PENGARUH TRANSFORMATIONAL LEADERSHIP, PELATIHAN, DAN REWARD TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA THE SAMAYA SEMINYAK BALI

Authors

  • Ni Kadek Mirah Santhya Dewi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Sujana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Nyoman Ari Novarini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Transformational Leadership, Pelatihan, Reward, Kinerja Karyawan

Abstract

Sumber daya manusia merupakan penggerak utama perusahaan. Maka dari itu, sumber daya manusia perlu meningkatkan kinerjanya seiring dengan perkembangan era globalisasi agar dapat bersaing dalam industri ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memperoleh bukti empiris pengaruh transformational leadership, pelatihan, dan reward terhadap kinerja karyawan pada The Samaya Seminyak Bali.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan tetap pada The Samaya Seminyak Bali. Sampel pada penelitian ini berjumlah 62 orang yang diambil dengan metode sensus. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, dengan program SPSS 25.

Hasil penelitian ini menyatakan: (1) Transformational leadership berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. (2) Pelatihan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. (3) Reward berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Semakin baik Transformational leadership, Pelatihan, dan Reward yang diberikan maka kinerja karyawan semakin meningkat. Diharapkan penelitian selanjutnya dapat mengembangkan dan menyempurnakan keterbatasan yang ada pada penelitian ini.

References

Andi, Sumerta., dan Dewiwati. 2020. Pengaruh Pelatihan Kerja Dan Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Hotel Grand Inna Kuta. Jurnal Research Management (JARMA),Vol 02, No. 1.

Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ayu, Sartika. 2019. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Kesehatan Buleleng. Jurnal.Vol. 5 , No. 2.

Christ, Jonathan., dan Hery. 2020. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Komitmen Organisasi, dan Burnout Terhadap Kinerja Karyawan , Jurnal Vol 5 No.2

Emron, Edison., Anwar, yohny., dan Komariyah, Imas. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.

Hasibuan, Malayu S.P. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Juliana, dkk. 2020. Pengaruh Pelatihan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di Swiss-Bel Hotel Mangga Besar. Jurnal Pariwisata Dan Budaya. Volume 11 Nomor 2. ISSN: 2087-0086

Khoirunisa, Rina. 2020. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan Grage Ramayana Hotel Yogyakarta. Skripsi. Universitas Teknologi Yogyakarta.

Locke, E. A. 1968. Toward A Theory of Task Motivation and Incentives. American Institutes of Research. No.16, Hal: 3:157-89.

Lunenburg, C. Fred. 2011. Self-Efficacy in the Workplace. Implications for Motivation and Performance. Sam Houstan State University, International Journal Of Management, Business, and Administration. Vol. 14. No 1.

Novarini, Ni Nyoman Ari., dan Imbayani, I Gusti Ayu. 2019. Pengaruh Penghargaan dan Hukuman terhadap Kinerja Karyawan di Royal Tunjung Bali Hotel & Spa Legian. Jurnal Internasional Bisnis Terapan & Manajemen Internasional. Vol. 4 No. 3 .

Panca, putu., dkk. 2019. Pengaruh Sistem Penghargaan (Reward) Terhadap Kinerja Trainee Di Hotel Holiday Inn Resort Baruna Bali. JMPP. Vol 2 No 1.

Rintia, Ekabawani. 2020. Pengaruh Training Dan Reward System terhadap Kinerja Pegawai (Studi Pada Pt. Bio Farma Persero). Jurnal Vol.16 Nomor 1

Rivai Zainal, Veithzal. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk. Perusahaan. Jakarta: Pt Rajagrafindo.

Robbins, Stephen P. 2008. Perilaku Organisasi. Jakarta: Prenhallindo.

Robbins, Stephen P. dan Timothy A. Judge. 2018. Perilaku Organisasi Edisi 16. Jakarta: Salemba Empat.

Simamora, Henry. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi 3. Yogyakarta: STIE YKPN Yogyakarta

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wahyudin ., dan Syahrial, Addin . 2020. Pengaruh Pelatihan, Disiplin dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Hotel Ambhara Jakarta. Jurnal. Universitas Bina Sarana Informatika. Volume 5 Nomor 2 (245-262)

Wardhana, A. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT Karya Manunggal Lithomas.

Widodo, Suparno Eko. 2015. Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Winarto, Alex., dan Rianti, Ekabawani. 2020. Pengaruh Training dan Reward System terhadap Kinerja Pegawai (Studi Pada Pt. Bio Farma Persero). Jurnal Ekonomi. Fakultas Komunikasi Bisnis Universitas Telkom.

Downloads

Published

2022-12-01

Issue

Section

Articles