Pengaruh Komunikasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Rumah Makan Twisster Dog Panjer

Authors

  • Maria Akuilina Hen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Anak Agung Dwi Widyani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Ayu Sintya Saraswati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Komunikasi, Kepuasan Kerja, Kinerja Karyawan

Abstract

Peningkatan kinerja karyawan membawa kemajuan bagi perusahaan untuk dapat bertahan dalam suatu persaingan lingkungan bisnis yang tidak stabil. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menegtahui pengaruh komunikasi dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan pada rumah makan Twisster Dog Panjer. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh karyawan yang berjumlah 40 orang karyawan. Teknik pengambilan sampel  yang digunakan adalah teknik pengambilan sampel dengan metode sampling jenuh, sehingga jumlah sampel  dalam penelitian ini adalah 40 orang karyawan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis analisis regresi linear berganda. Hasil pengujian menunjukkan bahwa komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan di Rumah Makan Twisster Dog, Panjer. Kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan di Rumah Makan Twisster Dog, Panjer. Komunikasi dan kepuasan kerja secara bersamaan mempunyai hubungan yang significant terhadap kinerja karyawan di Rumah Makan Twisster Dog, Panjer.

References

Cherry Callin. 2016. Komunikasi Bisnis, Edisi kelima. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Darmawan. 2018. Komunikasi bisnis, edisi kelima. Jakarta : gramedia Pustaka Utama

Fauzi. 2018. Pengaruh Komunikasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Shunda Sucai Indonesia Medan. Tijarah: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 2, No. 16, pp. 1-10.

Femi, Florence, wijaya, Febriyandi. 2018. Pengaruh komunikasi dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Himawan Putra Medan. Jurnal. Universitas Negeri Medan

Gibson. 2018. Teori Komunikasi, Edisi kelima. Jakarta : Salemba Humanika

Gupta. 2018. Pengaruh lingkungan kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai pada PT. Kantor BAPPEDA Kabupaten Bantaeng. “YUME”: Journal of Manajement”, Volume 1 No.2, 2016.

Krambut, Harianto, Sari Harianti 2016. Pengaruh Komunikasi dan Stres Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada CV. Berkat Anugrah. Jurnal. Denpasar: Universitas Udayana.

Lubis, R. A., Lie, D., Butarbutar, M., & Julyanthry, J. 2016. Pengaruh Komunikasi dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Pegawai pada PT Bank Sumut Syariah Cabang Pematangsiantar. Maker: Jurnal Manajemen, Vol. 2, No. 2, pp. 62-68.

Mangkunegara. 2017. Manajemen Komunikasi Digital, Perencanaan, Aktivitas dan Evaluasi. Jakarta : Mediakita.

Marwansyah. 2018. Pengaruh Komunikasi, Budaya Organisasi dan kompetensi terhadap kinerja pegawai pada CV. Bali Ugi Denpasar. Skripsi. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati. Denpasar.

Melvani, Bandari, Lestari,Yusuf. 2017. Pengaruh Gaya kepemimpinan dan Kepuasan kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada PT. Bali Global Nusantara. Skripsi. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati. Denpasar.

Mumahamad Barua. 2018. Kepuasan kerja dan Kinerja Karyawan. Jakarta : Indomedika Pustaka.

Muiz, Yamin, Darmawan, Adnyana. 2017. Pengaruh Displin dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai pada PT. Indra Karya Malang. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Manajemen. November 2017, Volume 3, No.2.pp.112-120.

Saraswati, N.P.A.S dan Putra, G.B.B (2020). Competency and Creativity as A Relationship That Interpretes Between the Perception of An Organizational Support on Performance of The Craftsman of Ikat Endek In Klungkung Bali. Asia Pacific Journal of Management and Education (APJME). Jilid 3.

Widyani, A.A.D, Saraswati, N.P.A.S., Handayani IGAMS. 2020. The Effect of Knowledge Sharing and Work Placement on Employee Performance in PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Bali. Proceeding 1st International Conference of Innovation on Science and Technology for Sustainable development (ICISTSD) 2020

Downloads

Published

2022-06-27

Issue

Section

Articles