PENGARUH KESELAMATAN, KESEHATAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PARAMITHA AUTO GRAHA DENPASAR

Authors

  • Ni Kadek Budiani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Made Dwi Puspitawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Luh Gede Putu Purnawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Keselamatan Kerja, Kesehatan Kerja, Komitmen Organisasi, Kinerja Karyawan

Abstract

Sumber daya manusia merupakan salah satu faktor penting dari suatu perusahaan dan memiliki peranan yang menentukan perkembangan perusahaan.Manusia merupakan aset utama dalam perusahaan yang perlu mendapatkan perhatian serius dan dikelola dengan baik.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keselamatan kerja, kesehatan kerja dan komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan.Penelitian ini dilakukan di Paramitha Auto Graha Denpasar. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah karyawan Paramitha Auto Graha Denpasaryang berjumlah 70 orang sebagai responden penelitian. Metode penentuan sampel pada penelitian ini adalah metode sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan melalui, observasi, wawancara, metode kuesionerdan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah análisis regresi linier berganda melalui program SPSS versi 25.Bedasarkan hasil analisis, penelitian ini menunjukan bahwa Keselamatan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan yang berarti semakin meningkat keselamatan kerja maka kinerja pada PT Paramitha Auto Graha Denpasar meningkat. Kesehatan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan yang berarti bahwa semakin baik kesehatan kerja maka kinerja pada PT Paramitha Auto Graha Denpasar akan meningkat. Komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan yang berarti bahwa semakin baik komitmen organisasi maka kinerja pada PT Paramitha Auto Graha Denpasar akan meningkat.

References

Andre, M., & Hermanto, A. 2021. Pengaruh Komitmen Organisasi Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. Citra Mandiri Cemerlang Prima. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 9(2), 1-12.

Arsanti, T. A. 2017. Hubungan antara penetapan tujuan, self-efficacy dan kinerja. Jurnal Bisnis dan Ekonomi, 16(2), 97-110.

Budiana, I. M. A., Landra, N., & Puspitawati, N. M. D. 2021. Pengaruh Pengembangan Karir, Disiplin Kerja dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Camat Manggis, Kabupaten Karangasem. Values, 2(2).

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang

Gibson. 2017. Organization, Behavior, Structure & Process. Boston. USA.

Giyanti, D., Setyowati, N. W., & Dharmanto, A. 2022. Pengaruh Servant Leadership dan Komitmen Organisasi Terhadap Peningkatan Kinerja (Studi Kasus Pada Pegawai di Kelurahan Pekayon Jaya, Kec. Bekasi Selatan, Kota Bekasi). Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2451-2464.

Greenberg, J. and Baron R.A. 2017. Behavior in Organization. Pearson Education International. Australia.

Hasanah, T. 2021. Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) terhadap Kinerja Karyawan.Journal of Management and Bussines (JOMB), 3(1), 48-54.

Hernilawati, H., Sutriswanto, S., & Rusvitawati, D. 2021. Pengaruh Keselamatan Dan Kesehatan Kerja, Kompensasi, Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Cv Berkah Anugerah Abadi Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan. Jurnal Riset Akuntansi Politala, 4(1), 22-33.

Husni L. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Malinda, R. 2021. Pengaruh Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di PT PDAM Tirta Merangin. Ekopendia, 6(1), 14-26.

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Manurung, H. E. 2019. Pengaruh Keselamatan Kerja dan Kesehatan Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Sarana Pembangunan Palembang Jaya. Jurnal Manajemen, 7(4), 11-15.

Mondy, Noe. 2017. Human Resource Management United of America, Jakarta: CV. Andi.

Nasution, L., & Ichsan, R. N. 2020. Pengaruh Keselamatan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan II Medan. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 3(2), 452-458.

Rivai, Veithzal. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan.

Jakarta: Rajawali Pers.

Sedarmayanti. 2018. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: CV. Mandar Maju.

Sopiah. 2018. Perilaku Organisasi. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Srimindarti, C. 2017. Corporate Governance Memoderasi Earnings Management dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu & Call For Papers UNISBANK Ke-3 (SENDI_U 3).

Tobing, A. R., & Simanjuntak, J. 2020. Pengaruh Keselamatan dan Kesehatan Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan PT. Citra Shipyard. Journal of Technopreneurship on Economics and Business Review, 2(1), 1-11.

Umpusinga, H. A. 2022. Pengaruh Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kompensasi Sebagai Variabel Moderasi. Derivatif: Jurnal Manajemen, 16(1), 120-126.

Widodo, Suparno Eko. 2017. Manajemen Pelatihan. Jakarta: Jaya Media.

Downloads

Published

2023-12-26

Issue

Section

Articles