PENGARUH NET PROFIT MARGIN (NPM), CURRENT RATIO (CR), DEBT TO EQUITY RATIO (DER), DAN TOTAL ASSET TURNOVER (TATO) TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN LQ 45 DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2017-2019

Authors

  • Made Ari Sawitri Devi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Agus Wahyudi Salasa Gama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Yeni Astiti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Harga Saham, Net Profit Margin (NPM), Current Ratio (CR), Debt to Equity Ratio (DER), Total Asset Turnover (TATO)

Abstract

Para investor sangat dipengaruhi oleh perkembangan harga saham dalam melakukan investasi karena ingin mendapatkan tingkat keuntungan yang tinggi, sehingga sangat penting bagi investor untuk mengetahui kinerja keuangan perusahaan dengan pengaruhnya terhadap harga saham. Jika kinerja keuangan perusahaan semakin baik, maka akan berdampak pada peningkatan harga saham perusahaan, karena para investor akan lebih tertarik untuk berinvestasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Net Profit Margin, Current Ratio, Debt to Equity Ratio, dan Total Asset Turnover terhadap harga saham. Sampel dalam penelitian ini adalah 28 perusahaan LQ 45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2017-2019. Penentuan sampel penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Net Profit Margin tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham, Current Ratio dan Debt to Equity Ratio berpengaruh negartif terhadap harga saham, sedangkan Total Asset Turnover berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham.

References

Artawan, I M.A. 2019. Pengaruh Return On Asset, Debt to Equity ratio dan Current Ratio Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2014-2016. Skripsi. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati. Denpasar.

Brigham, F. Eugene dan Joel F. Houston. 2014. Manajemen Keuangan. Jakarta: Erlangga.

Ekasari, Juwita. 2016. Pengaruh Currrent Ratio, Debt to Equity Ratio, Debt to Asset Ratio, Return On Equity Dan Return On Asset Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Keramik Porselin Dan Kaca Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2014. Skripsi. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati. Denpasar.

Fahmi, Irham. 2015. Manajemen Investasi: Teori dan Soal Jawab. Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.

Hutapea, Albertha W., Saerang, Ivonne S., dan Tulung, Joy E. 2017. Pengaruh Return On Assets, Net Profit Margin, Debt To Equity Ratio, Dan Total Assets Turnover Terhadap Harga Saham Industri Otomotif Dan Komponen Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi. Vol.5 No.2. Hal. 541-552.

Kasmir. 2018. Analisis Laporan Keuangan. Edisi 1. Depok: Rajawali Pers.

Khanani, Dita K., dan Soekotjo, Hendri. 2018. Pengaruh CR, DER, TATO, Dan NPM Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Food And Beverages. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Vol. 7 No. 2 Hal. 1-19.

Nisa, Haslita. 2018. Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Harga Saham Pada Industri Sektor Pertanian Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri. Yogyakarta.

Samsul, Muhammad. 2016. Pasar Modal & Manajemen Portofolio. Edisi Dua. Jakarta: Erlangga.

Santy., Purba, N.I.Y., Nduru, Suryani., Pratama, Aldi., dan Lilia, Wirda. 2020. Pengaruh CR, DER, dan NPM terhadap Harga Saham Pada Trade Service Tahun 2014-2018. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi. Vol. 20 No. 3 Hal. 1013-1020.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

www.idx.co.id

www.investasi.kontan.co.id

Downloads

Published

2022-06-27

Issue

Section

Articles