PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, KOMUNIKASI, DAN LINGKUNGAN KERJA FISIK TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT EKA GRAFIS DI DENPASAR

Authors

  • Iga Ratih Alamanda Mutiara Dewi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Anak Agung Dwi Widyani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Putu Ayu Sintya Saraswati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Budaya Organisasi, Komunikasi Lingkungan Kerja Fisik, Kinerja Karyawan

Abstract

Keberhasilan sebuah perusahaan tidak hanya dilihat dari kecanggihan mesin-mesin yang dimilikinya tapi juga tergantung dari kualitas sumber daya manusia yang dimiliki perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi, komunikasi dan lingkungan kerja fisik terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini dilakukan pada PT Eka Grafis di Denpasar dengan sampel sebanyak adalah 49 orang karyawan pada PT Eka Grafis di Denpasar. Metode penentuan sampel pada penelitian ini adalah metode sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah análisis regresi linier melalui program SPSS versi 25. Bedasarkan hasil analisis, penelitian ini menunjukan bahwa budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT Eka Grafis di Denpasar. Semakin baik budaya organisasi yang ada pada PT Eka Grafis di Denpasar maka kinerja karyawan akan semakin meningkat. Komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT Eka Grafis di Denpasar. Semakin baik komunikasi yang ada di PT Eka Grafis di Denpasar maka kinerja karyawan akan semakin meningkat. Lingkungan kerja fisik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT Eka Grafis di Denpasar. Semakin baik lingkungan kerja fisik yang ada di PT Eka Grafis di Denpasar maka kinerja karyawan akan semakin meningkat.

References

Afandi, P. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan

Indikator). Riau: Zanafa Publishing.

Akbar, D. M. 2020. Pengaruh Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada KUD Karangploso Kabupaten Malang). JIAGABI (Jurnal Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis), 7(3), 97-101.

Aprilianti, R., & Syarifuddin, S. 2022. Pengaruh Budaya Organisasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Dinas Kesehatan Kota Bandung. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik, 9(2), 357-368.

Azhari, M. 2022. Pengaruh Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Bukhari Express. Aliansi: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 17(1), 71-78.

David. 2018. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. California: SAGE Publication, Inc.

Girsang, W. S. 2019. Pengaruh Budaya Organisasi dan Komitmen Terhadap Kinerja Karyawan RS Putri Hijau No. 17 Medan. Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 4(2), 159-170.

Handoko. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Jayusman, H., Setyorini, W., & Prakasa, A. D. 2021. Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Kinerja Karyawan Teras Kopi Sukamara. Magenta, 9(2), 75-82.

Karo-karo, A. P., & Ongsa, R. 2022. Pengaruh Budaya Organisasi, Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan dan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel intervening (Studi Empiris Pada PT Panca Putra). Balance: Jurnal Akuntansi dan Manajemen, 1(2), 200-208.

Luthans, Fred & Jonathan P. Doh. 2017. Manajemen Internasional: Budaya,

Strategi, dan Perilaku. Jakarta. Salemba Empat.

Mardiana Yusuf. 2018. Komitmen Organisasi. Makasar: CV Nas Media Pustaka.

Mutiara, V. 2021. Pengaruh Beban Kerja, Lingkungan Kerja, Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pada Pegawai Dinas Ketenagakerjaan Pemerintah Provinsi Riau. ECOUNTBIS: Economics, Accounting and Business Journal, 1(1), 270-283.

Purnamasari, R. (2019). Determinan Goal-Setting terhadap Kinerja Pegawai Pengelola Keuangan. Relevance: Journal of Management and Business, 2(1).

Rianda, S., & Winarno, A. 2022. Pengaruh Kompensasi Dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Kinerja Pegawai Pada PT Rajasaland Bandung. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik, 9(2), 192-203.

Saraswati, N. P. A. S., Widyani, A. A. D., & Sagita, L. P. D. I. 2020. Employee’s Performance at PT. Mitra Tri Sakti. Asia Pacific Journal of Management and Education (APJME), 3(2), 105-108.

Silalahi, F. A., Wibowo, E. A., & Hasibuan, R. 2021. Pengaruh Komunikasi, Disiplin Kerja, Etos Kerja, Dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Kinerja Karyawan PT. Esun Internasional Utama Indonesia Batam, Equilibiria, 9(2), 24-36.

Sudaryono. 2017. Budaya dan Perilaku Organisasi. Jakarta: Lentera Ilmu Cendekia.

Sugiyono, E., & Rahajeng, R. 2022. Pengaruh budaya organisasi, gaya kepemimpinan dan kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai melalui motivasi pegawai sebagai variabel intervening pada dinas ketahanan pangan, kelautan dan pertanian Provinsi DKI Jakarta tahun 2020. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 4(7), 2691-2708.

Suhanta, B., Jufrizen, J., & Pasaribu, F. 2022. Pengaruh Kepemimpinan Dan Komunikasi Terhadap Kinerja Pegawai yang Dimoderasi Lingkungan Kerja. Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 5(2), 1396-1412.

Warongan, B. U., Dotulong, L. O., & Lumintang, G. G. 2022. Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt Jordan Bakery Tomohon. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(1), 963-972.

Wibowo, N. F., & Prasetyo, A. 2022. Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik, Kompensasi dan Motivasi Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan pada Karyawan AMP (Asphalt Mixing Plant) PT Aneka Bangun Sarana (ABS) Gombong. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi (JIMMBA), 4(3), 387-398.

Hen, M. A., Widyani, A. A. D., & Saraswati, N. P. A. S. 2022. Pengaruh Komunikasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Rumah Makan Twisster Dog Panjer. EMAS, 3(1), 12-20.

Wirawan. 2017. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia Teori Aplikasi dan Penelitian. Jakarta. Salemba Empat, Jakarta.

Downloads

Published

2023-12-26

Issue

Section

Articles