PENGARUH CURRENT RATIO (CR), EARNING PER SHARE (EPS) DAN RETURN ON ASSET (ROA) TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN SEKTOR PERKEBUNAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2017-2019

Authors

  • Ni Made Natalia Apriani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Sukadana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Suarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Harga Saham, Current Ratio, Earning Per Share, Return On Asset

Abstract

Harga Saham menunjukkan kinerja keuangan suatu perusahaan. Harga saham naik maka kinerja suatu perusahaan itu baik begitu juga sebaliknya. Factor-faktor yang mempengaruhi harga saham dalam penelitian ini ada 3 yaitu Current Ratio, Earning Per Share dan Return On Asset. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memperoleh bukti empiris pengaruh CR, EPS dan ROA terhadap harga saham pada perusahaan sektor perkebunan yang terdaftar di BEI.

            Populasi penelitiian adalah perusahaan sektor perkebunan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2019. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 14 perusahaan yang terdaftar di BEI, sehingga menghasilkan 42 data. Penentuan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, dengan programSPSS 25.

            Hasil Penelitian ini menyatakan: (1) Current Rasio berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham. (2) Earning Per Share berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham,. (3) Return On Asset  berpengaruh positif dan signifikan. (4) Secara simultan Current Ratio, Earning Per Share dan Return On Asset berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham.

References

Anjani, Ni Kadek Dian. 2019. Pengaruh Earning Per Share dan Price Earning Ratio Terhadap Return Saham di Perusahaan Telekomunikasi yang Terdaftar di BEI. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati: Denpasar.

Brigham, Eugene F dan Houston, Joel F. 2014. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan buku 1. Jakarta:Salemba Empat.

Brigham, Eugene F dan Houston, Joel F. 2014. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan buku 2. Jakarta:Salemba Empat.

Damayanti, Tata. 2017. Pengaruh EPS, Return dan Risiko terhadap Harga Saham pada Perusahaan Sub Sektor Perkebunan di BEI. Skripsi. Program Studi Ekonomi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah. Palembang.

Faleria, Rondonuwu E., Lambey, Linda, & Walandouw, Stanley K. 2017. Pengaruh CR, NPM dan EPS terhadap Harga Saham di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi Going Concern. Vol 12, No.2, pp. 204-212.

Fitrianingsih, Dwi, & Budiansyah, Yoga. 2019. Pengaruh Current Ratio dan Debt to Equity Ratio terhadap Harha Saham di Perusahaan Food and Beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2017. E-Proceeding of Management. Vol 12, No.1, pp. 144-166.

Fahmi, Irham. 2012. Pengantar Pasar Modal, edisi pertama. Bandung: Alfabeta.

Fahmi, Irham. 2013. Pengantar Manajemen Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Jogiyanto. 2008. Analisis dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi.

Rahayu, Noviana Ari. 2019. Fakultas Ekonomi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Jurnal Manajemen Inovasi, Vol 10, No.2, pp.50-64.

Rosdian, Widiawati Watung dan Ventje Ilat. 2016. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal Emba, Vol 4 No.2, pp. 518-529.

Kasmir. 2012. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kasmir. 2014. Analisis laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Mujiono, Hangga Pradika. 2017. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Vol 6, No.3.

Munawir, S. 2007. Analisis Laporan Keuangan. Edisi Keempat. Liberty. Yogyakarta.

Munawir, S.2010. Akuntansi Keuangan dan Manajemen. Yogyakarta: BPFE

Dewi, Putu Dina A. 2013. Pengaruh EPS, DER dan PBV terhadap Harga Saham. E-Jurnal Akuntansi. Vol 4.1, pp.215-229.

Putra, Sugita. 2019. Pengaruh NPM dan ROA terhadap Price To Book Value pada Perusahaan Sub Sektor Perkebunan yang terdaftar di BEI tahun 2013-2017. Skripsi. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara. Medan.

Pratiwi, Arianti. 2019. Pengaeuh CR, DER dan ROA terhadap Harga Saham Perusahaan Perkebunan. Skripsi. Program Studi Manajemen Keuangan Fakultas Ekonomi Universitas Batanghari. Jambi

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta.

Sawir, Agnes. 2005. Analisis Kinerja Keuangan dan Perencanaan Keuangan Perusahaan. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Tandelilin, Eduardus. 2010. Portofolio dan Investasi Teori dan Aplikasi. Edisi pertama. Yogyakarta: Kanisius.

Wulandari, Tika. 2019. Pengaruh ROA, ROE dan DER terhadap harga saham pada perusahaan perkebunan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah, Sumatera Utara: Medan.

Downloads

Published

2022-06-27

Issue

Section

Articles