PENGARUH KEPEMIMPINAN, BUDAYA ORGANISASI DAN ORIENTASI KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA BADAN PENDAPATAN DAERAH KABUPATEN BADUNG

Authors

  • Ni Luh Dita Devi Antari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Agus Wahyudi Salasa Gama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Yeni Astiti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Kepemimpinan, Budaya Organisasi, Orientasi Kerja, Kinerja Pegawai

Abstract

Sumber daya manusia merupakan hal yang penting dalam sebuah organisasi. Peranan sumber daya manusia dalam organisasi sangat penting karena sumber daya manusia ini bias dikatakan sebagai pengelola sistem, agar suatu sistem tetap berjalan, tentunya dalam pengelolaan harus memperhatikan aspek–aspek penting. Salah satu faktor yang mempengaruhi  kinerja pegawai  adalah kepemimpinan, budaya organisasi, dan orientasi kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan, budaya organisasi, dan orientasi kerja terhadap kinerja pegwai pada Badan Pendapatan daerah Kabupaten Badung. Populasi dalam penelitian ini adalah 260 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah 72 orang pegawai pada Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Badung. Penentuan sampel dalam penelitian ini adalah Probability sampling yaitu simple random sampling , dimana peneliti memberikan peluang yang sama bagi setiap anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel yang dilakukan dengan cara diambil secara acak. Teknik analisis yang digunakan adalah  Uji Instrument, Uji Asumsi klasik, Analisis Inferensial dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel Kepemimpinan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kinerja pegawai, Budaya Organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, dan Orientasi Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada Badan Pendaptan Daerah Kabupaten Badung.

References

Afandi, A., & Bahri, S. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(2), 235-246.

Andayani, I. (2019). Pengaruh Kepemimpinan, Budaya Organisasi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Aceh Tamiang (Doctoral dissertation).

Arsanti, Tutuk A. 2009. “Hubungan Antara Penetapan Tujuan, Self Efficacy dan Kinerja”, Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE): hal. 97-110.

Delly Intan Permatasari, 144010028 and Pembimbing I, Dr. Ina Ratnamiasih., SE., MSi (2018) Pengaruh Bban Kerja, Stres Kerja Dan Orientasi Kerja Terhadap Kinerja Anggota Pada Satuan Sabhra Polrestabes Bandung. Skripsi(S1) thesis, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung.

Dita Yuliani, 134010236 and Pembimbing I, Dr. Atty Tri Juniarti., SE., MSi (2018) Pengaruh Budaya Organisasi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Dan Dampaknya Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Kembang Christhapharma Di Bandung. Skripsi(S1) thesis, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung.

Edwin, Locke. 1968. “Toward a Theory of Tasks Motivation and Incentives”. American Institutes for Reaserch, No. 3:157-89, 1968.

Fahmi, Irham. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : Alfabeta.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang

Kaehler, B., & Grundei, J. (2019). HR Governance A Theoretical Introduction. Researchgate, 2019(July 2018), 1–29.

Nugraha, Aga. 124010045 and Pembimbing I, Dr. Atty Tri Juniarti., SE., MSi 2017 Pengaruh Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Koperasi Dan Usaha Mikro, Kecil dan menengah (KUMKM) Provinsi Jawa Barat. Skripsi(S1) thesis, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung.

Ompusunggu, S.J. dan J. Simanjuntak. 2020. Pengaruh Budaya Organisasi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Amtek Engineering Batam. Jurnal Rekaman 4(2):358-370.

Pratiwi, P. A. L., Lengkong, V. P., & Mintardjo, C. M. (2017). Pengaruh Orientasi Kerja, Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada PT. Pln Persero Wilayahsuluttenggo Area Manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 5(2).

Robbin & Judge. 2015. Perilaku Organisasi Edisi 16. Jakarta. Salemba Empat.

Rompas, R. F., & Trang, I. (2018). Dampak Pelatihan, Orientasi dan Motivasi Dalam Peningkatan Kinerja Pegawai BPBD Provinsi SULUT. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(3).

Samsuddin, H. (2018). Kinerja Pegawai: Tinjauan dari Dimensi Gaya Kepemimpinan, Budaya Organisasi dan Komitmen Organisasi (Pertama). Sidoarjo: Indomedia Pustaka.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Wahyudi. 2017. Manajemen Konflik Dan Stres Dalam Organisasi Pedoman Praktis Bagi Pemimpin Visioner. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2023-12-26

Issue

Section

Articles