PENGARUH PROFITABILITAS DAN LIKUIDITAS TERHADAP STRUKTUR MODAL PERUSAHAAN PROPERTI DAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA 2017-2019

Authors

  • Ni Wayan Santri Murtini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Sukadana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Suarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

struktur modal, profitabilitas, likuiditas

Abstract

Struktur modal adalah perbandingan atau imbangan pendanaan jangka panjang perusahaan yang ditunjukkan oleh perbandingan hutang jangka panjang terhadap modal sendiri. Struktur modal menjadi masalah yang sangat penting bagi perusahaan, karena baik buruknya struktu modal akan mempunyai efek langsung terhadap posisi keuangan perusahaan yang pada akhirnya akan mempengaruhi nilai perusahaan. Struktur modal perusahaan non keuangan di BEI menunjukkan komposisi struktur modal yang lebih banyak didominasi oleh hutang, hal ini menunjukkan bahwa sumber pendanaan perusahaan dalam jangka panjang sangat tergantung pada hutang. Profitabilitas merupakan kemampuan suatu perusahaan untuk mecapai laba selama periode tertentu. Likuiditas merupakan kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban jangka pendeknya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memperoleh bukti empiris pengaruh profitabilitas dan likuiditas terhadap struktur modal perusahaan properti dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2017-2019.

            Populasi penelitian adalah perusahaan properti dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2017-2019. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 26 perusahaan properti dan real estate yang ditentukan berdasarkan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif. Alat analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear berganda.

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap struktur modal. Sedangkan likuiditas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap struktur modal. Serta profitabilitas dan likuiditas secara simultan berpengaruh terhadap struktur modal. Selain itu hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kontribusi variabel independen (profitabilitas dan likuiditas) terhadap variabel dependen (struktur modal) sebesar 12,7% sedangkan sisanya 87,3% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain di luar model. Penelitian selanjutnya dapat mengembangkan penelitian ini dengan menggunakan atau menambahkan variabel lain yang seara teori mempunyai pengaruh terhadap struktur modal, seperti tingkat pertumbuhan perusahaan dan ukuran perusahaan.

References

Agus, Sartono. (2011). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Edisi 4. Yogyakarta: BPFE.

Ahmad, Rodoni dan Herni, Ali. 2010. Manajemen Keuangan. Penerbit Mitra Wacana Media, Jakarta.

Atmaja, Lukas Setia. 2008. Teori dan Praktek Manajemen Keuangan. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Azwar, Saifuddin. 2007. Metode Penelitian. Pustaka Belajar: Yogyakarta.

Bambang Riyanto. 2010. Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan, Edisi 4. BPFE Yogyakarta.

Brigham, E. F. and Houston, J. F. (2011). Fundamentals of Financial Management. Seventh Edition. Ohio: South-Western Cengage-Learning.

Brigham, Eugene F dan Houston. 2006. Fundamental of Financial Management: Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Edisi 10. Jakarta: Salemba Empat.

Firnanti, F. 2011. Faktor-faktor yang mempengaruhi struktur modal pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Dalam Jurnal Bisnis dan Akuntansi. Volume 13 No. 2. Hal 119-128. Jakarta: STIE Trisakti.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19 (edisi kelima). Semarang.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisi Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8. Cetakan VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gitman, Lawrence. 2009. Principles of Manajerial Finance. United States: Pearson Addison Wesley.

Hani, Syafrida. 2014. Teknik Analisa Laporan Keuangan. Medan: In Media.

Hanafi, Mamduh M dan Abdul Halim. 2016. Analisis Laporan Keuangan. Edisi kelima. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Harahap, Sofyan Syafri. 2011. Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Edisi Pertama Cetakan kesepuluh. Jakarta: PT Bumi Aksara

Harjito Agus, Martono. 2012. Manajemen Keuangan. Edisi Ke-2. Ekonosia. Yogyakarta Supeno, B. 2009. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal Perusahaan.

Higgins, Holly. 2004. Applying Confidence Measure in a Regional Context. Institute for Science and International Security.

Husnan, Saud. 1996. Manajemen Keuangan Teori dan Penerapan (Keputusan Jangka Panjang). Edisi 4. BPFE. Jakarta

Joni dan Lina. (2010). Faktor –faktor yang mempengaruhi struktur modal, STIE Trisakti. Jurnal Bisnis dan Akuntansi. Vol. 12, No.2, Agustus 2010, Hlm. 81-96.

Kasmir. 2011. Analisis Laporan Keuangan. Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Kasmir. 2016. Pengantar Manajemen Ke-uangan, Penerbit: Kencana Pranada Media Group, Jakarta.

Mikrawardhana, Maisal Riga., Hidayat, Raden Rustam, Azizah, Devi Farah. 2015. Pengaruh Profitabilitas dan Likuiditas Terhadap Struktur Modal Perusahaan Multinasional. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 28. No. 2. Universitas Brawijaya.

Modigliani, F & Miller, M.H. 1958. The Cost of Capital, Corporation Finance and The Theory of Investment. The American Economic Review. 13(3): 261- 297.

Munawir. 2010. Analisa laporan Keuangan. Yogyakarta: Liberty.

Myers, S., & Majluf, N. 1984. Corporate Financing and Investment Decisions When Firms Have Information Investors Do Not Have. Journal of Finance Economics, 13, 187-221.

Riyanto, B. (2011) Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta: BPFE.

Rusdin. 2006. Pasar Modal: Teori, Masalah dan Kebijakan Dalam Praktik. Bandung: Alfabeta.

Sawitri, Lestari. 2015. Pengaruh Risiko Bisnis, Ukuran Penjualan dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Struktur Modal. E-Jurnal Manajemen Unud. Vol. 4. No. 5. Hal. 1238-1251.

Subramanyam, K. R dan John J. Wild. 2010. Analisis Laporan Keuangan. Edisi 10. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyarso, G. Winarni, F. (2005). Manajemen keuangan. Media Pressindo, Yogyakarta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Sutrisno. 2009. Manajemen Keuangan Teori, Konsep dan Aplikasi. Edisi Pertama. Cetakan Ketujuh. Penerbit Ekonisia: Yogyakarta.

Syamsuddin, L. 2009. Manajemen Keuangan Perusahaan. Edisi baru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Weston, J. Feed dan Thomas E. Copeland. 2010. Manajemen Keuangan. Jakarta: Binarupa Aksara.

Wimelda dan Marlina. 2013. Variabel-Variabel yang mempengaruhi Struktur Modal pada Perusahaan Publik Sektor Non-Keuangan. Media Bisnis. Vol 5. No. 3. Hal 200-213.

Downloads

Published

2022-08-15

Issue

Section

Articles