.

Sanjaya. 2011. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan Hotel Danthi Bali, Skirpsi. Fakultas Ekonomi dan Bisins Unversitas Udayana.

Suginten. 2012. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan LPD Led Studio Silver Desnand Manufakture Kuta Badung. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisins Unversitas Udayana.

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, Edy. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Kencana Prenada Media Grup. Jakarta.

Untari. 2019. Pengaruh Kompetensi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada CV Buana Mas Jaya Surabaya. Skripsi. Universitas Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya.

Utami, S. S. Dan A. Hartanto. 2010. Pengaruh Kepemimpinan Motivasi, Komunikasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Kecamatan Jumantono Kabupaten Karanganyar. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Vol. 4(1), hal. 58-67.

Wirawan. 2015. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia (Teori, Aplikasi, dan Penelitian). Jakarta: Salemba Empat.

Downloads

Published

2022-08-15

Issue

Section

Articles