PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, KARAKTERISTIK INDIVIDU DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA ROMAN DISTRIBUTION CENTER DENPASAR

Authors

  • Agus Setiawan Antara Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Anak Agung Dwi Widyani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Tiksnayana Vipraprastha Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Kecerdasan Intelektual, Karakteristik Individu, Pengalaman Kerja, Kinerja Pegawai

Abstract

Salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat keberhasilan suatu organisasi adalah kinerja karyawannya. Agar aktifitas manajemen berjalan dengan baik, perusahaan harus memilik karyawan yang berpengetahuan dan usaha untuk mengelola perusahaan seoptimal mungkin sehingga kinerja karyawan meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan intelektual, karakteristik individu, dan pengalaman kerja terhadap kinerja karyawan pada Roman Distribution Center Denpasar.

Penelitian ini dilakukan pada Roman Distribution Center Denpasar. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah 50 orang karyawan. Metode penentuan sampel pada penelitian ini adlah metode sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah análisis regresi linier melalui program SPSS versi 26.

Bedasarkan hasil analisis, penelitian ini menunjukan bahwa kecerdasan intelektual berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Roman Distribution Center. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik kecerdasan intelektual pada Roman Distribution Center maka semakin baik pula kinerja karyawan. Karakteristik individu berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Roman Distribution Center. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik karakteristik individu pada Roman Distribution Center maka semakin baik pula kinerja karyawan. Pengalaman kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Roman Distribution Center. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik pengalaman kerja pada Roman Distribution Center maka semakin baik pula kinerja karyawan.

References

Agustina, H., Jaya, M., & Pungan, Y. (2019). Pengaruh Karakteristik Individu, Komunikasi Efektif dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan (studi pada PT Tambang Batubara Bukit Asam). At-Tadbir: jurnal ilmiah manajemen, 3(1).

Alias, A., & Serang, S. (2018). Pengaruh Pengetahuan, Sikap Kerja Dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. PARADOKS: Jurnal Ilmu Ekonomi, 1(1), 82-97.

Aristanti, L. E. (2019). Pengaruh Pendidikan Dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Kemampuan Kerja Sebagai Variabel Intervening (Doctoral dissertation, IAIN SALATIGA).

Bili, W., Resmawan, E., & Kondorura, D. (2018). Pengaruh pengalaman kerja terhadap kinerja pegawai di kantor Kecamatan Laham Kabupaten Mahakam Ulu. E-Journal Pemerintahan Integratif, 6(3), 465-474.

Darmawan, M. F. (2020). Pengaruh Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan kecerdasan spritual Terhadap Kinerja Karyawan pada CV Intan Rezeki agung Palembang (Doctoral dissertation, 021008 Universitas Tridinanti Palembang).

Isticarina, F. (2021). Pengaruh kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional terhadap kinerja karyawan dengan budaya organisasi sebagai variabel intervening: Studi kasus 12 perusahaan travel haji dan umroh di Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Kurniawan, P. (2020). Pengaruh Kecerdasan Intelektual Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Cabang Tangerang Merdeka. JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 3(3), 277-285.

Kusumawardhani, O. B., Rejeki, M., Octaviana, A., Nurcahyaningsih, I., & Ramadhani, R. (2021). Analisis Pengaruh Pemahaman Akreditasi dan Karakteristik Individu terhadap Kinerja Karyawan Medis dan Non Medis di RSUD Kabupaten Karanganyar. Indonesian Journal of Hospital Administration, 3(2), 74-79.

Listiani, D. K. A., Widyani, A. A. D., & Mendra, I. W. (2019, December). Pengaruh knowledge sharing, self leadership, dan karakteristik individu terhadap kinerja pegawai pada badan kesatuan bangsa, politik, dan perlindungan masyarakat kabupaten Karangasem. In Seminar Nasional Inovasi dalam Penelitian Sains, Teknologi dan Humaniora-InoBali (pp. 555-561).

Pepah, N., Koleangan, R., & Sepang, J. L. (2019). Pengaruh pengalaman kerja, kompensasi dan motivasi terhadap kinerja karyawan pada PT. Bank Sulutgo cabang utama di Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 7(3).

Pitriyani, P., & Halim, A. (2020). Pengaruh pengalaman kerja, latar belakang pendidikan dan kompensasi terhadap kinerja karyawan pada PT. Pegadaian Persero cabang Rantauprapat. Ekonomi Bisnis Manajemen dan Akuntansi (EBMA), 1(1), 60-68.

Ratnasari, S. L., Buulolo, M., & Nasrul, H. W. (2020). Analisis Karakteristik Individu, Lingkungan Kerja, Iklim Organisasi, Motivasi, Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan. manor: jurnal Manajemen dan Organisasi Review, 2(1), 15-25.

Septiarini, N. M. A., & Gorda, A. E. S. (2018). Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Budaya Organisasi dan Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen Bisnis, 15(4), 24-41.

Sukmawati, E., Ratnasari, S. L., & Zulkifli, Z. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Komunikasi, Pelatihan, Etos Kerja, Dan Karakteristik Individu Terhadap Kinerja Karyawan. jurnal dimensi, 9(3), 461-479.

Suriyati, S., & Nardo, R. (2020). Pengaruh Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan kecerdasan spritual Terhadap Kinerja Karyawan. JEBI (Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam), 5(1), 13-18.

Tambingon, C. K., Tewal, B., & Trang, I. (2019). Pengaruh Lingkungan Kerja, Karakteristik Individu Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan PT. Coco Prima Lelema Indonesia. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 7(4).

Wirawan, K. E., Bagia, I. W., & Susila, G. P. A. J. (2019). Pengaruh tingkat pendidikan dan pengalaman kerja terhadap kinerja karyawan. Bisma: Jurnal Manajemen, 5(1), 60-67.

Downloads

Published

2022-06-27

Issue

Section

Articles