PENGARUH STRUKTUR AKTIVA, PROFITABILITAS DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Authors

  • Kadek Pande Arta Wiguna Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Sukadana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Gregorius Paulus Tahu Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Struktur Aktiva, Profitabilitas, Kebijakan Dividen, Struktur Modal

Abstract

Perusahaan perlu memenuhi kebutuhan modal dan aset tetapnya sehingga segala kegiatan perusahaan dapat berjalan lancar. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh struktur aktiva, profitabilitas dan kebijakan dividen secara simultan terhadap struktur modal pada perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI.

Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2017-2019, yang berjumlah 43 perusahaan. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling, sehingga didapatkan sebanyak 13 perusahaan perbankan periode amatan tahun 2017-2019, maka jumlah total sampel menjadi 39. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.

Hasil dari penelitian ini adalah struktur aktiva berpengaruh positif dan signifikan terhadap struktur modal. Profitabilitas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap struktur modal. Kebijakan dividen tidak berpengaruh terhadap struktur modal. Struktur aktiva, profitabilitas, kebijakan dividen mempunyai pengaruh secara simultan terhadap struktur modal.

References

Andika, I Kadek Rico. 2019. Pengaruh Profitabilitas, Struktur Aktiva, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal. Skripsi. Universitas Udayana. Denpasar.

Brigham, E. F. and Houston, J. F. 2011. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Edisi 11. Jakarta: Salemba Empat.

Brigham, E. F. dan Ehrhardt. 2011. Fundamentals of Financial Management, Alih Bahasa Dodo Suharto dan Herman Wibowo. Manajemen Keuangan Buku Satu. Edisi Kedelapan : Erlangga.

Deviani, Made Yunitri dan Sudjarni, Luh Komang. 2018. Pengaruh Tingkat Pertumbuhan, Struktur Aktiva, Profitabilitas, dan Likuiditas terhadap Struktur Modal Perusahaan Pertambangan di BEI. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 7, No. 3, 2018: 1222-1254

Fauzi, Mohammad Nur dan Suhadak. 2015. Pengaruh Kebijakan Dividen dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Struktur Modal dan Profitabilitas. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 24, No. 1, Juli 2015.

Kasmir, (2012). Studi Kelayakan Bisnis (Edisi Revisi). Jakarta, Kencana Prenada Media Group.

Maha Dewi, Dewa Ayu Intan Yoga dan Sudiartha, Gede Mertha. 2017. Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Pertumbuhan Aset terhadap Struktur Modal dan Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 6, No. 4, 2017: 2222-2252 ISSN : 2302-8912

Natalia, M. N. 2014. Analisis Pengaruh Kebijakan Deviden, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Consumer Goods yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Pada Periode Pengamatan 2009-2012. JOM FEKON, 1 (2):1-14.

Pertiwi, Novianti Indah. 2018. Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Struktur Aktiva Dan Kebijakan Dividen Terhadap Struktur Modal Perusahaan Manufaktur Di BEI. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Udayana.

Riyanto, B. 2011. Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan. Edisi Keempat.

Tijow, A. P., Sabijono, H., & Tirayoh, V. Z. 2018. Pengaruh Struktur Aktiva Dan Profitabilitas Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Sektor Industri Barangkonsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi Going Concern, 11(02), 477-488.

Ulfah, Lilis Rachmatul. 2020. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Likuiditas Dan Struktur Aktiva Terhadap Struktur Modal Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening Pada Bank Umum Syariah Periode 2015-2019. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Institut Agama Islam Negeri Salatiga.

Wahyuni, Ardina. 2015. Pengaruh Struktur Aktiva, Profitabilitas, Dan Kebijakan Dividen Terhadap Struktur Pendanaan Pada Industri Perbankan Yang Tercatat Di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah. Sumatera Utara

Widyaningrum, Yunita. 2015. Pengaruh Profitabilitas, Struktur Aktiva, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal Perusahaan. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Negari Yogyakarta. Yogyakarta: BPFE.

https://www.idx.co.id/

Downloads

Published

2022-08-15

Issue

Section

Articles