PENGARUH KEPEMIMPINAN, KOMUNIKASI DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. WANGI BALI

Authors

  • Agatha Josie Pinta Putri Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Nita Anggraini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Pande Ketut Ribek Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Kepemimpinan, Komunikasi, Kompetensi, Kinerja Karyawan

Abstract

Kinerja mempunyai makna yang lebih luas, bukan menyatakan hasil kerja tetapi juga bagaimana proses kerja berlangsung. Meningkatnya kinerja karyawan dipengaruhi oleh beberapa faktor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan, komunikasi dan kompetensi terhadap kinerja karyawan pada PT. Wangi Bali. Penelitian ini dilakukan di PT. Wangi Bali dengan total sampel sebanyak 35 orang karyawan. Metode penentuan sampel pada penelitian ini adalah metode sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah análisis regresi linier melalui program SPSS versi 26. Bedasarkan hasil analisis, penelitian ini menunjukan bahwa kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Wangi Bali. Semakin baik kepemimpinan yang ada pada PT. Wangi Bali maka semakin baik pula kinerja karyawan. Komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Wangi Bali. Semakin meningkat komunikasi yang ada di PT. Wangi Bali maka kinerja karyawan akan semakin meningkat. Komunikasi memiliki pengaruh yang dominan terhadap peningkatan maupun penurunan kinerja karyawan pada PT. Wangi Bali. Kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Wangi Bali. Semakin meningkat kompetensi yang ada di PT. Wangi Bali maka kinerja karyawan akan semakin meningkat.

References

Kompetensi Dan

Agustinah, E., Naser, J. A., & Mulyono, S. 2020. Pengaruh Kompetensi, Budaya Organisasi, Motivasi Kerja, Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Kepuasan Kerja Pada UKM Batik Tulis Di Malang Raya. Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 21(1), 30-40.

Arsanti, T. A, 2009. Hubungan Antara Penetapan Tujuan, Self-Efficacy Terhadap Kinerja: Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE), Hal. 97 – 110, Vol. 16, No.2

Krisnandi, H., & Saputra, N. A. 2021. Kompetensi, Komunikasi, Kedisiplinan, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Oikonomia: Jurnal Manajemen, 17(1), 13-26.

Locke, E.A., & Latham, G.P. 2013. New Developments in Goal Setting and Task

Performance. New York, NY: Routledge.

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia

Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Palupi, D. A. P. 2021. Pengaruh Kepemimpinan, Disiplin Kerja, Dan Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, 15(2), 113-119.

Priansa, Donni Juni. 2017. Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Media Sosial. Bandung: CV Pustaka Setia.

Rachmania, dkk. 2015. Perancangan Karakteristik Dan Skala Pengukuran Kompetensi Karyawan Bidang Machinery Pada Bidang Keahlian Electrical PT Dirgahayu Indonesia Dengan Metode Seci. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 1.

Riyanda, Muhammad. 2017. Pengaruh Kompetensi Dan Disiplin Kerja Terhadap

Kinerja Pegawai Pada Dinas Perizinan Kota Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Robbins, Stephen. 2015. Perilaku Organisasi. Penerbit Salemba Empat, Jakarta

Rosmaini, R., & Tanjung, H. 2019. Pengaruh Kompetensi, Motivasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(1), 1-15.

Srimindarti, C., dan Puspitasari, E., 2012, Kinerja Sistem Informasi Akuntansi (SIA) Ditinjau dari Kepuasan Pemakai dan Pemakaian SIA yang Dipengaruhi oleh Partisipasi, Ke mampuan, Pelatihan dan Pendidikan Pemakai SIA. Proceeding for Call Paper-Pekan Ilmiah Dosen FEB-UKSW, 14 Desember 2012, FEB UKSW Salatiga.

Sutrisno. 2012. Manajemen Keuangan Teori, Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta:

Ekonisia.

Syafruddin, S., Intang, S. N., & Selvia, S. 2021. Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan Stikes Salewangang Maros. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 6(1), 1-12.

Thoha, Miftah. 2012. Prilaku Organisasi Konsep Dasar dan Implikasinya.

Jakarta: Rajawali Pers

Wahyuni, L. 2009. Pengaruh Komunikasi Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Akuntansi Dengan Komitmen Organisasi Dan Tekanan Pekerjaan Sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris pada Perusahaan BUMN di Provinsi Sumatera Barat). Skripsi. Diponegoro University

Wibowo. 2012. Manajemen Kinerja (Edisi Ke 3). Jakarta: Rajawali Pers.

Downloads

Published

2022-06-27

Issue

Section

Articles