PENGARUH DEBT TO EQUITY RATIO, RETURN ON EQUITY, DAN RETURN ON ASSETS TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN FARMASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2014-2018

Authors

  • Yemima Youriza Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Agus Wahyudi Salasa Gama Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Yeni Astiti Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Debt To Equity Ratio, Return On Equity, Return On Assets, Harga Saham.

Abstract

Penting bagi investor untuk mengetahui kinerja keuangan perusahaan dan pengaruhnya terhadap harga saham, meningat harga saham mencerminkan nilai dari suatu perusahaan. Kinerja keuangan perusahaan dapat dicerminkan dari rasio keuangan perusahaan. Semakin baik kinerja keuangan perusahaan akan berdampak baik bagi perusahaan dikarenakan ekspetasi investor semakin tinggi untuk berinvestasi atau membeli saham yang mengakibatkan harga saham cenderung akan meningkat dan begitu juga sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kembali pengaruh variabel Debt To Equity Ratio, Return On Equity, dan Return On Assets terhadap harga saham.

Sampel dalam penelitian ini adalah 7 perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia untuk periode 2014-2018. Penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda.

Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa variabel Debt To Equity Ratio dan Return On Assets tidak berpengaruh terhadap harga saham. Sedangkan variabel Return On Equity berpengaruh positif terhadap harga saham. Berdasarkan hasil uji kelayakan model uji F menunjukkan bahwa variabel Debt To Equity Ratio, Return On Equity, dan Return On Assets terhadap harga saham dinyatakan layak digunakan dalam penelitian ini.

Downloads

Published

2020-12-05

Issue

Section

Articles