PENGARUH PERPUTARAN PIUTANG, PERPUTARAN KAS, PERPUTARAN PERSEDIAAN, DEBT TO EQUITY RATIO DAN CURRENT RATIO TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUB SEKTOR INDUSTRI DASAR DAN KIMIA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Authors

  • Ni Luh Tresna Fridaliyanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Widnyana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gst. Ngr Bagus Gunadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

profitabilitas, modal kerja, debt to equity ratio, current ratio

Abstract

Profitabilitas mengacu pada metrik keuangan yang digunakan oleh analis dan investor untuk mengukur dan mengevaluasi kemampuan perusahaan dalam menghasilkan pendapatan (laba) relatif setelah dikurangi biaya operasi dan ekuitas pemegang saham selama periode waktu tertentu. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh perputaran piutang, perputaran kas, perputaran persediaan, debt to equity ratio, dan current ratio terhadap profitabilitas pada perusahaan manufaktur sub sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi penelitian adalah perusahaan manufaktur sub sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di BEI tahun 2017-2019. Sampel yang digunakan sebanyak 198 yang ditentukan berdasarkan metode purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perputaran piutang, perputaran kas, perputaran persediaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas. Sedangkan debt to equity ratio dan current ratio berpengaruh negatif dan signifikan terhadap profitabilitas. Penelitian selanjutnya dapat mengembangkan penelitian ini dengan menggunakan variabel lain yang secara teori mempunyai pengaruh terhadap profitabilitas.

References

Abdul Halim dan Bambang Supomo. 2001. Akuntansi Manajemen, Edisi 1. Jakarta: Salemba Empat.

Barus, A. C., dan Leliani. 2013. Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi Profitabilitas pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskill, Vol.3 No.2.

Bridwan, Zaki. 2008. Intermediate Accounting. Edisi kedelapan. BPFE. Yogyakarta.

Brigham, Eugene dan Joel F Houston. 2001. Manajemen Keuangan II. Jakarta: Salemba Empat.

Fahmi, Irham. 2012. Analisis Laporan Keuangan, Cetakan Ke-2. Bandung: Alfabeta.

Fahmi, Irham. 2016. Pengantar Manajemen Keuangan Teori. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Fitri, Meria. 2013. Pengaruh Perputaran Piutang Usaha Dan Perputaran Persediaan Terhadap Tingkat Profitabilitas Perusahaan Otomotif Dan Komponen Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, (Online) 13.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IMB SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponogoro, Semarang.

Hantono, et.al. 2019. Pengaruh Perputaran Kas, Perputaran Piutang, Perputaran Persediaan, Current Ratio dan Debt to Equity Ratio, Total Asset Turnover terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Industri Dasar dan Kimia yang terdaftar di BEI periode 2013-2017. Jurnal Akuntasi, Vol. 3 No. 1.

Husnan, Suad. 2013. Manajemen Keuangan. Edisi Keempat. Yogyakarta: BPFE.

Ikhsan, Arfin, Prianthara, dan Teddy 1.B. 2009. Akuntansi Untuk Manajer. Edisi Pertama. Cetakan Pertama. Yogyakarta.

J. Fred Weston Eugene F. Brigham. 1991. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kasmir. 2014. Analisis Laporan Keuangan, Edisi Satu, Cetakan Ketujuh. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Lestari, Arum Puji Tri. 2007. Pengaruh Perputaran Kas, PerputaranPersediaan, dan Perputaran Piutang terhadap profitabilitas pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta.

Munawir. 2001. Analisa Laporan Keuangan. Yogyakarta: Liberty.

Rahayu, Eka Ayu. dan Joni Susilowibowo. 2014. Pengaruh Perputaran Kas, Perputaran Piutang, dan Perputaran Persediaan terhadap Proftabilitas pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2008-2012. Jurnal Penelitian. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya. Surabaya.

Riyanto, Bambang. 2011. Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan, Edisi. Keempat, Cetakan Ketujuh. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Santoso, S. 2008. Panduan Lengkap Menguasai SPSS 22, Jakarta. PT. Elex Media Komputindo.

Sari, Eusebia Marita. 2018. Pengaruh Perputaran Persediaan,Perputaran Kas, CR, DER, terhadap Profitabilitas pada PT Nampar Nos. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol 7, No. 6.

Sawir, Agnes. 2005. Analisis Kinerja Keuangan dan Perencanaan Keuangan Perusahaan. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Simamora, Henry. 2000. Akuntansi Basis Pengambilan Keputusan Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Sudana, I Made. 2011. Manajemen Keuangan Perusahaan Teori Dan Praktik. Penerbit Erlangga : Surabaya.

Sufiana, Nina. dan Purnawati. 2013. Pengaruh Perputaran Kas, Perputaran Piutang, dan Perputaran Persediaan terhadap Profitabilitas. Jurnal Penelitian. Fakultas Ekonomi Universitas Udayana. Bali.

Sukoco, Heri. 2013. Analisis Pengaruh Debt To Equity Ratio, Profitabilitas, Firm Size, dan Likuiditas terhadap nilai perusahaan melalui mediasi Dividen Payout Ratio (Studi Pada Industri Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2009-2011). Jurnal Bisnis Strategi, Vol. 22 No. 2.

Tandelilin, Eduardus. 2010. Portofolio dan Investasi teori dan aplikasi, Edisi Pertama. Yogyakarta: KANISIUS.

Van Horne, James C. and John M. Wachowicz. 2005. Fundamentals of Financial: Management Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan. Penerjemah: Dewi Fitriasari dan Deny Arnos Kwary. Jakarta: Salemba Empat.

Wild, John, K.R. Subramanyam, dan Robert F. Halsey. 2005. Analisis Laporan Keuangan. Edisi Delapan, Buku Kesatu. Alih Bahasa : Yanivi dan Nurwahyu. Jakarta: Salemba Empat.

www.idx.co.id

Downloads

Published

2022-06-27

Issue

Section

Articles