PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN OUTSOURCING PADA PERUSAHAAN PENYEDIA JASA OUTSOURCING PT. ADIDAYA MADANI DENPASAR

Authors

  • I Kadek Budiantara Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Wayan Eka Mitariani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ayu Imbayani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

komitmen organisasi, budaya organisasi, kinerja karyawan

Abstract

Kinerja adalah hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh pegawai dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya. Kinerja karyawan yang baik tidak lepas dari implementasi tingginya Komitmen kerja karyawan dan budaya karyawan terhadap organisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh komitmen organisasi dan budaya organisasi terhadap kinerja karyawan pada perusahaan Penyedia Jasa Outsourcing PT. Adidaya Madani Denpasar. Penelitian ini dilakukan pada PT Adidaya Madani yang beralamat di Jalan Diponogoro No. 177 Denpasar Barat. Objek penelitian ini adalah komitmen organisasi dan budaya organisasi dan pengaruhnya terhadap kinerja karyawan PT Adidaya Madani Denpasar. Populasi penelitian ini besarnya populasi sebanyak 41 orang karyawan pada PT Adidaya Madani Denpasar, Dengan sampel adalah seluruh karyawan pada PT Adidaya Madani Denpasar yang berjumlah 41 orang. Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini adalah Komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT Adidaya Madani Denpasar. Budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT Adidaya Madani Denpasar. Saran yang diberikan adalah karyawan agar meningkatkan komitmen terhadap perusahaan sehingga tidak mengalami kesulitan dan meningkatkan semangat dalam bekerja agar semakin kompetitif.

References

Arsanti, T. A, 2009. Hubungan Antara Penetapan Tujuan, Self-Efficacy Terhadap Kinerja: Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE), September 2009, Hal. 97 – 110, Vol. 16, No.2.

Bangun, Wilson. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.

Basuki., dan Sianipar, Mutiara. 2009. Intellectual Capital and Its Impact on Financial Profitailitas and Investor Capital Gain on Share. Journal of Economic, Business, and Accountary Ventura. Vol. 15, No. 1.

Cahyani, Riris A., Sundari, Ocky., dan Dongoran, Johnson. 2020. Pengaruh Komitmen Organisasi dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada Perusahaan Daerah Air Minum PDAM Kota Salatiga) . Jurnal Ekobis Dewantara, Vol. 3, No. 1, pp. 1-10.

Cameron, Kim S. & Quinn, Robert E. (2011). Diagnosing And Changing Organizational Culture. Third Edition. San Fransisco, CA : Jossey - Bass.

Creswell, John W. 2015. Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: ANDI

Darsono dan T. Siswandoko. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia Abad 21. Edisi Pertama. Cetakan Pertama. Universitas Krisna-Dwipayana. Jakarta

Darsono., dan Tjatjuk, Siswandoko, 2011, Manajemen Sumber Daya Manusia Abad 21, Nusantara Consulting, Jakarta.

Edison, Emron. Yohny anwar, Imas komariyah. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasibuan, Malayu SP, (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi Cetakan Ke –12. Jakarta, Penerbit : Sinar Grafika Offse

Luthan,F. 2006. Perilaku Organisasi. Edisi Sepuluh. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Maabuat, S. E. (2016). Pengaruh Kepemimpinan, Orientasi Kerja, Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Pada Dispenda Sulut UPTD Tondang. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi. Vol 16 No. 1. Hlm 219-231.

Mangkunegara , A.A Anwar Prabu. (2005). Manajemen Sumber daya Manusia Perusahaan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Mangkunegara , A.A. Anwar Prabu (2010). Evaluasi Kinerja SDM, PT.Refika Aditama, Bandung.Bangun,.

Mangkunegara, A. A. Anwar Prabu. 2006. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Jakarta: Refika Aditama.

Mangkunegara, A.P. (2006). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Jakarta :

Mangkunegara, A.P. 2011. Manajemen Sumber Daya Perusahaan. PT Remaja Rosdakarya. Bandung

Mangkunegara, AA. Anwar Prabu, (2010). Evaluasi Kinerja SDM, Cetakan Kedua,

Mangkunegara, AA. Anwar Prabu, (2010). Evaluasi Kinerja SDM, Cetakan Kedua, Bandung: PT Refika Aditama

Mangkunegara, Anwar, AA Prabu, 2004, Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Rineka Cipta

Martono, Nanang. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta. Rajawali Pers

Matana, Anastasia. 2017. Pengaruh Total Quality Management Terhadap Ekspektasi Kinerja Karyawan Pada PT. Pelabuhan Indonesia IV (Persero). Skripsi Universitas Hasanuddin Makassar.

Mondy R Wayne. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.

Muis,MR., Jufrizen, j., dan Fahmi,M. 2018. Pengaruh budaya organisasi dan komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan. Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah, Vol.1, No.1, pp. 9-25.

Novitasari, Yulvi., dan Rivai, Harif Amali. 2020. Pengaruh Budaya Organisasi, Komitmen Organisasional, Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT.Suprabakti Mandiri. Jurnal Mirai Management

Panggabean, Mutiara. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia, cetakan Kedua, Bojongkerta: Gahalia Indonesia.

Rahmawati, Murni., dan Juwita, Kristin. 2019. Pengaruh Komitmen Organisasi dan Implementasi Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Bank Syariah Lantabur. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Dewantara, Vol.2, No.2, pp.63-72.

Rivai,V. 2006. Credit Manajemen Handbook. 2006. Jakarta; Pt.Raja Grafindo Persada.

Robbin, S.P & Judge. 2008. Perilaku Organisasi. Buku 2, Jakarta : Salemba Empat.

Robbins ,Stephen P., dan Judge, Timothy A. 2008. Perilaku Organisasi Edisi 12 Buku 1. Terjemahan: Diana Angelica, Ria Cahyani dan Abdul Rosyid. Jakarta: Salemba Empat.

Robbins, P. Stephen. (2006). Perilaku Organisasi. Edisi Sepuluh. Diterjemahkan oleh: Drs. Benyamin Molan. Erlangga, Jakarta.

Robbins, Stephen P. (2006). Perilaku Organisasi. Jakarta: PT. Indeks, Kelompok Gramedia.

Robbins, Stephen P. (2013). Perilaku Organisasi, Konsep, Kontroversi, Aplikasi, Jilid II, Alih Bahasa Hadyana Pujaatmaka dan Benyamin Molan, Jakarta: Prenhallindo.

Sopiah. (2008). Perilaku Organisasi, Yogyakarta: Andi Offset.

Sopiah. (2008). Perilaku Organisasional. Edisi I, Yogyakarta : Andi Offset

Srimindarti, Ceacilia & Elen Puspitasari, (2012), Kinerja Sistem Informasi Akuntansi (SIA) ditinjau dari Kepuasan Pemakai dan Pemkaian SIA yang dipengaruhi oleh partisipasi, kemampuan, pelatihan dan pendidikan pemakai SIA, Pekan Ilmiah, Dosen FEB-UKSW,Pp. 517-530.

Sudarmanto, 2010. Kinerja dan Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia. Cetakan Pertama. Pustaka Pelajar. Jakarta

Sugiyono, Prof. Dr.2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, P. (2015). Metode penelitian kombinasi (mixed methods) Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, P. D. (2013). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D[Quantitative and qualitative and R & D research methods]. Bandung, Indonesia: Alfabeta.

Sugiyono, P. D. (2015). Metode penelitian dan pengembangan. Res. Dev.D, 2015, 39-41.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Sulistyarini, Melinda. 2020. Pengaruh Pengembangan Karir, Lingkungan Kerja, Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pt. Bank Xyz, Kantor Pusat. Jurnal Ilmiah Managemen dan Bisnis, Vol.4, No.1.

Wagiman, S., dan Sutanto, Himawan Arif. 2018. Pengaruh Budaya Organisasi, Komitmen Organisasi, Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Pt. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Wilayah Semarang). Prosiding SENDI_U, pp.566-574.

Wibowo. (2017). Manajemen Kinerja. Edisi Kelima. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Wirawan. (2007), Budaya dan Iklim Organisasi Teori Aplikasi dan Penelitian. Jakarta: Salemba Empat.

Zein, Abdul Kholik Amirulloh .,Hadijah, Hady Siti. 2018. Pengaruh Komitmen Organisasi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di SMK Pasundan 1 Cimahi. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol. 3 No. 2, Juli 2018, pp. 199-205.

Downloads

Published

2022-06-27

Issue

Section

Articles