PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, MOTIVASI DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT RADITYA CABANG GATSU BARAT

Authors

  • Ni Putu Diana Erawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Nengah Landra Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ary Wira Andika Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Budaya Organisasi, Motivasi, Kepuasan Kerja, Kinerja Karyawan

Abstract

Kinerja merupakan hal yang penting bagi organisasi atau perusahaan serta pihak karyawan itu sendiri. Kinerja karyawan adalah hasil suatu proses yang mengacu dan diukur selama periode waktu tertentu berdasarkan ketentuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi, motivasi dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan PT Raditya Cabang Gatsu Barat. Penelitian ini dilakukan di PT Raditya Cabang Gatsu Barat dengan menggunakan populasi dan sampel seluruh karyawan pada PT. Raditya Cabang Gatsu Barat yang berjumlah 47 karyawan. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode sampling jenuh atau metode sensus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda yang diolah menggunakan software SPSS versi 23. Bedasarkan hasil analisis, penelitian ini menunjukan bahwa budaya organsiasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Raditya Cabang Gatsu Barat. Motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Raditya Cabang Gatsu Barat. Kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Raditya Cabang Gatsu Barat.

References

Aldy, Renaldy. 2017. Pengaruh Employee Engagement, Budaya Organisasi, Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Divisi Line Maintenance PT. Batam Aero Teknik Jakarta. Jurnal Inovatif Mahasiswa Manajemen, 1(2), 103-112.

Artadi, Febri Furqon. 2015. Pengaruh Kepuasan Kerja dan Beban Kerja terhadap Kinerja karyawan pada PT. Merapi Agung Lestari. Doctoral dissertation. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Denison, D. R. 2010. Corporate Culture and Organizational Effectiveness. United State of America.

Edison, Emron. Yohny anwar, Imas komariyah. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.

Handoko, A., & Djastuti, I. 2015. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 4 Semarang). Doctoral dissertation. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Iskandar, S., & Sembada, G. G. 2012. Pengaruh Beban Kerja, Motivasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Bank Bjb Cabang Padalarang. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, 6(1), 26-38.

Kristianto, Dian, dkk. 2012. Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja

Karyawan Dengan Komitmen Organisasional Sebagai Variabel

Intervening (Studi Kasus RSUD Tugurejo Semarang). Doctoral dissertation. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Mahennoko, Anandhika Angga. 2016. Pengaruh Motivasi Kerja dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Bidang Keuangan Pada Pemerintah Daerah Kabupaten Demak. Skripsi. Progam Sarjana Fakultas EkonomiUniversitas Diponegoro.

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia

Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Meilidasari, Andini, R. 2015. Analisis Pengaruh Kepuasan Gaji, Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasional Terhadap Turnover Intention (Studi Kasus Pada Rumah Sakit Roemani Muhammadiyah Semarang). Doctoral dissertation. Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro.

Nawawi, Hadari. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Bisnis Yang

kompetitif, Cetakan ke empat. Yogyakarta: Uiversitas Gadjah Mada.

Priansa, Donni Juni. 2014. Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta

Ranting, Amrullah, R. 2015. Pengaruh Latihan Training Resistense Xander Terhadap Kemampuan Tendangan Sabit Pencak Silat. Skripsi. Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. Bandung: Universitas Padjajaran Bandung.

Trianty, Nel. 2014. Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja

Pegawai. Jurnal Manajemen & Bisnis. Vol. 14 (No. 02), hal. 1693 7619.

Rivai, Veithzal. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan

Dari Teori ke Praktik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Robbins, Stephen P. dan Coulter, Mary. 2010. Manajemen Edisi Kesepuluh. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Robbins, Stephen P. & A. Judge, Timothy. 2011. Organizational behavior.

Fourteenth Edition. Pearson education. New Jersey.

Saydam, Gauzali. 2013. Disiplin Kerja. Semarang, Badan Penerbit Universitas

Diponegoro. Bumi Aksara.

Simamora, Bilson. 2014. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Soedjono. 2015. Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Organisasi Dan Kepuasan Kerja Karyawan pada Terminal Penumpang Umum di

Surabaya. Jurnal Manajemen, Vol 7 No 1.

Susetyo, D. R. V. 2014. Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Pendapatan Asli Daerah, Dan Dana Alokasi Umum Terhadap Pengalokasian Anggaran Belanja Modal (Survey pada Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah). Doctoral dissertation. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Taurisa, C. M., Djastuti, I., & Ratnawati, I. 2012. Analisis pengaruh budaya organisasi dan kepuasan kerja terhadap komitmen organisasional dalam meningkatkan kinerja karyawan (Studi pada PT. Sido Muncul Kaligawe Semarang). Doctoral dissertation. Diponegoro University.

Tika, Moh. Pabundu. 2018. Budaya Organisasi Dan Peningkatan Kinerja Perusahaan. Jakarta: Bumi Aksara

Umam, K. 2012. Perilaku Organisasi. Bandung: CV Pustaka Setia.

Wibowo. 2014. Budaya Organisasi. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada

Downloads

Published

2022-08-15

Issue

Section

Articles