PENGARUH CURRENT RATIO, DEBT TO EQUITY RATIO DAN TOTAL ASSET TURNOVER TERHADAP PERTUMBUHAN LABA PADA PERUSAHAAN OTOMOTIF YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2015-2019

Authors

  • Ni Made Ridya Ardyanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Sukadana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Gregorius Paulus Tahu Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Pertumbuhan Laba, Current Ratio, Debt To Equity Ratio, Total Asset Turnover

Abstract

Pertumbuhan laba tidak bisa terlepas dari kinerja keuangan perusahaan, salah satu alat analisis keuangan yang paling sering digunakan adalah rasio keuangan. Rasio keuangan merupakan perbandingan-perbandingan angka-angka dari perkiraan-perkiraan yang terdapat di neraca dan laporan laba rugi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memperoleh bukti empiris pengaruh current ratio, debt to equity ratio dan total asset turnover terhadap pertumbuhan laba. Populasi penelitian adalah perusahaan otomotif yang terdaftar di BEI tahun 2015-2019. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 10 perusahaan otomotif yang ditentukan berdasarkan metode purposive sampling. Alat analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa Current Ratio dan Total Asset Turnover berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan laba pada perusahaan otomotif yang terdaftar di BEI pada tahun 2015-2019. Sedangka Debt To Equity Ratio berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pertumbuhan laba pada perusahaan otomotif yang terdaftar di BEI pada tahun 2015-2019. Penelitian selanjutnya dapat mengembangkan penelitian ini dengan menggunakan variable lain yang secara teori memiliki pengaruh terhadap pertumbuhan laba.

References

Amar, S. A., & Nurfadila, D. (2017). Pengaruh rasio Keuangan Terhadap Pertumbuhan Laba Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI. Jurnal Akuntasi Dan Investasi, Vol.2 No. 2

Amin, Sulfida Syahliza. 2010. Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Pertumbuhan Laba pada Perusahaan Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Medan: Universitas Sumatra Utara

Agustina. (2016). Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Laba Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderating Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskli, Vol.6 No. 1

Aurita, Maulidia, Rahmah, Wayan, Cipta, dan Fridayana, Yudiaatmaja. 2016 Jurusan ManajemenUniversitas Pendidikan GaneshaSingaraja, Indonesia Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas, Dan AktivitasTerhadap Profitabilitas Dada Perusahaan Otomotif Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2014. e-Journal Bisma Untiversitas Pendidikan Ganesha, Vol4.

Brigham, Eugene F dan Houston, Joel F. 2006. Dasar-dasar Manajemen Keuangan, Edisi 10. Edisi Bahasa Indonesia, Terjemah oleh Ali Akbar Yulianto

Dominica, Dian Alicia. Pengaruh Likuiditas Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Sub Sektor Semen Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015. Skripsi. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan.

Febrianty, & Divianto. (2017). Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Pertumbuhan Laba Perusahaan Perbankan. Vol. 12 No. 2

Ghasempour. 2013. The Relationship between Operational Financial Ratios and Firm’s Abnormal Stock Returns. Research Journal of Applied Science, Engineering and Technology. 6(15), 2839-2845

Gunawan, A., & Wahyuni, S. F. (2013). Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Pertumbuhan Laba Pada Perusahaan Perdagangan Di Indonesia. Jurnal Manajemen & Bisnis, Vol 13 No 1

Hans Kartikahadi, Rosita Uli Sinaga, Merliyana Syamsul, Sylvia Veronica Siregar (2012). Akuntansi Keuangan berdasarkan SAK berbasis IFRS. Jakarta : Salemba

Hantono, 2015. Pengaruh Current Ratio Dan Debt To Equity Ratio Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Logam Dan Sejenisnya Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2009 - 2013. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, Vol5, No. 01

Hapsari, Epri Ayu. 2007. Analisis Rasio Keuangan Untuk Memprediksi Pertumbuhan Laba (Studi Kasus: Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Bursa Efek Jakarta Periode 2001 Sampai Dengan 2005). Tesis Magister Manajemen, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro, Semarang.

Harahap, Sofyan Syafri 2010 .Analisa Kritis atas Laporan Keuangan. Cet 11. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada

Husnan, Suad., Enny Pudjiastuti, 2004. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Edisi Keempat, Yogyakarta, UPP AMP YKPN.

Ima, Julita. Pengaruh Likuiditas Terhadap Profitabilitas Pada Sektor Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI). Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang Jl. Prof. Dr. Hamka Kampus Air Tawar Padang.

Juliana, Romy Uly. dan Sulardi. 2003. Manfaat Rasio Keuangan dalam Memprediksi Perubahan Laba Perusahaan Manufaktur. Jurnal Bisnis dan Manajemen, Vol. 3, No.2.

Julianti, Elly. 2014. Pengaruh Current Ratio (CR), Debt To Equity Ratio (DER), Total Asset Turnover (TATO), Net Profit Margin (NPM), dan Return On Equity (ROE) TerhadapPertumbuhan Laba pada Perusahaan Property & Real Estate yang terdaftar di BEI Periode 2010-2013. Skripsi. Universitas Maritim Raja Ali Haji Haji(Umrah) Fakultas Ekonomi Program Studi Akuntansi Tanjungpinang.

Jama’an. (2008). Pengaruh Mekanisme Corporate Governance dan Kualitas Kantor Akuntan Publik Terhadap Integritas Informasi Laporan Keuangan (Studi Pada Perusahaan Publik Di BEJ).Tesis Strata-2.Program Studi Magister Sains Akuntansi.Universitas Diponegoro, Semarang.

Kasmir. 2010. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali Pers.

Mahaputra, I. K. (2012). Pengaruh Rasio-Rasio Keuangan Terhadap Pertumbuhan Laba Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI. Jurnal Akuntansi & Bisnis, Vol.7 No. 2.

Myers, S. C&N.S Majluf., 1984, "Corporate Financing & Invesment Decision When Firm Have Information That Investor Do Not Have", Journal of Financial Economics

Nuswandari, C. (2013). Determinan Struktur Modal Dalam Perspektif Pecking Order Theory Dan Agency Theory. Dinamika Akuntasi, Keuangan Dan Perbankan, Vol. 2 No. 1.

Prihartanty, Rima. 2010. Analisis pengaruh rasio likuiditas, rasio leverage, rasio aktivitas dan rasio profitabilitas terhadap net income growth (studi pada perusahaan perdagangan retail yang listed di BEI periode 2005-2009). Tesis. Magister Manajemen Universitas Diponegoro. Semarang.

Puspasari, M. F. et.al (2017). Pengaruh Current Ratio, Debt To Equity Ratio, Total Asset Turnover, Net Profit Margin Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pertumbuhan Laba. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Vol. 11 No.1.

S. Munawir, 2004. Analisis Laporan Keuangan, Penerbit Liberty. Yogyakarta

Safitri, I. L. (2016). Pengaruh Rasio Keuangan terhadap Pertumbuhan Laba Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Studi Kasus Pada Perusahaan Kalbe Farma Tbk Periode 2007-2014). Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, Vol 2 No. 2.

Sugiyono, (2008). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.

Susyana, F. I. et.al (2021). Pengaruh Net Profit Margin, Return On Assets, Dan Current Ratio Terhadap Pertumbuhan Laba. Jurnal Ekonomi Manajemen Perbankan, Vol.3 No.1.

Warsidi dan Bambang Pramuka, 2000, “Evaluasi Kegunaan Rasio Keuangan dalam Memprediksi Perubahan Laba di Masa yang akan Datang”, Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Ekonomi vol.2, no.1.

Wild, Subramanyam, dan Halsey. (2005). Analisis Laporan Keuangan. Edisi Kedelapan. Diterjemahkan oleh: Yanivi S. Bachtiar dan S. Nurwahyu Harahap. Salemba Empat. Jakarta.

Yuniarti, Rina. 2014. Pengaruh Kebijakan Dividen dan Pertumbuhan Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan di Bei. Ekombis Review. Vol 2, No 2 (2014).

http://www.idx.co.id (Diakses pada tahun 2021).

Downloads

Published

2022-10-17

Issue

Section

Articles