PENGARUH ETOS KERJA, KEMAMPUAN KERJA, DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN HOTEL KERATON JIMBARAN RESORT

Authors

  • Agus Gde Ditha Mahendra Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Nengah Sudja Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Yenny Verawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Etos Kerja, Kemampuan Kerja, Pengalaman Kerja, Kinerja Karyawan

Abstract

Kinerja adalah hasil kerja yang dapat dicapai oleh seseorang atau kelompok orang dalam suatu perusahaan sesuai dengan wewenang dan tanggung jawab masing-masing dalam upaya pencapaian tujuan organisasi secara legal, tidak melanggar hukum dan tidak bertentangan dengan moral dan etika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh etos kerja, kemampuan kerja dan pengalaman kerja terhadap kinerja karyawan Hotel Keraton Jimbaran Resort.

Populasi dan sampel yang diambil sebanyak 59 responden, dengan metode penentuan sampel menggunakan rumus Slovin. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, studi dokumentasi, wawancara dan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda, analisis determinasi uji F, dan uji t.

Hasil penelitian menunjukkan etos kerja, kemampuan kerja dan pengalaman kerja secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan Hotel Keraton Jimbaran Resort. Penelitian selanjutnya dapat mengembangkan penelitian ini dengan menggunakan variabel lainnya.

References

Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Riau: Zanafa Publishing.

Aqsariyanti, Lisa, Herman Sjahruddin, and Nurlaely Razak. 2019. Pengaruh Etos Kerja dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Organisasi dan Manajemen.

Darodjat, Tubagus Achmad. 2015. Konsep-Konsep Dasar Manajemen Personalia Masa Kini. Bandung. Refika Aditama.

Bawelle, Mouren dan Jantje Sepang. 2016. Pengaruh Etos Kerja, Gairah Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. BRI Cabang Tahuna. Jurnal EMBA. Vol. 4. No. 5.

Dewi, Karina. 2016. Pengaruh Etos Kerja, Insentif dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Karyawan Departemen Cutting Pt Morichindo Fashion Ungaran. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, STIE AMA Salatiga.

Hasibuan, Malayu S.P.. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Jayanthi dan Suryani. 2017. Pengaruh Kemampuan Kerja, Stres Kerj dan, Etos Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Ejurnal.

Pratama, Abdul Aziz Nugraha. Aprina Wardani. 2017. Pengaruh Kemampuan Kerja dan Semangat Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Kepuasan Kerja (Studi Kasus Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Kendal). Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah.Priansa, Donni Juni. dan Suwatno. 2016. Manajemen SDM dalam Organisasi Publik dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Putri, Muthia Amanta Dwi, Marzolina Marzolina, and Rovanita Rama. 2017.Pengaruh Pengalaman Kerja, Penilaian Prestasi Kerja dan Hubungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan di PT. Jasaraharja Putera Cabang Pekanbaru. Diss. Riau University.

Ratulangi, Riscy S. Agus Supandi Soegoto. 2016. Pengaruh Pengalaman Kerja, Kompetensi, Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan (studi pada PT. Hasjrat Abadi Tendean Manado. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Vol 4, No 3 (2016) Universitas Sam Ratulangi Manado.

Retno, Febriani (2018) Pengaruh Stres Kerja, Etos Kerja, dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan pada Dinas Perdagkum Kabupaten Ponorogo. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Robbins, Stephen. 2015. Perilaku Organisasi, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Robbins, P. Stephen & Judge, Timothy A. 2017, Organizational Behaviour,

Edisi 13, Jilid 1, Salemba Empat, Jakarta.

Sugiharta, Bagus Jaka. 2019. Pengaruh Kemampuan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Member Oriflame di Bali Tahun 2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha Volume 11 No. 1 Tahun 2019.

Wirawan, Ketut Edy, I. Wayan Bagia, and Gede Putu Agus Jana Susila. 2019. Pengaruh tingkat pendidikan dan pengalaman kerja terhadap kinerja karyawan. Bisma: Jurnal Manajemen 5.1 : 60-67.

Downloads

Published

2022-06-27

Issue

Section

Articles