PENGARUH GROSS PROFIT MARGIN DAN STRUKTUR MODAL TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2017-2019

Authors

  • I Gusti Ayu Made Ratna Pertiwi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Sukadana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Gregorius Paulus Tahu Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Debt to Equity Ratio, Gross Profit Margin, Harga Saham

Abstract

Harga Saham adalah harga yang ditetapkan kepada suatu perusahaan bagi pihak lain yang ingin memiliki hak kepemilikan saham. Nilai harga saham selalu berubah-ubah setiap waktu. Besaran nilai harga saham dipengaruhi oleh permintaan dan penawaran yang terjadi antara penjual dan pembeli saham. Harga saham menentukan kekayaan pemegang saham sehingga informasinya menjadi penting bagi para investor dalam pasar modal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Gross Profit Margin Dan Struktur Modal terhadap Harga Saham pada Perusahaan Food and Beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2019.

Populasi penelitian adalah perusahaan food and beverage yang terdaftar di BEI tahun 2017-2019. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 20 perusahaan food and beverage yang ditentukan berdasarkan metode purposive sampling. Alat analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi berganda. Uji prasyarat analisis menggunakan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Data yang digunakan dalam peneltian ini berupa laporan keuangan dengan objek perusahaan food and beverage yang terdaftar di bursa efek Indonesia.

            Berdasarkan penguji hipotesis dengan menggunakan uji F statistik menyimpulkan bahwa Gross Profit Margin Dan Debt to Equity Ratio secara simultan berpengaruh terhadap Harga Saham. Berdasarkan uji parsial (t) disimpulkan bahwa Gross Profit Margin tidak berpengaruh terhadap Harga Saham dan Debt to Equity Ratio berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Harga Saham.

References

Agus Sartono. 2010. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Edisi 4. Yogyakarta: BPFE

Ahmad, Rodoni dan Herni, Ali. 2010. Manajemen Keuangan. Penerbit Mitra Wacana Media, Jakarta.

Anugrah.S, Evita, Achmad Tavip Junaedi. 2017. Analisis Pengaruh Rasio Profitabilitas Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Industry Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmiah Manajemen, Vol 5, No. 1, pp 36-37.

Astuti, Dewi. 2014. Manajemen Keuangan Perusahaan. Cetakan Pertama. Jakarta: Ghalia.

Baihaqi, Bachrum. 2019. Pengaruh Return On Equity (ROE), Gross Profit Margin (GPM) dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Harga Saham Perusahaan subsector Otomotif dan komponen yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017. Skripsi: Institut Pertanian Bogor.

Batubara, Emma Jahrona. 2015. Analisis Pengaruh Gross Profit Margin (GPM), Operating Profit Margin (OPM), Net Profit Margin (NPM), dan Return On Asset (ROA) terhadap harga saham: studi empiris pada perusahaan manufaktur sector industry barang konsumsi Tahun 2008-2012. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Brigham, Eugene F and Ehrhardt. 2005. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Edisi Kesembilan. Alih Bahasa: Jakarta: Salemba Empat.

Brigham, Eugene F. dan Houston, Joel F. 2011. Dasar-dasar Manajemen Keuangan Terjemahan. Edisi 10. Jakarta: Salemba Empat.

Budi Rahardjo. (2007). Keuangan Akuntansi, Yogyakarta: Graha Ilmu

Chandrarin, G dan tearney, MG. 2000. The Effect of Reporting of Exchange Rate Losses on The Stock Market Reaction, Jurnal Riset Akuntansi Indonesia, Vol. 3, No. 1, Januari 2000.

Fahmi, Irham. 2017. Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS Version 23. Semarang: Universitas Diponegoro.

Gustmainar, Jojor., Mariani. 2018. Analysis Of The Effect Of Current ratio, Debt To Equity Ratio, Gross Profit Margin, Return On Investment, And Earning Per Share On Stock Price At LQ 45 Companies Listed On The Indonesia Stock Exchange In The Year Of 2010-2016. Jurnal: BILANCIA, Vol 2, No. 4, pp. 474-475.

Harahap, Sofyan Syafi. 2010. Analisis Kritis atas laporan Keuangan. Cet 11. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

HERY. (2017). Analisis Laporan Keuangan. PT BUKU SERU.

I made, Sudana. 2009. Manajemen Keuangan: Teori dan Praktik. Surabaya: Airlangga University Press.

Ikhsan, Arfan. 2008. Metodelogi Penelitian Akuntansi Keperilakuan. Jakarta: Graha Ilmu.

Imroatussolihah, Ely. 2013. Pengaruh Risiko, Leverage, Peluang Pertumbuhan, Persistensi Laba dan Kualitas Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Terhadap Earning Response Coefficient Pada Perusahaan High Profile. Jurnal Ilmiah Manajemen, Vol 1, No. 1, pp 80.

Ircham, Muhammad., Siti Ragil Handayani., Muhammad Saifi. 2014. Pengaruh Struktur Modal dan Profitabilitas Terhadap Harga Saham (Studi pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa efek Indonesia Tahun 2009-2012). Jurnal Administrasi Bisnis, Vol 11, No. 1, pp 5-7.

Jasa, Retnowati, Roy Rocky Suprapto Baan. 2018. Pengaruh Likuiditas dan Profitabilitas Terhadap Struktur Modal dan Harga Saham Pada Industri Barang Konsumsi Yang Tercatat Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal EQUILIBRIUM, Vol 4, No. 4, pp 1045-1322.

Jogiyanto, Hartono. 2013. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. 8th ed. Yogyakarta: BPFE.

Juliana, Ni Luh Dita. 2019. Pengaruh Struktur Modal, Kebijakan Dividen, Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Mahasaraswati. Denpasar.

Kasmir. 2008. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kasmir. 2010. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Martono dan Harjito, Agus. 2007. Manajemen Keuangan. 6th ed. Yogyakarta: Ekonisia.

Myers, Stewart C. (1984). Capital Structure Puzzle. Jurnal: The Journal of Finance, Vol 39, Iss 3, p. 574-592.

Prasetyo, Andri. 2013. Pengaruh Leverage dan Profitabilitas Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2009-2011. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Univrsitas Maritim Raja Ali Haji. Tanjungpinang.

Rahardjo, Budi. 2007. Keuangan dan Akuntansi. 1st ed. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rahmawati, Farida Mei. 2019. Pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2017. Skripsi. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi. Universitas Mahasaraswati. Denpasar.

Sartono, Agus. 2008. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Edisi Empat. Yogyakarta: BPFE.

Sugiono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiono. 2016. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharno. 2016. Pengaruh Rasio Keuangan terhadap Harga Saham perusahaan Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2014. Jurnal: Universitas Negeri Yogyakarta.

Syamsuddin, Lukman. 2009. Manajemen Keuangan Perusahaan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Yanda, Abraham Carlos. 2018. Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan, Ukuran Perusahaan, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada perusahaan manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Sumatera Utara. Medan

Downloads

Published

2022-06-27

Issue

Section

Articles