PENGARUH KOMUNIKASI, KEPEMIMPINAN DAN PENGAWASAN TERHADAP DISIPLIN KERJA KARYAWAN PADA DINAS PERTANIAN KOTA DENPASAR

Authors

  • Ni Kadek Dwi Lestari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gede Rihayana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Bagus Nyoman Kusuma Putra Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Komunikasi, Kepemimpiman, Pengawasan, Disiplin Kerja Karyawan

Abstract

Sumber daya manusia merupakan aset organisasi yang paling penting sehingga harus dikelola dengan baik, serta dapat digunakan secara maksimal sehingga tercapai tujuan di dalam suatu perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi, kepemimpinan dan pengawasan terhadap disiplin kerja pegawai.

Penelitian ini dilakukan pada Dinas Pertanian Kota Denpasar. Sampel dalam penelitian ini adalah 55 orang pegawai pada Dinas Pertanian Kota Denpasar. Metode penentuan sampel pada penelitian ini adalah dengan teknik pengambilan Sampel Proporsional Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah análisis regresi linier melalui program SPSS versi 25.

Bedasarkan hasil analisis, penelitian ini menunjukan bahwa komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin kerja pegawai pada Dinas Pertanian Kota Denpasar. Semakin meningkat komunikasi yang ada pada Dinas Pertanian Kota Denpasar maka disiplin kerja pegawai akan semakin meningkat. Kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin kerja pegwai pada Dinas Pertanian Kota Denpasar. Semakin meningkat kepemimpinan yang ada di Dinas Pertanian Kota Denpasar maka disiplin kerja pegwai akan semakin meningkat. Pengawasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin kerja pegwai pada Dinas Pertanian Kota Denpasar. Semakin meningkat pengawasan yang ada di Dinas Pertanian Kota Denpasar maka disiplin kerja pegwai akan semakin meningkat.

References

Andriani, T. A,. 2017. Pengaruh kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Disiplin Kerja Guru di SMA Negeri 1 Berastagi (Undergraduate thesis, UNIMED).

Berit, T. (2019). Pengaruh Pengawasan terhadapDisiplin Kerja Pegawai pada Dinas Pekerjaan umum Kabupaten Mahakam Ulu. Administrasi public,2(2), 479-491

Bintoro dan Daryanto. 2017. Manajemen Penilaian Kinerja Karyawan. Cetakan 1. Yogyakarta : Gava Media.

Brahmannanda S & Suwandana M. Pengaruh Kepemimpinan Tranformasional, Budaya Organisasi dan Komunikasi terhadap Disiplin Kerja Karyawan Fashion Market Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol.-, No.-, 2018.

Daulay, D. Dkk.2017. Manajemen. Lembaga Penelitian dan Penulisan Ilmiah. Aqli, Medan.

Fauziah, S. (2016). Pengaruh pengawasan terhadap disiplin kerja melalui budaya organisasi sebagai variabel intervening pada karyawan PT. BRI (Persero) Tbk Blitar (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Hapsari. A,R. 2022. Pengaruh Motivasi, Komunikasi, dan Pengawasan terhadap Disiplin Kerja Karyawan PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang Tanjung Emas Semarang. Skripsi Universitas Sebelas Maret Surakarta. (Doctoral dissertation Universitas Sebelas Maret Surakarta).

Hendrayani & Anggraini,H,V. 2022. Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Disiplin Kerja Karyawan Kantor Camat Tambang Kabupaten Kampar. Eko dan Bisnis (Riau Economics and Business Review). Volume 13, Nomor 2, 27 Juni 2022.

IDewa Gede, A. P.2020. Pengaruh Komunikasi terhadapdisiplin kerja karyawan pada CV. Tri Tunggal Sejahtera. Skripsi Universitas Ngurah Rai. (Doctoral dissertation Universitas Ngurah Rai).

Kurniawan, R. ., Hermanto, H., & Susanto, A. . (2022). Pengaruh Kepemimpinan Pengawasan dan Hukuman terhadap Kedisiplinan Kerja Karyawan Sekretariat Daerah Kabupaten Bima. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 5(2), 329-340.

Liyas, Jeli Nata. "Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Disiplin Kerja Karyawan Pada PT. BANK Syariah Mandiri." JEBI (Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam) 2.2 (2017): 121-129

Matana, A. 2017. Pengaruh Total Quality Management Terhadap Ekspektasi Kinerja Karyawan Pada PT. Pelabuhan Indonesia IV (Persero). Skripsi Universitas Hasanuddin Makassar.

Mulyani, R. 2021.Pengaruh Pengawasan Terhadap Disiplin Kerja Melalui Budaya Organisasi Sebagai Variabel Intervening Karyawan Pada Badan Kekaryawanan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Tesis Universitas Komputer Indonesia. (Doctoral dissertation Universitas Komputer Indonesia).

Ruweda, Burhanudin, Hafis E.H. 2021. Pengaruh Pengawasan Terhadap Disiplin Kerja Pegawai Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Kabupaten Luwu Utara. https://journal.unismuh.ac.id

Sinambela, L. P. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Singodimedjo dalam Edi Sutrisno, 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Pengaruh Disiplin Kerja terhadap Prestasi Kerja Jakarta : Kencana.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Veithzal Rivai Zainal. 2017. Manajemen Kinerja Untuk Perusahaan dan Organisasi (Cara Tepat dan Mudah Menilai Kinerja dari Teori ke Praktik). Edisi Pertama, Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM, Yogyakarta, 55261

Said, M. R., & Radiman, R.. 2019. Pengaruh Motivasi, Pengawasan dan Kepemimpinan terhadap Disiplin Kerja Karyawan Pada Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kaupaten Aceh Tamiang. E-Jurnal lmiah Magister Manajemen, Vol. 2, No. 1, Maret 2019, 117-12

Sutrisno, E. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan ke-8. Jakarta. Kencana.

Gresida, P. & Utama, I,W,M. pengaruh komunikasi, motivasi, dan lingkungan kerja fisik terhadap disiplin kerja karyawan pada Warung Mina Cabang Peguyangan Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana. Vol. 8, No. 10, 2019 : 5928-5946.

Nasar, I. M. 2017. Pengaruh Kompetensi Profesional Guru dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar di Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa (Doctoral dissertation, Pascasarjana).

Wati, P. A. D. 2020. Pengaruh Komunikasi Kepemimpinan terhadap Disiplin Kerja Karyawan Pada Ngalup Coworking Space. Tesis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. (Doctoral dissertation Universitas Muhammadiyah Malang).

Downloads

Published

2023-12-26

Issue

Section

Articles