PENGARUH KEPEMIMPINAN, KOMPENSASI DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN GAJA SILVER BALI

Authors

  • Ni Wayan Ogel Liani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Pande Ketut Ribek Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Tiksnayana Vipraprastha Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Kepemimpinan, Kompensasi, Budaya Organisasi, Kinerja Karyawan

Abstract

Sumber daya manusia (SDM) adalah salah satu faktor yang sangat penting bahkan tidak dapat dilepaskan dari sebuah organisasi, baik institusi maupun perusahaan. Terdapat banyak faktor terkait dalam perbaikan kinerja perusahaan, salah satunya adalah faktor sumber daya manusia (SDM). Apapun bentuk serta tujuannya, organisasi dibuat berdasarkan berbagai visi untuk kepentingan manusia dan dalam pelaksanaan misinya dikelola dan diurus oleh manusia. Seluruh kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan bisnis perusahaan atau organisasi merupakan bentuk  kinerja. Peran karyawan sangat penting terhadap sukses atau tidaknya perusahaan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan, kompensasi dan budaya organisasi terhadap kinerja karyawan Gaja Silver Bali. Selama pengumpulan data, jawaban yang diberikan oleh responden dalam kuesioner terkadang tidak mencerminkan pendapat responden yang sebenarnya, karena perbedaan pemikiran, asumsi dan persepsi yang berbeda dari masing-masing responden. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan Gaja Silver Bali. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh yaitu sebanyak 50 karyawan (responden) Gaja Silver Bali. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan, kompensasi dan budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan Gaja Silver Bali. Variabel budaya organisasi adalah variabel yang paling dominan mempengaruhi kinerja karyawan. Hal ini menunjukkan bahwa dalam penelitian ini budaya organisasi memiliki pengaruh yang dominan terhadap peningkatan maupun penurunan kinerja karyawan pada Gaja Silver Bali.

References

Abdul, Supriyanto, dan Suparwati. (2019). PengaruhKepemimpinan,Komunikasi Orgainisasi dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Sekretariat DPRD Kabupaten Tegal. Jurnal Magisma Vol. VII.No. 2–Tahun 2019.

Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Riau: Zanafa Publishing.

Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep, dan Indikator). Riau : Zanafa Pulishing.

Amirullah. 2015. Pengantar Manajemen. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Andayani, I. Tirtayasa, S. (2019). Pengaruh Kepemimpinan, Budaya Organisasi, Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Vol 2, No. 1, Maret 2019, 45-54.

Anwar Prabu Mangkunegara, 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Perusahaan, Bandung : Remaja Rosdakarya.

Bintoro dan Daryanto. 2017. Manajemen Penilaian Kinerja Karyawan. Cetakan 1. Yogyakarta : Gava Media.

Buchari, Alma. 2009. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta

Dahlia, M. (2022). Pengaruh Kompensasi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt Fyc Megasolusi Di Tangerang Selatan. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah Vol 5 No 1.

Fahmi, Irham.2018. Pengantar Manajemen Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Fahraini, F. Syarif, R. (2022). Pengaruh Kompensasi, Disiplin Kerja dan Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan PT.Nikos Distribution Indonesia. IKRAITH-EKONOMIKA No 1 Vol 5.

Fathoni, M. Indrayani, Indrawan, M. Yanti, S. (2021). Pengaruh Kepemimpinan, Budaya Organisasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening Di Qur’an Centre Provinsi Kepulauan Riau. Jurnal Ilmiah, Manajemen Sumber Daya Manusia. JENIUS. Vol. 5, No. 1

Gary Dessler (2012), Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi 14. Jakarta: Salemba Empat.

Ghozali, Imam, Hengky Latan. 2015. Konsep, Teknik, Aplikasi Menggunakan Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. BP Undip Semarang Harnanto

Ghozali, Imam. (2018). “Aplikasi Analysis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25”. Edisi Ke-9. Cetakan Ke-9. Penerbit. Universitas Diponegoro. Semarang.

Girsang, L., Zulkarnaen., & Isnaniah. (2021). Pengaruh Pelatihan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pt. Lintas Aman Andalas Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 2(1):1- 8.

Girsang, M. Syahrial, H. (2021). Pengaruh Kepemimpinan dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Karyawan Pada Perum Perumnas Regional 1 Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 2(1):9-21.

Hadi, E. Sudaryana, Y. (2022). Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt Trimulya Interbuana Di Tangerang Selatan. Jurnal PERKUSI: Pemasaran, Keuangan, dan Sumber Daya Manusia.

Hasibuan, Malayu S.P. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Hasibuan, Malayu S.P. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasni, P. Noviantoro, D. dan Septianti, D. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Win Acces Telecommunication Palembang Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Aplikasi Manajemen&Bisnis,Vol.1 No.1.

Kartono, Kartini. (2010). Pemimpin dan Kepemimpinan, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Locke, E. A. dan Latham, G. P. 1990. A Theory of Goal Setting and Task Performance. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.

Locke, E.A. 1968. Toward A Theory of Task Motivation and Incentives. Organizational Behavior and Human Performance. pp: 68-106.

Nanus, Burt. (2012). Kepemimpinan Visioner. Jakarta: Prehalindo.

Prasadja , Ricardianto., 2018., Human Capital Management. In Media, Bogor.

Rizal, A. Zamzam, F. Marnisah, L. (2021). Pengaruh Budaya Organisasi, Kompensasi Dan Kompetensi, Terhadap Kinerja Karyawan Perusahaan Daerah Pasarpalembang Jaya. Integritas Jurnal Manajemen Profesional (IJMPro) Volume 2 Nomor 1.

Robbin, S. P., dan Judge, T. A. 2015. Perilaku Organisasi (Enam Belas). Salemba Empat.

Siagian Sondang, 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. CV Mandiri Maju Bandung.

Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT. Fajar Interpratama Mandiri.

Sudarmanto, 2014. Kinerja dan Pengembangan Kompensasi SDM. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : CV. Alfabeta.

Downloads

Published

2023-12-26

Issue

Section

Articles