PENGARUH KEPEMIMPINAN, ETOS KERJA DAN KARAKTERISTIK INDIVIDU TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. BPR NAGA BATUBULAN GIANYAR

Authors

  • I Gede Urwa Oka Semarabawa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Widnyana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ngurah Bagus Gunadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

kinerja karyawan, kepemimpinan, etos kerja, karakteristik individu

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kepemimpinan, etos kerja dan karakteristik individu terhadap kinerja karyawan pada PT. Bpr Naga Batubulan Gianyar. Pengambilan sampel menggunakan metode sensus yaitu mengambil seluruh karyawan PT. BPR Naga Batubulan yang berjumlah 45 orang. Pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner yang menggunakan skala likert dengan skor nilai 1 sampai 5. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. BPR Naga Batubulan Gianyar. Etos kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. BPR Naga Batubulan Gianyar. Karakteristik individu berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. BPR Naga Batubulan Gianyar.

References

Budianto, A., Pongtuluran, Y. & Syaharuddin, (2017). Pengaruh etika kerja, motivasi kerja dan kompensasi finansial terhadap kinerja karyawan. Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 1(1), pp. 1-5.

Gaffar, I. D. (2017). Pengaruh Karakteristik Individu Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Sumber Alfaria Trijaya di Makassar. Jurnal Riset, 3(5), pp. 13-25.

Handoko, T. H. (2012). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Hasni, P., Noviantoro, D. & Septianti, D. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Win Acces Telecommunication Palembang Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Aplikasi Manajemen & Bisnis, 1(1), pp. 27-35.

Mangkunegara, A. A. P. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Manik, M. B. (2017). Pengaruh Etika Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai pada Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Kota Medan. Skripsi. Manajemen Universitas Sumatera Utara.

Martoyo. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Muljani, N. (2012). Kompensasi Sebagai Motivator Untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia, 3(1).

Mulyadi. (2014). Akuntansi Biaya. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.

Priansa, D. J. (2014). Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.

Sigit, S. (2003). Esensi Perilaku Organisasi. Yogyakarta: Lukman Offset.

Simamora, H. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: STIE YKPN.

Siregar. (2010). Sumber Daya Manusia (Konsep Universal Etos Kerja). Jakarta: PT. Gramedia.

Subyantoro, A. (2009). Karakteristik Individu, Karakteristik Perkerjaan, Karakteristik Organisasi dan Kepuasan Kerja Pengurus yang Dimediasi oleh Motivasi Kerja (Studi pada pengurus KUD di kabupaten Sleman). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 11(1), pp. 11-19.

Tohardi, A. (2011). Pemahaman Praktis Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: CV. Mandar Maju.

Downloads

Published

2022-06-27

Issue

Section

Articles