PENGARUH KOMUNIKASI DAN KEADILAN PROSEDURAL TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN GIANYAR

Authors

  • Ni Putu Nita Pebriyanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Nyoman Suryani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Nyoman Mustika Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Komunikasi, Keadilan Prosedural, Kinerja Pegawai

Abstract

Sumber daya manusia dalam suatu organisasi merupakan aset atau aktiva penting karena mampu atau tidaknya suatu organisasi dalam mencapai tujuannya tergantung kepada kinerja pegawainya. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris pengaruh komunikasi dan keadilan prosedural terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pendidikan Kabupaten Gianyar.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai Tenaga Harian Lepas (THL) pada Dinas Pendidikan Kabupaten Gianyar pada tahun 2021 yang berjumlah 51 orang pegawai. Sampel penelitian ditentukan dengan metode sempel jenuh sebanyak 51 orang pegawai. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan observasi, wawancara, dokumentasi serta dengan menyebarkan kuisoner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji analisis determinasi, uji F, Uji t dengan alat analisis yang digunakan adalah SPSS 22.00.

Hasil penelitian menunjukkan komunikasi dan keadilan prosedural berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pendidikan Kabupaten Gianyar, ini berarti bahwa semakin baik komunikasi dan keadilan prosedural yang diterima pegawai maka kinerja pegawai pada Dinas Pendidikan Kabupaten Gianyar akan meningkat.

References

Abdilah, Fandhi. (2018). Analisis Pengaruh Keadilan Prosedural Terhadap Kinerja Keuangan dan Kinerja Manajerial (Partisipasi Penganggaran Sebagai Variabel Intervening). Skrispsi. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

Ambarita, G. T., Lie, G. dan Sisca, D. (2018). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Komunikasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Badan Pertahanan Nasional (BPN) Kota Pematangsiantar. Jurnal Manajemen, Vol. 4, No. 2, Pp. 40-50.

Djanning, Onassisman. (2017). Penerapan Kinerja Pegawai dalam Meningkatkan Efektivitas Organisasi di Dinas Kesehatan Kabupaten Mamasa. Skripsi. Program Sarjana Universitas Terbuka.

Hasanah, Lutfhi. (2020). Pengaruh Keadilan Prosedural Dan Keadilan Distributif Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediasi (Studi Empiris Di Rumah Sakit Umum Daerah Tidar Magelang). Skripsi. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Magelang.

Prananda, Sulastri, dan Syahrizal. (2018). The Effect of Procedural Justice, Distributive Justice and Interactional Justice on Employees' Performance with Organizational Commitment as Different Variables in BPR Pembangunan Kerinci. International Journal Advances in Economics, Business, and Management Research, Vol. 64, No. 2, pp. 635-647

Rahayu, N.M. S. (2020). Pengaruh Budaya Organisasi, Kompetensi, dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru di SMA Negeri 1 Selat. Skripsi. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Sari, N. P. P. K. (2021). Pengaruh Kompensasi, Karakteristik Individu, Dan Kepemimpinan Transaksional Terhadap Kinerja Karyawan PT. Dufrindo Internasional Bali. Skripsi. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Sari, R. W. (2019). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Komunikasi Terhadap Kinerja di BUMN PT. Inhutani IV Kabupaten Pasaman. Jurnal Menara Ekonomi Penelitian dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi,Vol. 5, No. 3, Pp. 91-98.

Silvia, Tirai. (2017). Pengaruh Keadilan Distributif dan Keadilan Prosedural Terhadap Kinerja Karyawan. Studi Pada PKP2A I LAN Jatinangor. Skripsi. Program Studi Manajemen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati.

Siregar, Ratonggi. (2017). Sumber Daya Manusia dalam Pembangunan Nasional. Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, Vol 4, No.1, pp. 378-381.

Sualang, L. A., Trang, I., dan Taroreh, R. N. (2021). Pengaruh Komunikasi, Konflik, dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bitung. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, Vol. 9, No. 1, Pp. 1321-1331.

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sukiasih, N. M. (2020). Pengaruh Kompetensi dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai yang Dimediasi oleh Komitmen Organisasi (Studi Pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM Provinsi Bali). Tesis. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Tamrin, Kadir, Samrin, dan Syamsuddin. (2019). Pengaruh Keadilan dan Komunikasi Terhadap Kinerja Pegawai IAIN Kendari. Jurnal Pemikiran Islam, Vol. 5, No. 2, Pp. 405-430.

Downloads

Published

2022-09-03

Issue

Section

Articles