PENGARUH KOMPENSASI,BUDAYA ORGANISASI DAN KEPEMIMPINAN PARTISIPATIF TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA CV MONASTRI DENPASAR

Authors

  • Kadek Dwi Rista Rini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Nengah Landra Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Made Dwi Puspitawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Kinerja karyawan, Kompensasi, Budaya organisasi, Kepemimpinan Partisipatif

Abstract

Sumber daya manusia adalah suatu ilmu dan seni yang mengatur hubungan dan peranan tenaga kerja agar efektif dan efisien membantu terwujudnya tujuan perusahaan, karyawan dan masyarakat. Didalam meraih keunggulan bersaing perusahaan tidak hanya memiliki inovasi dalam pengembangan produk tetapi perusahaan berusaha untuk meningkatkan kinerja semaksimal mungkin agar dapat memenangkan persaingan.Untuk meningkatkan efektivitas, efisiensi dan mencapai tujuan perusahaan, CV Monastri Denpasar perlu memperhatikan beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan yaitu kompensasi, budaya organisasi dan kepemimpinan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menjelaskan pengaruh kompensasi, budaya organiasi dan kepemimpinan partisipatif terhadap kinerja karyawan pada CV Monastri di Denpasar.Penelitian dilakukan pada CV Monastri di Denpasar dengan total populasi sebanyak 46 orang karyawan dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh dimana total sampel adalah seluruh jumlah karyawan sebanyak 46 orang. Seluruh data yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner layak untuk digunakan dan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial.Hasil penelitian menunjukan bahwa kompensasi, budaya organisasi dan kepemimpinan partisipatif berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Meskipun demikian, hasil penelitian juga menunjukan bahwa kompensasi memiliki pengaruh yang dominan dalam meningkatkan kinerja karyawan pada CV Monastri Denpasar.

References

Ariefahnoor, Dewi. 2017. Pengaruh Motivasi dan Kepemimpinan Partisipatif terhadap Kinerja Karyawan pada Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo Banjarmasin. At- Tadbir : Jurnal Ilmiah Manajemen Volume I Nomor 2, 16-20.

Danang Sunyoto. (2015). Manajemen dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Center for Academic Publishing Service.

Edison, Emron. Yohny anwar, Imas komariyah. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.

Febriani, Ni Luh Mita, Made Subudi. 2015. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional,Budaya Organisasi dan Kompensasi Finansial pada Kinerja Karyawan . E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 4, No. 5, 54-

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS. Edisi 7. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasibuan, M. S. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara. Hayati, R. R.

Hasibuan, Malayu S.P.. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Insan, Pribadi Darmawan,Ahyar Yuniawan. 2016. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Partisipatif,Lingkungan Kerja,Kompensasi dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan ( Studi pada Bagian Keperawatan Rsud Tugurejo Semarang. Diponegoro Journal of Management Volume 5 Nomor 1,1-

Kasmir. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik). Depok: PT Rajagrafindo Persada

Kenelak, Dinus,Riane Johnly dan Sonny Gerson Kaparang Kenelak. 2016. Pengaruh Kompenasasi terhadap Kinerja Karyawan pada Koperasi serba usaha Baliem Arabica di Kabupaten JayaWijaya. Jurnal Administrasi Bisnis,6-10.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2015. Sumber Daya Manusia Perusahaan. Cetakan kedua belas. Remaja Rosdakarya:Bandung

Putra, Udin, Bakri Hasanuddin dan Wiri Wirastuti. 2018. Pengaruh Motivasi Kerja dan Kompensasi terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Balindo Manunggal Bersama Kota Palu. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol. 4, No. 1, 001-010.

Rizal,Abdul dkk.2021. Pengaruh Budaya Organisasi, Kompensasi dan Kompetensi terhadap Kinerja Karyawan Perusahaan Daerah Pasar Palembang Jaya Kota Palembang. Integritas Jurnal Manajemen Profesional (IJMPro) Volume 2

,Nomor 1, 31-38

Robbins, Stephen P., Timothy A. Judge. (2016). Perilaku Organisasi Edisi 16. Jakarta : Salemba Empat.

Rusydina, Santi Riana dan Siska Mardiana. 2019.Pengaruh Kepemimpinan Partisipatif dan Lingkungan Kerja Fisik terhadap Kinerja pada Perusahaan di Cilegon Banten. Jurnal Manajemen Volume 9, No.2, 121-

Santoso, Eka Yulianing, Hening Widi Oetomo.Oetomo, 2018. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Partisipatif, Kompensasi dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan pada Java Paragon Hotel And Residences.

Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen : Volume 7, Nomor 12, 4-18.

Sari, Novita.2015. Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Dosen Pada Politeknik Swasta ( Politeknik Anika,Politeknik Akamigas dan Politeknis Darussakam di Palembang). Jurnal Adminika Volume 1. No. 2, 12-20.

Setyaningsih, Ririn, Sri Harnani. 2017. Pengaruh Pengembangan Budaya Organisasi, Komitmen Organisasi, dan Gaya Kepemimpinan Partisipatif dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan di Dinas Perumahan Kota Batu. Jurnal Manajemen Jaya Negara Vol. 9, No.2, 13-19.

Simamora, Henry (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: STIEY

Siswanto. 2017. Pengantar Manajemen.

Jakarta: Bumi Aksara.

Sudirno, H.Dadang. 2017. Gaya Kepemimpinan Partisipatif, Budaya Organisasi Birokratis dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai pada Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLH) Kabupaten Majalengka. Jurnal Ilmiah Manajemen & Akuntansi Vol.4 No.1,28-34.

Sudaryono. (2017). Pengantar Manajemen: Teori dan Kasus. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Wahyudi, Zulaspan Tupti. 2019. Pengaruh Budaya Organisasi,Motivasi dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Pegawai di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Tamiang. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen Vol 2, No. 1,

-44.

Wibowo, 2016. Manajemen Kinerja, Edisi Kelima, PT.Rajagrafindo Persada Jakarta-14240.

Wijaya,P Hellen dkk.2018.Pengaruh Gaya Kepemimpinan Situansional,Budaya Organisasi dan Kompensasi terhadap Kinerja di PT.CIMB NIAGA Cabang Kuningan Plaza.Jurnal ekonomi Volume XXIII,No.03 :319-333.

Downloads

Published

2022-06-27

Issue

Section

Articles