PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, KOMUNIKASI DAN PELATIHAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PUSKESMAS ABIANSEMAL I DI BLAHKIUH KABUPATEN BADUNG

Authors

  • Ni Putu Lindya Dewi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Nengah Landra Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ary Wira Andika Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Kepemimpinan Transformasional, Komunikasi, Pelatihan, Kinerja Karyawan

Abstract

Kinerja yang baik akan selalu mencerminkan rasa tanggung jawab yang besar dalam setiap tugas-tugas yang diberikan oleh perusahaan, maka dalam hal ini dinyatakan kinerja karyawan dapat mendorong semangat para karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional, komunikasi dan pelatihan terhadap kinerja karyawan pada Puskesmas Abiansemal I di Blahkiuh Kabupaten Badung. Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Abiansemal I di Blahkiuh Kabupaten Badung dengan menggunakan populasi dan sampel yang berjumlah 45 karyawan. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode sampling jenuh atau metode sensus. Pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda yang diolah menggunakan software SPSS versi 23. Bedasarkan hasil analisis, penelitian ini menunjukan kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Pelatihan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Hal ini berarti bahwa semakin baik kepemimpinan transformasional, komunikasi dan pelatihan maka kinerja karyawan pada Puskesmas Abiansemal I di Kabupaten Badung akan meningkat.

References

Azwar, S. 2018. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta, Indonesia: Pustaka Pelajar.

Danim, Sudarwan. 2014. Motivasi Kepemimpinan & Efektivitas Kelompok.

Jakarta: PT Rineka Cipta.

Handoko, T. Hani. 2016. Manajemen. Yogyakarta: BPFE

Hermawan, R., & Kuyeni, R. 2020. Pengaruh Komunikasi, Lingkungan Kerja, dan Kompetensi terhadap Kinerja Pegawai. Management and Accounting Expose, 3(2), Hal: 113-119.

Ilyas, Yaslis. 2016. Kinerja, Teori, Penilaian dan Pelatihan. Jawa barat: Fakultas Kesehatan Masyarakat UI.

Jufrizen, J., & Lubis, A. S. P. 2020. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Kepemimpinan Transaksional terhadap Kinerja Pegawai Dengan Locus of Control Sebagai Variabel Moderating. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(1), 41-59.

Kartini, T. M. 2021. Pengaruh Komunikasi Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Pelita Ilmu, 14(02), 58-67.

Kasmir. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik). Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Mahennoko, Anandhika Angga. 2016. Pengaruh Motivasi Kerja dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Bidang Keuangan Pada Pemerintah Daerah Kabupaten Demak. Skripsi. Universitas Diponegoro.

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Manullang, J. F., & Noor, M. I. 2020. Pengaruh Pelatihan Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karywan PT. Jasa Marga Di Gerbang Tol Cikampek Utama. Jurnal Ekonomi dan Industri, 21(3).

Nurhuda, A., Sardjono, S., & Purnamasari, W. 2020. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional, Disiplin Kerja, Lingkungan Kerja Terhadap Motivasi Dan Kinerja Karyawan Rumah Sakit Anwar Medika Jl. Raya Bypass Krian Km. 33 Balongbendo–Sidoarjo. iqtishadEQUITY, Vol. 1, No 1

Pakpahan, E. S. 2016. Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Pada Badan Kepegawaian Daerah Kota Malang). Jurnal Administrasi Publik, 2(1).

Prahesti, D., Riana, I., & Wibawa, I. 2017. Pengaruh Kepimpinan Transformasional terhadap Kinerja Karyawan dengan OCB sebagai Variabel Mediasi. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 6(7).

Raflianto, Z. F., & Laily, N. 2020. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Bnn Kota Surabaya). Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM). 9(3), Hal: 1-17.

Rahmawati, Aulia Hani. 2018. Pengaruh Disiplin Kerja dan Kemampuan

Kerja Terhadap prestasi kerja Karyawan (Studi pada Pegawai Kantor

Pusat PT Pelabuhan Indonesia III Persero Surabaya). Jurnal

Administrasi Bisnis (JAB), Vol.6 No.2.

Rivai, Veithzal dan Sagala, Ella Jauvani. 2016. Manajemen Sumber Daya

Manusia untuk Perusahaan dari Teori ke Praktik. Jakarta: PT Raja

Grafindo.

Robbins, Stephen P., Timothy A. Judge. 2016. Perilaku Organisasi Edisi 16.

Jakarta: Salemba Empat.

Sari, R. W. 2019. Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Komunikasi Terhadap Kinerja Di Bumn Pt. Inhutani Iv Kab. Pasaman. Jurnal Menara Ekonomi: Penelitian dan Kajian Ilmiah dang Ekonomi, 5(3).

Sarumaha, D. 2020. Pengaruh Komunikasi Dan Fasilitas Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Osi Electronics. Rekaman: Riset Ekonomi Bidang Akuntansi dan Manajemen, 4(2), 395-405.

Septyandi, C. B., & Susanto, E. 2020. Pengaruh Pelatihan dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas XYZ. Jurnal Bisnisman: Riset Bisnis dan Manajemen, 2(2), 36-46.

Shinta, D., & Siagian, M. 2020. Pengaruh Komunikasi, Disiplin Kerja, dan Insentif Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Citra Mandiri Distribusindo. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 8(2), 338-346.

Suharsono. & Lukas Dwiantara. 2016. Komunikasi Bisnis (Peran Komunikasi Interpersonal Dalam Aktivitas Bisnis). Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service)

Widodo. 2015. Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Wulandari, E. 2020. Pengaruh Pelatihan Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Usaha Kiat Permata Di Batam. Rekaman: Riset Ekonomi Bidang Akuntansi dan Manajemen, 4(2), 417-427.

Yanti, D. A. W., & Mursidi, M. 2021. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen Strategi dan Aplikasi Bisnis, 4(1), 23-34.

Downloads

Published

2022-06-27

Issue

Section

Articles