PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI, MOTIVASI KERJA, DAN KOMPENSASI TERHADAP TURNOVER INTENTION KARYAWAN PADA KSP CATUR BANGLI MANDIRI

Authors

  • Komang Ayu Diantini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Agus Wahyudi Salasa Gama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Yeni Astiti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

komitmen organisasi, motivasi kerja, kompensasi turnover intention karyawan

Abstract

Turnover intention (keinginan berpindah kerja) adalah kecenderungan atau keinginan berkelanjutan yang dilakukan oleh karyawan untuk meninggalkan organisasi dan digantikan kembali oleh karyawan lain. Faktor yang dapat mempengaruhi Turnover intention antara lain komitmen organisasi, motivasi kerja, dan kompensasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komitmen organisasi , motivasi kerja, dan kompensasi terhadap turnover intention pada KSP Catur Bangli Mandiri   di Desa Jehem,Bangli. Penelitian ini dilakukan pada KSP Catur Bangli Mandiri  yang berlokasi di Desa Jehem, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli. Objek dalam penelitian ini adalah komitmen organisasi, motivasi kerja, kompensasi dan turnover intention karyawan. Populasi dalam penelitian adalah seluruh karyawan pada KSP Catur Bangli Mandiri di Desa Jehem, Bangli sebanyak 46 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua populasi yaitu seluruh karyawan pada KSP Catur Bangli Madiri. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan komitmen organisasi, motivasi , dan kompensasi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap turnover intention pada KSP Catur Bangli Mandiri

References

Afianto, I.D. Utami, H. N. 2017. Pengaruh Disiplin Kerja Dan Komunikasi Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan Divisi Marketing PT. Victory International Futures Kota Malang), Jurnal Administrasi Bisnis, 50(6), Pp. 58–67.

Afni, N., & Saragih, R. (2018). Pengaruh Budaya Organisasi. Terhadap Komitmen Organisasi Pada Karyawan PT. Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk Kantor .

Akbar, A. 2017. Pengaruh Komitmen Organisasional Terhadap Kinerja (Studi Pada Karyawan PT Pelindo Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB).

Ananto, Setyo., Rahyuda, Ketut., Priartrini, Putu. 2018. Pengaruh Motivasi Terhadap Kepuasan Kerja Dan Intensi Keluar Pada Asisten Kursus Metode Kumon Di Bali Dan Lombok. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana,Vol.5, No.9.

Ardianti, F. E., Qomariah, N., & Wibowo, Y. G. 2018. Pengaruh Motivasi Kerja, Kompensasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan (Studi Kasus Pada PT. Sumber Alam Santoso Pratama Karangsari Banyuwangi). Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia (JSMBI), 8(1).

Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Astutik, Reni. 2017. Pengaruh Kompensasi, Motivasi, Dan Kepuasan Kerja Terhadap Turover Intention Karyawan (Studi Kasus Pada UKM Sempe Arumanis “Haji Ardi” Di Dusun Babadan, Sendangtirto, Berbah, Sleman).

Bibowo, Adi., Dan Masdup, Emi .2019. Pengaruh Kepuasan Kerja, Kompensasi Dan Motivasi Kerja Terhadap Turnover Intention Karyawan Bank Syariah Mandiri Cabang Padang. Jurnal Riset Manajemen Bisnis Dan Publik, Vol.3, No.3.

Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81-89.

Dyantini, Ni Nyoman Ayu ., Dan Dewi, I. Gusti Ayu Manuati. 2018. Pengaruh Komitmen Organisasional Dan Penilaian Kinerja Terhadap Turnover Intention. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 5, No. 11.

Penelitian Manajemen. BP Universitas Diponegoro. Semarang.

Firman, Sari Rahayu Rahman.2020. Pembelajaran Online di Tengah Pandemi

Fristiyanti, Mega. 2017. Pengaruh Komitmen Organisasi Dan Konflik Peran Terhadap Turnover Intention Di PT. Malugo Indonesia. Penelitian Dan Aplikasi Sistem Dan

Hanna, Elizabeth, And Friska Firnanti. 2018. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Auditor”. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi, Vol.15, No.1.

Hasibuan, Malayu S.P.. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Hidayah, S., & Harnoto. 2018. Role Of Organizational Citizenship Behavior (OCB), Perception Of Justice And Job Satisfaction On Employee Performance. Jurnal Dinamika Manajemen 9(2).

Kaswara, Leliana., Dan Santoso, Patricia. 2018. Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Komitmen Karyawan.

Lauren, Jessica. 2017. Pengaruh Kompensasi Dan Komitmen Organisasional Terhadap Turnover Intention Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediasi Pada Karyawan Pt. “X”. AGORA, Vol.5, No.1.

Locke, E.A. 1968. Toward A Theory Of Task Motivation And Incentives. Organizational Behavior And Human Performance. Pp: 68-106.

Luthan, F. 2017. Organizational Behavior: An Evidence-Based Approach. New York: Mcgraw-Hill.

Mahrofi, Reseliani., Sunaryo, Hadi., Dan Wahono, Budi. 2019. Pengaruh Stres Kerja, Motivasi, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Turnover Intention (Pada Karyawan Non Medis Rumah Sakit Islam Malang UNISMA). Elektronik

Muhammad Zaki. 2017. Analisis Kinerja Keuangan Dengan Teknik Common Size Pada Bank Umum Syariah Periode Tahun 2014-2015. Skripsi, Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Syariah Dan Ekonomi Islam.

Putri, Aulia. 2017. Pengaruh Ketidakamanan Kerja, Kepuasan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Turnover Intention Pada PT.Ratu Pola Bumi (RPB) Bandar Lampung. Prosiding Seminar Nasional Darmajaya, Vol.1.

Putrianti, Arin Dewi. 2019. Pengaruh Kompensasi Dan Motivasi Kerja Terhadap Turnover Intention (Studi Pada Karyawan PT. TIKI Jalur Nugraha Ekakurir Pusat Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|, Vol.12, No. 2.

Rachmah, Annisa Novian., Machasin., Dan Kurniawaty Fitri. 2017. Pengaruh Komitmen Organisasi, Kepuasan Kerja, Dan Budaya Organisasi Terhadap Turnover Intention Karyawan Hotel Mutiara Merdeka Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa, Vol.4, No.1. , Ni Nyoman Ayu ., Dan Dewi, I. Gusti Ayu Manuati.

Robbins, P. Stephen & Judge, Timothy A. 2017, Organizational Behaviour, Edisi. 13, Jilid 1, Salemba Empat, Jakarta.

Robbins, P. Stephen & Judge, Timothy A. 2017, Organizational Behaviour, Edisi. 13, Jilid 1, Salemba Empat, Jakarta.

Ruri, Fitria Hayuningtyas., Dan Risca Fitri Ayuni .2019. Pengaruh Kompensasi Dan Komitmen Organisasi Terhadap Turnover Intention (Studi Pada Karyawan Pt. Surya Mitra Farm Mojokerto). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB.

Sartono, Muhamad., Yulianue., Dan Budi, Leonardo. 2017. Pengaruh Kompensasi, Motivasi Kerja Dan Komitmen Organisasi Terhadap Turnover Intention.

Satwari, Titis., Dkk (2019), Dengan Judul Pengaruh Komitmen Organisasional Terhadap Turnover Intention (Survei Pada Karyawan Hotel Swiss-Belinn Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, Vol.40, No.2.

Sidharta, Novita., Dan Margaretha, Maily. 2019. Dampak Komitmen Organisasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Turnover Intention, Vol.10, No.2.

Suwandi, Dan Nur Indriantoro.1999. Pengujian Model Turnover Pasewark Dan Strawser: Studi Empiris Pada Lingkungan Akuntansi Publik. Jurnal Riset Akuntansi Indonesia, 2 (2), Halaman 173-195.

Zaki, Hammam. 2017. Pengaruh Beban Kerja Dan Kompensasi Terhadap Turnover Intention Melalui Kepuasan Kerja Pada Karyawan PT. Adira Quantum Multifinance Cabang Pekanbaru.Jurnal Tepak Manajemen Bisnis, Vol.8, No.3.

Downloads

Published

2023-12-26

Issue

Section

Articles