PENGARUH STORE ATMOSPHERE, CUSTOMER EXPERIENCE, DAN WORD OF MOUTH TERHADAP REPURCHASE INTENTION PADA KOPI VETERAN DENPASAR BALI
Keywords:
Store Atmosphere, Customer Experience, Word Of Mouth dan Repurchase IntentionAbstract
Repurchase intention merupakan perilaku konsumen dimana konsumen merespon secara positif dan berniat melakukan kunjungan kembali atau membeli kembali sebuah produk. Jika mereka merespon secara positif, maka mereka akan diperkuat dengan pemikiran yang positif. Respon yang mereka terima tersebut bisa membuat individu dapat melakukan pembelian berulang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh store atmosphere, customer experience dan word of mouth terhadap repurchase intention pada Kopi Veteran Denpasar Bali. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen yang mengunjungi lebih dari satu kali dan membeli produk Kopi Veteran Denpasar Bali yang tidak diketahui jumlahnya. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 105 orang. Pengolahan data penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Store Atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap Repurchase Intention pada Kopi Veteran Denpasar Bali, Customer Experience berpengaruh positif dan signifikan terhadap Repurchase Intention pada Kopi Veteran Denpasar Bali, Word Of Mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap Repurchase Intention pada Kopi Veteran Denpasar Bali.
References
Agustin, D. D. 2021). Pengaruh Store Atmosphere dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Putri Duyung Ancol). Program Studi Manajemen S1, Universitas Widyatama.
Aisyah, I. N., & Wahyono. (2018). Influence of Store Atmosphere, Product Knowledge and Brand Image toward Purchase Decision through Word of Mouth. Management Analysis Journal, 7(2), 190–200.
Ariffin, S., Yusof, J. M., Putit, L., & Shah, M. I. (2016). Factors Influencing Perceived Quality and Repurchase Intention Towards Green Products. Procedia Economics and Finance, 37, 391–396.
Asadifard, M., Rahman, A., Aziz, Y., & Hashim, H. (2018). A Review on Tourist Mall Patronage Determinant in Malaysia. International Journal Of Innovation, Management And Technology, 6(3) : 229.
Atika, R. (2020). Pengaruh Shoping Orientation Dan Prior Online Purchase Experience Terhadap Repurchase Intention Fashion Di Tokopedia. IIB Darmajaya.
Azjen, I. (2020). The Theory Of Planned Behavior: Frequently Asked Questions. Journal Human Behavior and Emerging Technologies, 2(4) 314-324.
Berman, B., Joel R, E., & Chatterjee, P. (2018). Retail Management : A Strategic Approach. USA: Macmilian Publishing Company.
Coker, E. N., & Linden, S. V. (2022). Fleshing Out The Theory Of Planned Of Behavior: Meat Consumption As An Environmentally Significant Behavior. Current Psychology, 41.2 : 681-690.
Dewiasih, T., & Nainggolan, B. (2022). Peningkatan Niat Pembelian Ulang dengan Kualitas Layanan dan Word of Mouth di Ha-Ka Restoran : Peran Kepuasan Pelanggan sebagai mediasi. Eduturisma, 6(2).
Dzaky, F. M., & Harahap, D. A. (2022). Pengaruh Service Quality, Customer Experience, dan Taste Terhadap Repurchase Intention Pada Pelanggan Ini Kopi Café di Bandung. Bandung Conference Series: Business and Management, (Vol. 2, No. 2, pp. 1308-1315).
Fadli, F. F. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Word of Mouth Terhadap Niat Pembelian Ulang Di Hotel Ketapang Indah Banyuwangi.
Farid, I. A. (2021). Pengaruh Customer Experience Terhadap Repurchase Intention Konsumen Pada D'besto Cabang Marpoyan Damai Pekanbaru. Repository Universitas Islam Riau.
Farida, N. (2018). Pengaruh Reputasi Merek, Kualitas Produk Dan Word of Mouth Terhadap Repurchase Intention Koperasi Serba Usaha (Ksu) Apikri (Studi Kasus Pada Konsumen Produk Kerajinan Ksu Apikri Yogyakarta). Jurnal Ilmu Manajemen, 15(1), 18-26.
Farida, N. (2021). Pengaruh nilai pelanggan dan promosi penjualan terhadap repurchase intention melalui kepuasan pelanggan (studi pada konsumen Alfa Cell di Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(2), 1121-1134.
Fauziah, E. (2021). Pengaruh Store Atmosphere Dan Service Quality Terhadap Repurchase Intention Dengan Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pelanggan Bakoel Eskrim Gombong). Universitas Putra Bangsa.
Fikriando, E., & Syafrizal. (2020). Pengaruh Store Atmosphere, Consumer Innovativeness, Dan Brand Image Terhadap Consumer Repurchase Intention Pada Mcdonald’s Ahmad Yani Padang. Menara Ilmu, 14(2).
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hasan, A. (2013). Marketing dari Mulut ke Mulut: Word of Mouth Marketing. Jakarta: MedPress.
Hasniati, Sirajuddin, A., & Indriasar , D. P. (2021). Pengaruh Customer Experience terhadap Repurchase Intention Produk Online dengan Customer Satisfaction sebagai Variable Intervening. Management and Accounting Research Statistics, 1(2), 11-23.
Humairoh, Annas, M., & Rifqi, M. (2023). Store Atmosphere, Store Location, E-Reviews, dan Consumer Purchase Intention. JMB: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 12(1), 19-25.
Joesyiana, K. (2018). The Effect Of Word Of Mouth On Consumer Purchasing Decisions At Shopee (Online Shop) In Pekanbaru. Valuta, 4(1), 71-85.
Maharani, N. D., & Suwitho. (2021). Pengaruh Store Atmosphere, Variasi Produk, Dan Harga Terhadap Repurchase Intention Pada Economie Resto Merr Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 10(3).
Melia, C. (2023). Pengaruh Digital Marketing, Customer Experience dan Customer Trust Terhadap Repurchase Intention Secara Online Produk Kosmetik Wardah. Jurnal Simki Economic, 6(2), 242-254.
Meyer, C., & Schwager, A. (2019). Understanding Customer Experience. Harvard Business Review, 85(2):116-26, 157.
Muriati, & Rino. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Word of Mouth terhadap Niat Membeli Kembali dengan Keputusan Pembelian sebagai Mediasi Dalam Menggunakan Maxim. Jurnal Ecogen, 5(3), 387-399.
Mursani, J. E., Hartono, S., & Sudarwati. (2022). Repurchase Intention Ditinjau Dari Store Atmosphere, Lifestyle Dan Product Variety (Studi Kasus Pada Coffee Shop Heika Kopi Surakarta). Jurnal Manajemen Bisnis Syariah.
Nofiyanti, & Wiwoho , G. (2020). Pengaruh Perceived Usefulness dan Perceived Value Terhadap Online Repurchase Intention pada Marketplace Shopee di Kecamatan Kebumen dengan Customer Satisfaction sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(2), 281-290.
Paramita, R. W. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif . Lumajang: Widya Gama Press.
Ponggeng, A. Y., & Mulia, D. (2020). Pengaruh Trailer, Word of Mouth (WOM), Kualitas Film dan Bintang Film yang Diminati Menonton (Repurchase Intention) Film Nasional. Jurnal Sains Inovatif dan Teknologi, 5(11) 596-604.
Priansa, D. J. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu. Bandung: Pustaka Setia.
Rahanatha, G. B. (2019). Peran Word Of Mouth Dalam Memediasi Hubungan Brand Awareness Dengan Purchase Intention (Doctoral dissertation, Udayana University).
Rahmawati, A. P., Prihastuty, R., & Azis, A. (2018). Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Repurchase Intention. Intuisi: Jurnal Psikologi Ilmiah, 10(3), 293-298.
Restuputra, M. D., & Rahanatha, G. B. (2020). Promosi Penjualan, Store Atmosphere, Dan Brand Image Berpengaruh Terhadap Repurchase Intention. E-Jurnal Manajemen.
Rohmanto, F. D. (2018). Pengaruh Dimensi Store Atmosphere Terhadap Consumer Repurchase Intention Pada Toko Surya Gedong Meneng Bandar Lampung.
Salim, K. F., Catherine, & Andreani, F. (2015). Pengaruh Customer Experience Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Tx Travel Klampis. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 3(1), 322-340.
Santika, D. (2022). Penerapan Store Atmosphere, Kualitas Makanan dan Atribut Restoran terhadap Minat Mengunjungi Kembali Gerai Restoran di Pontianak. MABIS, 13(2), 134-144.
Saputra, A. A., Amboningtyas, D., & Leonardo, B. (2020). The Influence Of Brand, Atmosphere Store And Word Of Mouth On Repurchase Intention (Case Study At Sambal Special Stalls). Journal Of Management, 6(2).
Seligman, J. (2018). Customer Experience Management The Experiential Journey. Lulu.com.
Septian, B. P., & Handaruwati, I. (2021). Pengaruh Customer Experience Terhadap Kepuasan Konsumen Produk Kuliner Lokal Soto Mbok Geger Pedan Klaten. Jurnal Bisnisman: Riset Bisnis dan Manajemen, 3(2), 16-33.
Sitorus, O. F., & Utami, N. (2017). Strategi Promosi Pemasaran. Jakarta: FKIP UHAMKA.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumartini, L. C., & Tias, D. F. (2019). Analisis Kepuasan Konsumen Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Kedai Kopi Kala Senja. Jurnal E-bis, 3(2), 111-118.
Utami, C. W. (2014). Manajemen Ritel, Edisi 2, Salemba Empat . Jakarta .
Utami, C. W. (2017). Manajemen Ritel: Strategi & Implementasi Operasional Bisnis Ritel. Bandung: Kencana.
Utomo, A. R. (2020). Pengaruh Customer Experience Terhadap Repurchase Intention dengan Brand Engagement Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Pengguna Produk Outdoor Gear Eiger di Kota Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB.
Wijaya, Z. R., & Sanusi, F. D. (2021). Pengaruh Customer Experience, Location dan Product Diversity Terhadap Repurchase Intention. Cakrawala Repositori IMWI, 4(2), 207-217.
Wulandari, A. (2022). Pengaruh Brand pride, Web Design Quality, E-service Quality, Dan Customer Experience Terhadap Repurchase Intention E-commerce Shopee Pada Konsumen Milenial Mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember (Doctoral Dissertation,UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER).