PENGARUH ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) DAN MARKET VALUE ADDED (MVA) TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2017-2019

Authors

  • Arma Aprillia Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Sukadana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Suarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Economic Value Added (EVA), Market Value Added (MVA), Harga Saham

Abstract

Posisi dan kinerja perusahaan sangat penting artinya bagi perusahaan untuk  mengetahui kekuatan dan kelemahan perusahaan serta menjadi sumber informasi bagi calon investor mengenai kondisi keuangan perusahaan dengan kaitannya terhadap harga saham yang akan dibeli oleh calon investor. Kinerja keuangan suatu perusahaan dapat dinilai dengan menggunakan beberapa alat analisis keuangan, salah satunya yaitu laporan keuangan dengan menggunakan metode Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA) terhadap harga saham. Penelitian ini dilakukan pada seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2019 dengan jumlah sampel sebanyak 57 perusahaan sub sektor makanan dan minuman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan dari nilai Economic Value Added (EVA) tidak berpengaruh terhadap harga saham sedangkan perubahan nilai Market Value Added (MVA) memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap harga saham.

References

Andika dan Witiastuti. 2017. Analisis Economic Value Added Dan Market Value Added Sebagai Alat Pengukur Kinerja Perusahaan Serta Pengaruhnya Terhadap Harga Saham. Management Analysis Journal. Vol 6, No. 3, pp. 247-249.

Bursa Efek Indonesia. 2021. Laporan Keuangan Tahunan. http://www.idx.co.id (Diakses tanggal 15 Desember 2020).

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hanafi dan Halim. 2007. Analisis Laporan Keuangan, Edisi Ketiga. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Hidayat, Akmal & Setyaningsih, Siti. 2011. Pengaruh Economic Value Added, Market Share, Earnings dan Net Cash Flow terhadap Return Saham (Studi pada Perusahaan Manufaktur Jenis Consumer Goods di Bursa Efek Indonesia 2004 – 2007). Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil. Vol 1, No. 02, pp. 14-17.

Jogiyanto, 2008. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Kelima, BPFE. Yogyakarta.

Kasmir. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Edisi Keenam. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Manik, Antonia. 2018. Pengaruh Economic Value Added (EVA) Dan Market Value Added (MVA) Terhadap Harga Saham Studi Empiris Pada Perusahaan Kelompok Indeks LQ45 Di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.

Munawir. 2002. Analisa Laporan Keuangan, Edisi Empat. Yogyakarta: Liberty.

Pudjiastuti dan Husnan, S. 2004. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Yogyakarta: Akademi Manajemen Perusahaan YKPN.

Rahayu, M. 2007. Analisis Pengaruh Economic Value Added Dan Market Value Added Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Jakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Rosy, Meita. 2009. Analisis Pengaruh antara Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA) terhadap Harga Saham pada Perusahaan Sektor LQ45 di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2007-2008. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Yogyakarta: Universitas Gunadarma.

Shidiq, Niekie. 2012. Pengaruh EVA, Rasio Profitabilitas dan EPS terhadap Harga Saham pada Perusahaan Asuransi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2006-2010. Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Diponegoro.

Sjarief dan Wirjolukito. 2004. Pengaruh Economic Value Added (EVA) dan Faktor Lainnya Terhadap Harga Pasar Saham. Jurnal Umum dan Media Riset Akuntansi, Auditing dan Informasi, Vol 4, No. 1, pp. 43-60.

Sitohang, Rommel. 2019. Akibat Economic Value Added Dan Market Value Added Terhadap Harga Pada Saham Perusahaan Ritel di BEI. Jurnal Stindo Profesional. , Vol. 5, No. 4, pp. 22-23.

Sonia R. Bergitta. 2013. Analisis Pengaruh Economic Value Added (EVA), Market Value Added (MVA) dan Return On Invesment (ROI) Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2012. Skripsi. Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya: Malang.

Tunggal, Amin Wijaya. 2005. Memahami Konsep EVA (Economic Value Added) dan Value Based Manajement (VBM). Jakarta: Havarindo.

Downloads

Published

2022-12-01

Issue

Section

Articles