PENGARUH MOTIVASI, PENGALAMAN KERJA DAN SEMANGAT KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT MITRA TIMUR MEDIKA GIANYAR

Authors

  • Ni Made Septiantari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Nengah Landra Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ary Wira Andika Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Motivasi, Pengalaman Kerja, Semangat Kerja, Kinerja Karyawan

Abstract

Kinerja Karyawan adalah suatu hasil kerja yang dicapai oleh seorang karyawan sesuai dengan standar dan kriteria yang telah ditetapkan dalam jangka waktu tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pengaruh motivasi, pengalaman kerja dan semangat kerja terhadap kinerja karyawan pada PT Mitra Timur Medika Gianyar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan dalam perusahaan PT Mitra Timur Medika Gianyar yang berjumlah 32 orang dengan pengambilan sampel yang digunakan yaitu sebesar 32 orang berdasarkan metode sampling jenuh.

Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, studi dokumentasi dan kuesioner. Alat analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis yaitu analisis regresi linier berganda, analisis korelasi berganda, analisis determinasi dan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi, pengalaman kerja, dan semangat kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT Mitra Timur Medika Gianyar.

References

Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Aristarini, L., Kirya, I. K., Yulianthini, N. N., & SE, M. 2014. Pengaruh Pengalaman Kerja, Kompetensi Sosial dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada Bagian Pemasaran PT Adira Finance Singaraja. Jurnal Manajemen Indonesia, 2(1).

Bulgis, B., Djaelani, A. K., & Khalikussabir, K. 2021. Pengaruh Inovasi, Kreativitas Dan Semangat Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Masa Pandemi Covid-19 Pada Uptd Peternakan Kec. Woja Dompu. Jurnal Ilmiah Riset

Hasibuan, Malayu S.P. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara

Hasibuan, Malayu S.P. 2008. Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah Edisi Revisi. Jakarta : Bumi Aksara.

Irkhami, A. L., Djaelani, A. K., & Wahono, B. 2021. Pengaruh Motivasi, Kompensasi, Dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada CV. Putra Nusantara Sejahtera Kabupaten Madiun). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 10(03).

Hasibuan S.P Malayu. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia,Edisi Revisi. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Mangkunegara, A.A.P. 2009. .Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mangkunegara, Anwar P. 2005. Perilaku dan Budaya Organisasi. Bandung : Refika Aditama

Mathis, R.L dan Jackson JH. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Buku 2. Jakarta : Salemba Empat

Moekijat. 2009. Sumber Daya Manusia. Bandung : CV. Mandar Maju.

Munandar,A.S. 2001. Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta : UI.

Rachmadan, D. T., & Dudija, N. 2021. Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pt. Bank Negara Indonesia (persero), Tbk. Kcu Bandung. eProceedings of Management, 7(3).

Rahman, A. 2013. Pengaruh Pengalaman Kerja dan Semangat Kerja terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Kesehatan Kabupaten Parigi Moutong. Jurnal Trend, 1(2), 10-20.

Ratulangi, R. S., & Soegoto, A. S. 2016. Pengaruh Pengalaman Kerja, Kompetensi, Motivasi terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada PT. Hasjrat Abadi Tendean Manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 4(3).

Rivai, Veithzal. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan.Jakarta : PT.Raja Grafindo Persada.

Rozalia, N. A. 2015. Pengaruh Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada Karyawan PT. Pattindo Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 26(2).

Sartika, Amwiarni. 2015. Kompetensi, Disiplin Kerja, dan Pengalaman Kerja terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah e-Jurnal Katalogis, Volume 3 Nomor 1, Januari 2015 hlm 54-65

Sedarmayanti. 2007. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja, Bandung : Penerbit Mandar Maju

Sedarmayanti. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil, Cetakan Kelima. Bandung : PT Refika Aditama.

Sofian, E. 2019. Pengaruh Pengalaman Kerja dan Semangat Kerja terhadap Kinerja Karyawan di PT. Dutagriya Sarana Medan. JRMB (Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis), 4(2).

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis. Cet. Ke 15. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutrischastini, A., & Riyanto, A. 2015. Pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja pegawai kantor sekretariat daerah Kabupaten Gunungkidul. Kajian Bisnis Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha, 23(2), 121-137.

Sutrisno, Edi. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Kedelapan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Syukur. 2001. Metode Penelitian Dan Penyajian Data Pendidikan. Semarang: Medya Wiyata.

Tohardi, Ahmad. 2008. Pemahaman Praktis Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Universitas Tanjungpura, Mandar Maju

Umam, Khaerul. 2012. Perilaku Organisasi. Bandung : Pustaka Setia.

Usman Husaini. 2013. Manajemen Teori,Praktik, Dan Riset Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara

Werang, B. R., Irianto, O., & Asmaningrum, H. P. 2019. Pengaruh Motivasi dan Semangat Kerja terhadap Kinerja Guru SD di Distrik Mindiptana, Papua. Musamus Journal of Primary Education, 093-103.

Wijaya, T. 2015. Pengaruh motivasi dan kompensasi terhadap kinerja karyawan pada PT Sinar Jaya Abadi Bersama. Agora, 3(2), 37-45.

Yunita, R. 2019. Pengaruh Pengalaman Kerja dan Semangat Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. New Pelangi Service Medan (Doctoral dissertation, Universitas Medan Area).

Downloads

Published

2022-06-27

Issue

Section

Articles