PENGARUH KOMPENSASI, PENGEMBANGAN KARIR DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. TIRTA INVESTAMA AQUA MAMBAL

Authors

  • I Wayan Ananta Pramudya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Ketut Setia Sapta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gede Rihayana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Kompensasi, Pengembangan Karir, Kompetensi, Kinerja Karyawan

Abstract

Kinerja adalah hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seseorang karyawan dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan yaitu kompensasi, pengembangan karir dan kompetensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompensasi, pengembangan karir dan kompetensi terhadap kinerja karyawan pada PT. Tirta Investama Aqua Mambal. Populasi dalam penelitian ini adalah semua karyawan PT. Tirta Investama Aqua Mambal yang berjumlah 115 orang karyawan. Perhitungan sampel dalam penelitian ini menggunakan 30% dari populasi karena jumlah populasi lebih dari 100 maka jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 35 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda yang didukung dengan uji instrumen (uji validitas dan reliabilitas), uji asumsi klasik (uji normalitas, multikolinieritas dan heterokedastisitas), analisis korelasi berganda, uji koefisien determinasi, uji F dan uji t.  Hasil pengujian menunjukkan bahwa kompensasi, pengembangan karir dan kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Disarankan PT. Tirta Investama Aqua Mambal mempertahankan peran kebenaran dan keadilan dalam pemberian kompensasi dan mempertahankan lowongan jabatan.

References

Fadel, Muhammad. 2016. Reiventing Local Government, Pengalaman Dari Daerah. Jakarta : Elex Media Komputerindo.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS.. Semarang : Universitas Diponegoro.

Hariandja, M. T. E. 2015. Manajemen Sumber daya Manusia. Jakarta : PT Grasindo.

Herman, Hendri. 2017. Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Torindo Internusa Batam. Jurmal Manajemen. Universitas Putera Batam.

Jesus, Luis de. 2019. Pengaruh Iklim Organisasi, Kompetensi Da Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Di Kantor Perdagangan Industri Dan Lingkungan Hidup Di Timor Leste. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Universitas Udayana. Vol 8, No 1, Hal 61-78

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. 2016. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Refika Aditama

Oemar, Usailan. 2017. Pengaruh Stres Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Pendapatan, Keuangan Dan Aset Daerah Kabupaten Musi Manyuasin. Jurnal Ekonomi. STIE Rahmaniyah. Vol 2, No 2, Hal 22-34.

Rahayu, Julietta Putri Pangestika. 2017. Analisis Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan. Skripsi Publikasi. Universitas Sanatana Darma.

Riyanti, Gusti Ayu Riska. 2017. Pengaruh Motivasi Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan Pada RSU Dharma Usadha. Jurnal. Universitas Udayana.

Rini. 2017. Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan PT Astra International Tbk Toyota Sales Operation (AUTO 2000). Jurnal Manajemen. Universitas Komputer Indonesia.

Samsudin, Sadeli. 2016. Manjemen SDM. Bandung : Pustaka Setia.

Sanjaya, I Kadek Edy. 2017. Pengaruh Kompetensi, Kompensasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Pande Agung Segara Dewata. Jurnal Ekonomi. Universitas Udayana. Hal 205-224

Sedarmayanti. 2016. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: Mandar Maju.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Yuliana. 2017. Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Perusahaan Pada TT Haluan Star Logistik. Jurnal Universitas Kristen Krida Wacana. Vol 17, No 2 Hal 135-150.

Wibowo, 2016. Manajemen Kinerja. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wukir. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : Multi Presindo.

Downloads

Published

2022-06-27

Issue

Section

Articles