PENGARUH WORK LIFE BALANCE DAN STRES KERJA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA BADAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH KABUPATEN GIANYAR

Authors

  • Kadek Diah Gunari Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Yeni Astiti Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Nyoman Resa Adhika Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.36733/emas.v6i7.12221

Keywords:

work life balance, stres kerja, kualitas pelayanan

Abstract

Salah satu faktor penting dalam keberhasilan suatu organisasi atau perusahaan Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) juga merupakan proses menyampaikan tujuan organisasi lewat memanfaatkan manusia ataupun orang yang terdapat di dalamnya. Selain Manajemen SDM, salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat keberhasilan suatu organisasi adalah kualitas pelayanan. Kualitas pelayanan yang baik menciptakan reputasi positif bagi perusahaan.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetauhi dan menganalisis pengaruh work life balance dan stres kerja terhadap kualitas pelayanan pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD)  Kabupaten Gianyar. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 75 responden yang merupakan  pegawai kontrak pada BPKAD Kabupaten Gianyar dengan pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Data diambil dengan kuesioner skala likert dan diolah menggunakan Statistical Program for Social Science  (SPSS). Hasil penelitian membuktikan bahwa  Work life balance berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan, Work life balance berpengaruh negatif terhadap stres kerja, dan stres kerja tidak berpengaruh terhadap kualitas pelayanan.

References

Adhika, A., [et al.]. (2022). Pengaruh stres kerja, kepuasan kerja, dan loyalitas kerja terhadap kinerja karyawan PT. Samudera Gemilang Denpasar. Jurnal Satyagraha, 4(2), 114-122.

Alfandri, A., [et al.]. (2020). Memahami hasil kesehatan setelah agresi di tempat kerja perspektif pertukaran sosial. Jurnal Global Manajemen, 13(1), 88-95.

Aydin, A. (2021). Hubungan pertukaran sosial dan ekonomi dalam konteks komitmen organisasi. Jurnal Manajemen, 7(1), 26-44.

Blau, P. M. (1964). Gerontologi. GET Press Indonesia.

Dewi, N. P. S., [et al.]. (2023). Hubungan tingkat stres kerja pada perawat dengan kualitas pelayanan keperawatan di bangsal rawat inap Rumah Sakit Universitas Mataram. Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen Prima, 5(1), 73-87.

Fitria, F., [et al.]. (2023). Hubungan stres kerja tenaga kesehatan dengan kualitas pelayanan di UPT Puskesmas Medan Sunggal. Journal of Pharmaceutical and Sciences, 1(Suppl. 1), 393-399.

Fridayanti, F., [et al.]. (2021). Pengaruh lingkungan kerja dan stres kerja terhadap kinerja karyawan PT. Gemilang Inti Sukses Jombang. Jurnal Global Manajemen, 13(1), 88-95.

Hakman, H., [et al.]. (2021). Pengaruh beban kerja, stres kerja, motivasi kerja terhadap kinerja perawat pasien COVID-19. Nursing Care and Health Technology Journal, 1(2), 48-54.

Hasibuan, M. S. P. (2020). Desain sistem manajemen kinerja. Ahlimedia Press.

Indrian, I., [et al.]. (2023). Pengaruh burnout dan work life balance terhadap kepuasan kerja serta implikasinya terhadap kinerja. Journal Intelektual, 2(1), 27-37.

Issalillah, F. (2022). Pengaruh stres kerja dengan kinerja perawat di rumah sakit. Jurnal Satyagraha, 5(1), 48-56.

Kotler, P. (2022). Marketing management (16th ed.). Pearson Education.

Lockwood, N. R. (2024). Pengaruh work-life balance dan burnout terhadap kepuasan kerja karyawan bagian lapangan CV Putra Mandiri. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan Indonesia, 2(2), 203-217.

Moore, C. (2022). Hubungan antara work life balance dan stres kerja pada karyawan. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(3), 694-700.

Nadhova, N., [et al.]. (2022). Pengaruh stress kerja dan kualitas terhadap turnover intention perawat di masa pandemi COVID-19. Jurnal Keperawatan Priority, 5(1), 34-43.

Noviani, N. (2021). Pengaruh work life balance dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan di masa work from home pada kantor Kementrian Agama Kabupaten Indramayu. Jurnal Syntax Admiration, 2(11), 2037-2050.

Nurisman, N., [et al.]. (2022). Peran work life balance dalam memoderasi hubungan antara konflik pekerjaan dan keluarga terhadap stres pekerjaan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(6), 1-10.

Nusran, M. (2022). Pengaruh stres kerja dan beban kerja terhadap kinerja karyawan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 11(3), 741-749.

Pebiyanti, P., [et al.]. (2021). Pengaruh work life balance dan stres kerja terhadap kinerja karyawan (Studi pada Bank BJB Cabang Tasikmalaya). *e-Proceeding of Management, 8*(4), 3751-3771.

Piscesta, P., [et al.]. (2022). Pengaruh work life balance terhadap stress kerja pada akuntan pendidik di Kota Palembang. Jurnal Informasi Akuntansi, 1(2), 129-140.

Rifadha, R., [et al.]. (2020). Peran work-life balance dan kepuasan kerja terhadap kinerja. Jurnal Ilmu Manajemen, 20(1), 606-620.

Rizan, R., [et al.]. (2022). Peran work-life balance dan stress kerja dalam menciptakan kepuasan kerja serta pengaruhnya terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh tenaga kesehatan rumah sakit di Karawang. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 13(2), 306-330.

Saputra, S. (2021). Analisis work-life balance pada perawat wanita sudah menikah (Studi kasus Rumah Sakit Umum Daerah Raja Ahmad Tabib) Provinsi Kepulauan Riau. Jurnal Manajerial dan Bisnis Tanjung Pinang, 4(2), 106-114.

Saputra, S., [et al.]. (2020). Hubungan peran ganda dan stres kerja dengan kinerja perawat wanita di pelayanan rumah sakit. JOHC, 1(2), 1-10.

Sitanggang, S., [et al.]. (2021). Pengaruh work life balance dan beban kerja terhadap stress kerja (Studi pada BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Kota Kediri Jawa Timur). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 9(2), 1-15.

Tjiptono, F. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan, produk dan harga terhadap minat beli pada toko online Lazada di Bandar Lampung. Jurnal Ekonomi, 22(1), 101-118.

Urba, U., [et al.]. (2022). Hubungan antara work life balance dan stres kerja pada karyawan. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(3), 694-700.

Wirawan, W. (2022). Pengaruh beban kerja terhadap stress kerja melalui work life balance. Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, dan Pendidikan Sibatik Journal, 1(10), 2169-2180.

Zeithaml, V. A., [et al.]. (2020). Kualitas layanan administrasi akademik di Politeknik Negeri Pontianak. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik, 6(1), 94-99.

Downloads

Published

2025-07-26

How to Cite

Gunari, K. D., Astiti, N. P. Y., & Adhika, I. N. R. (2025). PENGARUH WORK LIFE BALANCE DAN STRES KERJA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA BADAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH KABUPATEN GIANYAR. EMAS, 6(7), 1685–1696. https://doi.org/10.36733/emas.v6i7.12221

Issue

Section

Articles