PENGARUH PELATIHAN KERJA, PENGAWASAN KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. WANGUN JAYA GIANYAR

Authors

  • Ni Kadek Windy Pramesti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Nengah Landra Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ary Wira Andika Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Pelatihan Kerja, Pengawasan Kerja, Disiplin Kerja, Kinerja Karyawan

Abstract

Kinerja karyawan yaitu hasil dari tanggung jawab/ pekerjaan yang  dilakukan karyawan baik berupa hasil kuantitas maupun kualitas yang diberikan untuk perusahaan baik yang bersifat langsung maupun tidak langsung yang berkaitan dengan tujuan perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari pelatihan kerja, pengawasan kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Wangun Jaya Gianyar. Populasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu seluruh karyawan PT. Wangun Jaya Gianyar, yang berjumlah 46 orang dengan sampel yang digunakan sebanyak 44 orang tidak termasuk pimpinan, metode yang digunakan yaitu sampling jenuh. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, kuisioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif,  analisis infrensial yaitu berupa analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik (Uji normalitas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas), dan pengujian hipotesis (Analisis korelasi berganda, RSquare, Uji F, dan uji t). Hasil penelitian menunjukan bahwa pelatihan kerja, pengawasan kerja dan disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Wangun Jaya Gianyar.

References

Arifiyah, Lailatul., dan Sunaryo, Hadi. 2017. Pengaruh Pelatihan Kerja, Disiplin Kerja dan Pengawasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Malang. E-Jurnal Riset Manajemen, Vol. 6, No. 2 Hal. 334-385, Retrieved from http://riset.unisma.ac.id/index.php/jrm/article /download/292/334

Boe, Ismenia. 2014. Pengaruh Program Pelatihan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil Dikantor Kepresidenan Republik Timor Leste. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Vol. 3, No. 10, pp. 559-580, Retrieved fromhttps://ojs.unud.ac.id/index.php /EEB/article/view/9652

Hasibuan, Malayu. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia Cet 16. Jakarta: Bumi Aksara.

Haryanto., dan Saputra, Asron. 2020. Pengaruh Pengawasan Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Centric Powerindo Di Kota Batam. Jurnal EMBA, Vol. 08, No. 01, Hal. 672-683.

Husna, Anti Miratul., Suarman., dan Ngadlan. 2019. Pengaruh Tingkat Satuan Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan PT. Bank Riau Kepri Kantor Pusat Pekanbaru. Skripsi. Program Studi Pendidikan EkonomiFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. Riau.

Ichtiarini. 2019. Pengaruh Pengawasan Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai BRI Syariah Kantor Cabang Madiun. Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Ponorogo.

Kadarman, A. 2012. Pengantar Ilmu Manajemen. Bandung: Rineka Cipta.

Kristanti, Desi., dan Lestari, Ria. 2019. Pengaruh Disiplin Kerja Karyawan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Produksi (Studi di UD. Pratama Karya Kota Kediri). Jurnal Nusamba. Vol. 4, No. 2, pp. 107-116.

Mangkunegara, A. Anwar Prabu. 2014, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Martiniasih, Komang. 2020. Pengaruh Kompensasi, Komitmen Organisasional Dan Pengawasan Terhadap Kinerja Karyawan Pada Rumah Sakit Umum Puri Raharja Denpasar. Skripsi. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati. Denpasar.

Nelizulfa, Aulia. 2018. Pengaruh Motivasi, Disiplin Kerja, Lingkungan Kerja Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus pada PT. Jamu Air Mancur Karanganyar). Skripsi. Program Studi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Muhammadiyah. Surakarta

Sari, Ranti Puspita. 2020. Pengaruh Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan Di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Pusat Palembang. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya. Palembang.

Siagian, Sondang P. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara.

Simamora, H. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi 3). Yogyakarta: STIE YKPN.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suhariyanto, Dony., dan Putro, T.A. 2018. Analisis Pengawasan dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan CV Tiga Putra.Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN). Vol. 3, No. 1, Hal. 81-92.

Susanto, Natalia. 2019. Pengaruh Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Divisi Penjualan PT. Rembaka. Jurnal AGORA. Vol. 7, No. 01, Hal. 1-6.

Sutrisno, E. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenada Media Group.

Triasmoko, Denny. (2014). Pengaruh Pelatihan Kerja terhadap KinerjaKaryawan (Penelitian pada Karyawan PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Kota Kediri. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 12, No. 1, Hal. 55 - 66 . Retrieved from http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/ view/ 478

Widijanto, K.A. 2017. Pengaruh Pelatihan Kerja Dan Motivasi Kerja TerhadapKinerja Karyawan Divisi Pemasaran Di PT. Sumber Hasil Sejati Surabaya. Jurnal AGORA. Vol. 5, No. 1, Hal. 1-5.

Wirawan. 2009. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia: Teori Aplikasi dan Penelitian. Jakarta: Salemba Empat.

Downloads

Published

2022-06-27

Issue

Section

Articles