PENGARUH RETURN ON ASSET DAN DEBT TO EQUITY RATIO TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Authors

  • Ni Kadek Dewi Maskanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Widnyana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ngurah Bagus Gunadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Harga Saham, Return On Asset, Debt To Equity Ratio

Abstract

Kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba dan membayar kewajibannya (hutang) memiliki hubungan satu sama lain atau saling berkaitan terhadap harga saham yang akan dihasilkan perusahaan. Semakin tinggi laba yang diperoleh maka harga saham semakin meningkat. Berbanding terbalik dengan hal tersebut, jika semakin tinggi hutang yang dimiliki maka harga saham semakin menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Return On Asset dan Debt To Equity Ratio terhadap harga saham perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

     Populasi penelitian adalah semua perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2017-2019 yang memiliki data laporan keuangan lengkap sesuai dengan yang diperlukan dalam penelitian ini. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 158 perusahaan manufaktur yang ditentukan berdasarkan metode purposive sampling. Alat analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear berganda.

     Hasil penelitian menunjukkan bahwa Return On Asset berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham dengan hasil koefisien regresi bernilai positif sebesar 0,021 dan nilai signifikan 0,000. Sedangkan Debt To Equity Ratio berpengaruh negatif dan signifikan terhadap harga saham dengan hasil koefisien regresi bernilai negatif sebesar -0,011 dan nilai signifikan 0,041. Penelitian selanjutnya dapat menggunakan variabel lain yang memiliki pengaruh terhadap harga saham, seperti Current Ratio.

References

Amanda, Darminto dan Husaini. 2012. Pengaruh Debt To Equity Ratio, Return On Equity, Earning Per Share, Dan Price Earning Ratio Terhadap Harga Saham (Studi pada Perusahaan Food and Beverages yang Terdaftar di BEI Tahun 2008-2011). Jurnal Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya.

Apriliyanti, Devia Amirta. 2015. Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Harga Saham Perusahaan Perbankan di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah. Surakarta.

Artawan, I Made Ari. 2019. Pengaruh Return On Asset, Debt To Equity Ratio dan Current Ratio Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2014-2016. Skripsi. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati. Denpasar.

Ekayana, I Wayan Nova. 2021. Pengaruh Current Ratio, Earning Per Share, dan Debt To Equity Ratio Terhadap Return Saham Perusahaan Indeks LQ-45 Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018. Skripsi. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati. Denpasar.

Firdaus, Muhammad. 2004. Ekonometrika Suatu Pendekatan Aplikatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Fradilla, Amelia. 2019. Pengaruh Earning Per Share (EPS), Return On Equity (ROE) dan Net Profit Margin (NPM) Terhadap Return Saham Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jurnal Manajemen Keuangan Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makasar.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS. Semaran: BPUNDIP.

Haryono dan Toto Sugiharto. 2003. Pengaruh Rasio Profiitabilitas Terhadap Harga Saham Perusahaan Minuman di BEJ” Jurnal Ekonomi dan Bisnis No 3, Jilid 8.

Hendrawan, Riyan Helmi. 2020. Pengaruh Return On Asset, Debt To Equity Ratio dan Earning Per Share Terhadap Harga Saham (Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2019). Skripsi. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah. Surakarta.

Karo, Hariani BR. 2019. Pengaruh Current Ratio dan Debt To Equity Ratio Terhadap Harga Saham Perusahaan Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2017. Skripsi. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati. Denpasar.

Lindriani, Riani. 2018. Pengaruh Return On Asset (ROA), Debt To Equity Ratio (DER), Net Profit Margin (NPM), Dan Price To Book Value (PBV) Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2017. Skripsi. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI. Kediri.

Lombogia, Vista dan Dini. 2020. Pengaruh Current Ratio, Net Profit Margin, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Otomotif Dan Komponen Yanng Terdaftar Di BEI Tahun 2013-2017. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah Vol 3 No 1, Januari 2020.

Maulita dan Mujino. 2019. Pengaruh Current Ratio (CR), Return On Asset (ROA), Dan Debt To Equity Ratio (DER) Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2013-2017. Jurnal Manajemen Dan Bisnis. Vol 15, No 2.

Ratria, Teska Destia. 2015. Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Harga Saham Perusahaan Tekstil dan Produk Tekstil (TPT) yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2009-2014. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Setiawan, Ricky. 2011. Pengaruh Return On Asset (ROA), Debt To Equity Ratio (DER), dan Price To Book Value (PBV) Terhadap Harga Saham Perusahaan Manufaktur di BEI Periode 2007 – 2009. Skripsi. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Bisnis, CET XII, Bandung: Alfabeta.

Supriantikasari, Novita dan Utami, Endang Sri. 2019. Pengaruh Return On Asset, Debt To Equity Ratio, Current Ratio, Earning Per Share dan Nilai Tukar Terhadap Return Saham (Studi Kasus Pada Perusahaan Go Public Sektor Barang Konsumsi Yang Listing di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2017). Skripsi. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Mercu Buana. Yogyakarta.

Sulistyaningsih dan Wulandari, 2018. Pengaruh ROA, EPS, Dan DER Terhadap Harga Saham Sektor Farmasi Yang Terdaftar Pada BEI Periode 2014-2018. Skripsi. Program Studi Manajemen Universitas Pelita Bangsa. Jawa Barat.

Tumandung, Cristin Oktavia, Murni dan Baramuli, Dedy N. 2017. Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di BEI Periode 2011-2015. Jurnal EMBA Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi, Vol.5 No.2 Juni 2017.

Winda. 2020. Pengaruh Return On Equity (ROE) dan Debt To Equity Ratio (DER) Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Barang Konsumsi Periode 2017-2019. Skripsi. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tridinanti. Palembang.

Youriza, Yemima. 2020. Pengaruh Debt To Equity Ratio, Return On Equity, dan Return On Assets Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Farmasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2014-2018. Skripsi. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati. Denpasar.

Downloads

Published

2022-09-03

Issue

Section

Articles